Daftar 50 Negara Bagian Amerika Serikat Lengkap Beserta Ibukotanya

Daftar 50 Negara Bagian Amerika Serikat Lengkap Beserta Ibukotanya

Daftar 50 Negara Bagian Amerika Serikat Lengkap Beserta Ibukotanya – Amerika Serikat (AS) atau dalam bahasa inggris berarti United States of America (USA) adalah sebuah negara republik federal yang terdiri dari beberapa negara bagian. Lalu berapa jumlah negara bagian amerika serikat saat ini? Jumlah totalnya adalah sebanyak 50 negara bagian.

Pada saat Deklarasi Kemerdekaan (Declaration of Independence), Amerika Serikat hanya mempunyai 13 negara bagian saja. Jumlahnya kemudian terus bertambah dari tahun ke tahun menjadi 50 negara bagian karena terjadi perluasan wilayah serta pemecahan negara-negara bagian Amerika Serikat yang lainnya.

Daftar 50 Negara Bagian Amerika Serikat Lengkap Beserta Ibukotanya

Negara bagian Amerika Serikat adalah sebutan bagi masing-masing dari lima puluh entitas politis konstituen yang membentuk pemerintahan federal Amerika Serikat. Setiap negara bagian adalah entitas yang berdaulat sendiri, sehingga negara bagian berwenang mengatur pemerintahannya sendiri selama masih dalam batas-batas yang diatur oleh Konstitusi Amerika Serikat.

50 negara bagian Amerika Serikat tersebut juga merupakan sub-subdivisi utama dalam negara dan memegang sejumlah kekuasaan dan hak di bawah Konstitusi Amerika Serikat misalnya seperti mengurus perdagangan, menjalankan pemilihan, membuat pemerintahan lokal, dan meratifikasi amandemen konstitusional. Setiap negara bagian di Amerika Serikat memiliki konstitusinya sendiri berdasarkan pada prinsip-prinsip republikan dan pemerintahan yang terdiri dari tiga cabang yaitu eksekutif, legislatif, dan yudisial.

Kepala eksekutif pada setiap negara bagian disebut gubernur. Gubernur negara bagian berperan sebagai kepala negara bagian dan kepala pemerintahan. Gubernur juga dapat menyetujui atau memveto rancangan undang-undang yang disampaikan oleh badan legislatif negara bagian.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini daftar 50 negara bagian Amerika Serikat lengkap beserta nama ibukotanya update terbaru.

Negara Negara Bagian Amerika Serikat Beserta Ibukotanya

NoNegara BagianIbukota
1AlabamaMontgomery
2 AlaskaJuneau
3 ArizonaPhoenix
4 ArkansasLittle Rock
5 CaliforniaSacramento
6 ColoradoDenver
7 ConnecticutHartford
8 DelawareDover
9 FloridaTallahassee
10 GeorgiaAtlanta
11 HawaiiHonolulu
12 IdahoBoise
13 IllinoisSpringfield
14 IndianaIndianapolis
15 IowaDes Moines
16 KansasTopeka
17 KentuckyFrankfort
18 LouisianaBaton Rouge
19 MaineAugusta
20 MarylandAnnapolis
21 MassachusettsBoston
22 MichiganLansing
23 MinnesotaSt. Paul
24 MississippiJackson
25 MissouriJefferson City
26 MontanaHelena
27 NebraskaLincoln
28 NevadaCarson City
29 New HampshireConcord
30 New JerseyTrenton
31 New MexicoSanta Fe
32 New YorkAlbany
33 North CarolinaRaleigh
34 North DakotaBismarck
35 OhioColumbus
36 OklahomaOklahoma City
37 OregonSalem
38 PennsylvaniaHarrisburg
39 Rhode IslandProvidence
40 South CarolinaColumbia
41 South DakotaPierre
42 TennesseeNashville
43 TexasAustin
44 UtahSalt Lake City
45 VermontMontpelier
46 VirginiaRichmond
47 WashingtonOlympia
48 West VirginiaCharleston
49 WisconsinMadison
50 WyomingCheyenne

Demikianlah daftar 50 negara bagian Amerika Serikat lengkap beserta ibukotanya update terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Bagikan :

Tinggalkan komentar