Daftar Negara Anggota Uni Eropa (European Union) Update Terbaru

Daftar Negara Anggota Uni Eropa (European Union) Update Terbaru

Uni eropa adalah organisasi internasional yang anggotanya terdiri dari negara negara di benua eropa. Negara anggota uni eropa sendiri berjumlah 28, namun setelah inggris keluar dari uni eropa, maka jumlahnya tinggal 27 saja. Jadi tidak semua negara yang berada di benua eropa tergabung dalam organisasi uni eropa ini. Bahkan lebih banyak negara di benua eropa yang tercatat tidak tergabung dalam uni eropa.

Uni eropa atau biasa disingkat UE sendiri dalam bahasa inggris memiliki nama resmi the european union (EU). Uni eropa bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. Neara negara Uni eropa mengambil berbagai keputusan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggotanya, di bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan dari anggotanya.

Lembaga organ penting di dalam uni eropa (UE) adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Ada juga Parlemen Eropa yang anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.

negara anggota uni eropa

Dan untuk lebih jelasnya, langsung saja simak berikut ini daftar 27 negara anggota uni eropa (european union) update terbaru beserta ibukotanya.

27 Negara Uni Eropa Beserta Ibukotanya

NoNama NegaraIbukota
1AustriaVienna
2BelandaArmsterdam
3BelgiaBrussels
4BulgariaSofia
5DenmarkKopenhagen
6EstoniaTallinn
7FinlandiaHelsinki
8HongariaBudapest
9IrlandiaDublin
10ItaliaRoma
11JermanBerlin
12KroasiaZagreb
13LatviaRiga
14LituaniaVilnius
15LuksemburgLuksemburg
16MaltaValletta
17PerancisParis
18PolandiaWarsawa
19PortugalLisbon
20Republik CekoPraha
21RumaniaBukares
22SiprusNikosia
23SloveniaLjubljana
24SlowakiaBratislava
25SpanyolMadrid
26SwediaStockholm
27YunaniAthena

Demikianlah daftar negara anggota uni eropa (european union) lengkap update terbaru. Data diatas adalah data terbaru setelah inggris memutuskan keluar dari uni eropa pada tanggal 23 Juni 2016 yang dikenal dengan istilah brexit (British Exit). Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar