Daftar Negara Anggota Komunitas Andes (Andean Community)

Daftar Negara Anggota Komunitas Andes (Andean Community)

Komunitas Andes (Andean Community), dalam bahasa spanyol berarti Comunidad Andina (CAN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara negara Amerika Selatan. Jumlah negara-negara anggota komunitas andes adalah sebanyak 4 negara. Lalu ada 5 negara sebagai anggota asosiasi serta satu negara sebagai pengamat. Organisasi ini didirikan pada 1969 oleh 4 negara. Kantor pusat komunitas andes berada di Lima, Peru.

Pakta Andes (Andean Pact) yang asli didirikan pada tahun 1969 oleh Bolivia, Cile, Kolombia, Ekuador, dan Peru. Pada tahun 1973 pakta tersebut memperoleh anggota keenam yaitu Venezuela. Pada tahun 1976, keanggotaannya kembali dikurangi menjadi lima saat Cile mengundurkan diri. Venezuela mengumumkan penarikannya di tahun 2006, mengurangi Komunitas Andes ke empat negara anggota.

Daftar Negara Anggota Komunitas Andes (Andean Community)

Selanjutnya dalam perjalanan komunitas andes menjalin kesepakatan kerja sama baru dengan Mercosur. Hasilnya Komunitas Andes memperoleh empat anggota asosiasi baru yaitu Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay. Keempat anggota Mercosur ini mendapatkan keanggotaan asosiasi oleh pertemuan Menteri Luar Negeri Andean dalam sebuah sesi yang diperbesar dengan Komisi (Komunitas Andes) pada tanggal 7 Juli 2005.

Komunitas Andes (Andean Community) sendiri memiliki 98 juta penduduk yang tinggal di area seluas 4.700.000 kilometer persegi. Perkiraan PDB PPP untuk tahun 2011 mencapai US $ 902,86 miliar.

Salah satu tujuan didirikannya Komunitas Andes adalah bertugas mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, termasuk hubungan niaga; komunikasi; kegiatan kebudayaan; kewarganegaraan, paspor, dan visa; kegiatan sosial; dan kegiatan kesehatan.

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya mengenai siapa saja negara negara peserta organisasi komunitas andes? Berikut ini daftar negara anggota komunitas andes (andean community) lengkap beserta nama ibukotanya update terbaru.

Negara-Negara Anggota Komunitas Andes Beserta Ibukotanya

No Nama Negara Ibukota
1  Bolivia Sucre
2  Kolombia Bogota
3  Ekuador Gustavo Quinteros
4  Peru Lima

Negara-Negara Asosiasi Komunitas Andes

  • Argentina
  • Brazil
  • Paraguay
  • Uruguay
  • Chile

Negara Pengamat Komunitas Andes

  • Spanyol

Demikianlah informasi mengenai daftar nama negara anggota komunitas andes (andean community) lengkap beserta ibukotanya update terbaru. Semoga bisa menjadi tambahan referensi.

Tinggalkan komentar