Daftar 22 Negara Anggota Liga Arab Beserta Ibukotanya

Daftar 22 Negara Anggota Liga Arab Beserta Ibukotanya

Liga arab (الجامعة العربية‎ al-Jāmiʻa al-ʻArabiyya) atau dalam bahasa inggris disebut League of Arab States adalah organisasi yang terdiri dari negara negara arab. Jumlah negara anggota liga arab adalah sebanyak 22 negara. Organisasi liga arab ini didirikan pada 22 Maret 1945 oleh tujuh negara yaitu Mesir, Irak, Lebanon, Arab Saudi, Suriah, Yordania, dan Yaman. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa arab. Sedangkan markas besar liga arab berada di Kairo, Mesir.

Berdasarkan piagamnya, tujuan didirikannya liga arab adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, termasuk hubungan niaga, komunikasi, kegiatan kebudayaan, kewarganegaraan, paspor, dan visa, kegiatan sosial, dan kegiatan kesehatan. Liga Arab juga mendirikan lembaga bantuan Arab Economic League, untuk membantu ekonomi beberapa negara berkembang anggota Liga Arab. Piagam Liga Arab juga melarang para anggota peserta untuk menggunakan kekerasan terhadap satu sama lain.

negara anggota liga arab

Ada peningkatan jumlah keanggotaan selama paruh kedua abad ke-20. Dari semula hanya 7 negara sebagai anggota pertama sekaligus pendiri, kini negara negara anggota liga arab sudah berjumlah 22 negara. Terdapat juga 4 negara pemantau dan pengamat liga arab yaitu Eritrea, Brasil, Venezuela dan India.

Dan langsung saja berikut ini daftar 22 negara anggota liga arab lengkap beserta nama ibukotanya.

Negara-Negara Anggota Liga Arab Beserta Ibukotanya

NoNama NegaraIbukota
1AljazairAljir
2Arab SaudiRiyadh
3BahrainAl-Manamah
4DjiboutiKota Djibouti
5IrakBagdad
6KomoroMoroni
7KuwaitKota Kuwait
8LebanonBeirut
9LibyaTripoli
10MarokoRabat
11MauritaniaNouakchott
12MesirKairo
13OmanMuskat
14PalestinaYerusalem (dinyatakan)
15QatarDoha
16SomaliaMogadishu
17SudanKhartoum
18SuriahDamaskus
19TunisiaTunis
20Uni Emirat ArabAbu Dhabi
21YamanSana’a
22YordaniaAmman

Itulah daftar 22 negara anggota liga arab (League of Arab States) lengkap beserta nama ibukotanya. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi dan menambah wawasan ilmu pengetahuan kita.

Tinggalkan komentar