negara anggota OECD

Daftar 35 Negara Anggota OECD

OECD adalah suatu organisasi internasional untuk kerjasama pembangunan ekonomi. Hingga saat ini, negara-negara anggota OECD berjumlah 35 negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas. OECD sendiri adalah singkatan dari Organisation for Economic Co-operation and Development dan dalam bahasa Indonesia disebut Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi.

OECD merupakan pengembangan dari OEEC (Organisation for European Economic Co-operation) yang didirikan pada tahun 1948 dan terdiri hanya negara negara dari benua eropa. Namun pada tahun 1961, negara-negara non-Eropa juga bergabung sebagai negara anggota OECD sehingga nama OEEC secara resmi diganti menjadi OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) oleh Konvensi tentang Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi. Kini kantor Pusat OECD berada di Kota Paris, Perancis.

negara anggota OECD
Logo OECD

Tujuan didirikannya organisasi OECD salah satunya adalah untuk untuk menjalin Kerjasama dan Pembangunan ekonomi antar negara demi mewujudkan stabilitas perekonomian. Sebagian besar negara anggota OECD berasal dari negara negara eropa, sisanya terdiri dari benua lainnya diluar eropa.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini daftar 35 nama negara anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) lengkap.

Negara-Negara Anggota OECD

No. Nama Negara
1 Amerika Serikat
2 Australia
3 Austria
4 Belanda
5 Belgia
6 Chili
7 Denmark
8 Estonia
9 Finlandia
10 Hongaria
11 Inggris (UK)
12 Irlandia
13 Islandia
14 Israel
15 Italia
16 Jepang
17 Jerman
18 Kanada
19 Korea Selatan
20 Latvia
21 Luksemburg
22 Meksiko
23 Norwegia
24 Perancis
25 Polandia
26 Portugis
27 Rep. Ceko
28 Selandia Baru
29 Slovenia
30 Slowakia
31 Spanyol
32 Swedia
33 Swiss
34 Turki
35 Yunani

Demikianlah daftar 35 negara anggota OECD. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan anda semua.

Tinggalkan komentar