negara anggota opec

Daftar 14 Negara Anggota OPEC

OPEC atau Organization of the Petroleum Exporting Countries yang dalam bahasa Indonesia berarti Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi adalah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi terbesar di dunia. Hingga saat ini total negara aggota OPEC berjumlah 14 negara.

OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak dengan tujuan utamanya adalah untuk menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak. OPEC sendiri memiliki markas besar yang bertempat di Wina, Austria. Saat pertama kali berdiri, negara negara anggota OPEC hanya berjulah lima negara saja yaitu Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi dan Venezuela. Namun seiring berjalannya waktu kini jumlah anggota OPEC bertambah menjadi 14 negara.

Indonesia sendiri adalah mantan negara yang tergabung sebagai anggota di organisasi OPEC. Indonesia sempat keluar masuk beberapa kali. Dan yang terakhir adalah Indonesia keluar sebagai anggota OPEC pada tanggal 30 November 2016 yaitu pada saat konferensi OPEC yang ke-171.

negara anggota opec

Dan untuk selengkapnya, simak berikut ini daftar 14 negara anggota OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) lengkap beserta nama ibukotanya. Semua list dibawah ini dianggap sebagai Negara Pengekspor Minyak Bumi terbesar dan paling utama di Dunia ini.

Negara-Negara Anggota Opec Beserta Ibukotanya

No. Nama Negara Ibukota
1 Algeria Aljir
2 Angola Luanda
3 Arab Saudi Riyadh
4 Ekuador Quito
5 Gabon Libreville
6 Guinea Khatulistiwa Malabo, Oyala
7 Irak Bagdad
8 Iran Teheran
9 Kuwait Kota Kuwait
10 Libya Tripoli
11 Nigeria Abuja
12 Qatar Doha
13 Uni Emirat Arab Abu Dhabi
14 Venezuela Caracas

Demikianlah daftar 14 nama negara anggota OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) beserta ibukotanya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar