Daftar 52 Negara Persemakmuran Inggris (Commonwealth of Nations)

Daftar 52 Negara Persemakmuran Inggris (Commonwealth of Nations)

Daftar 52 Negara Persemakmuran Inggris – The Commonwealth of Nations atau dalam bahasa Indonesia berarti negara pesemakmuran bangsa bangsa adalah organisasi internasional dan asosiasi sukarela yang anggotanya terdiri dari negara-negara berdaulat yang didirikan atau pernah dijajah oleh Inggris (Britania Raya). Dahulu organisasi ini bernama persemakmuran inggris (formerly the British Commonwealth). Namun kini telah berganti nama menjadi Commonwealth of Nations.

Simbol dari asosiasi Commonwealth of Nations ini adalah Ratu Elizabeth II, yang menjabat sebagai Kepala Persemakmuran. Posisinya hanya sebagai simbol saja, namun ada beberapa negara yang mengakuinya sebagai kepala pemerintahan. Negara-negara yang mengakuinya sebagai kepala negara dikenal sebagai Kerajaan Persemakmuran atau “Commonwealth Realm”. Bagaimanapun juga, kebanyakan anggotanya adalah Republik, dan sebagian yang lain mempunyai Monarki tersendiri. Namun, semua anggotanya menganggap Ratu Elizabeth II sebagai Ketua Persemakmuran.

Daftar 52 Negara Anggota Persemakmuran Inggris

Negara persemakmuran Inggris yang tergabung dalam Persemakmuran bangsa bangsa (Commonwealth of Nations) beroperasi melalui konsensus antar pemerintah negara anggota, yang diselenggarakan melalui Sekretariat Persemakmuran dan organisasi non-pemerintah, yang diselenggarakan melalui Yayasan Persemakmuran.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini daftar negara negara persemakmuran Inggris yang masuk dalam organisasi persemakmuran bangsa bangsa (Commonwealth of Nations) lengkap update terbaru.

Negara Negara Persemakmuran Inggris

NoNama Negara
1    Antigua and Barbuda
2    Australia
3    Bahamas, The
4    Bangladesh
5    Barbados
6    Belize
7    Botswana
8    Brunei Darussalam
9    Cameroon
10    Canada
11    Cyprus
12    Dominica
13    Fiji
14    Ghana
15    Grenada
16    Guyana
17    India
18    Jamaica
19    Kenya
20    Kiribati
21    Lesotho
22    Malawi
23    Malaysia
24    Malta
25    Mauritius
26    Mozambique
27    Namibia
28    Nauru
29    New Zealand
30    Nigeria
31    Pakistan
32    Papua New Guinea
33    Rwanda
34    Saint Lucia
35    Samoa
36    Seychelles
37    Sierra Leone
38    Singapore
39    Solomon Islands
40    South Africa
41    Sri Lanka
42    St Kitts and Nevis
43    St Vincent and The Grenadines
44    Swaziland
45    Tonga
46    Trinidad and Tobago
47    Tuvalu
48    Uganda
49    United Kingdom
50    United Republic of Tanzania
51    Vanuatu
52    Zambia

Itulah daftar nama negara negara persemakmuran Inggris yang kini menjadi persemakmuran bangsa bangsa (Commonwealth of Nations) lengkap update terbaru. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar