5 Negara Dengan Hutan Terluas di Dunia Beserta Besar Wilayahnya

5 Negara Dengan Hutan Terluas di Dunia Beserta Besar Wilayahnya

Daftar 5 Negara Dengan Hutan Terluas di Dunia Beserta Besar WilayahnyaHutan adalah wilayah luas yang didominasi pepohonan atau sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Ratusan definisi hutan yang lebih tepat digunakan di seluruh dunia, memasukkan faktor-faktor seperti kepadatan pohon, tinggi pohon, penggunaan lahan, legal standing dan fungsi ekologis. Hutan mencakup empat miliar hektar (15 juta mil persegi) atau sekitar 30 persen dari luas daratan dunia pada tahun 2006.

Kawasan-kawasan hutan ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, pelestari tanah dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting. Hutan adalah ekosistem terestrial bumi yang dominan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Hutan menyumbang 75% dari produktivitas primer utama biosfer Bumi dan mengandung 80% biomassa tumbuhan di Bumi.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar. Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, sebagai penyeimbang lingkungan serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan, hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat tumbuhnya berbagai tanaman.

Di seluruh dunia ini, tidak banyak negara yang masih memiliki hutan yang luas dan cukup besar. Salah satu negara dengan hutan terluas di dunia adalah Republik Indonesia, namun perbandingan luas hutan Indonesia dengan negara lain masih kalah jauh. Indonesia hanya menempati urutan ke 9 sebagai negara yang memiliki kawasan hutan terluas di dunia. Urutan pertama sendiri ditempati oleh Rusia sebaga negara dengan hutan terbesar di dunia yang luas wilayah hutannya mencapai 7.762.602 km2.

5 Negara Dengan Hutan Terluas di Dunia

Lalu siapa sajakah negara negara dengan hutan terbesar di dunia. Untuk selengkapnya simak berikut ini daftar 5 negara dengan hutan terluas di dunia beserta besar wilayah hutannya, gambar dan profil singkatnya update terbaru menurut informasi dari CIA World Factbook.

1. Rusia

negara dengan hutan terluas di dunia

Luas Hutan : 7.762.602 km2
Luas Wilayah Negara : 17.098.242 km2
Persentase hutan dan daratan : 45,4%
Benua : Eropa – Asia

Negara dengan luas hutan terbesar di dunia yang pertama adalah Rusia. Bagian utara Rusia sebagian besar ditutupi dengan hutan pegunungan dan sangat kurang sebagai tempat tinggal manusia. Daerah ini disebut Siberia yang ditutupi salju sepanjang tahun dan memiliki ekosistem yang unik. Geografi yang beragam juga berarti bahwa pegunungan tinggi, daerah aliran sungai, dan daerah subtropis yang lebih rendah tercakup dalam berbagai tipe hutan.

2. Brasil

negara dengan hutan terluas di dunia

Luas Hutan : 4.776.980 km2
Luas Wilayah Negara : 8.515.770 km2
Persentase hutan dan daratan : 56,1%
Benua : Amerika Selatan

Brasil juga merupakan salah satu negara terbesar di dunia dan merupakan rumah bagi Hutan Hujan Amazon, yaitu hutan hujan terbesar di Bumi. Meskipun semua hutan Amazon tidak terletak di Brasil, sebagian besarnya berada di Brazil. Brasil memiliki kawasan hutan yang mencakup sekitar 56% wilayahnya. Bahkan, kawasan hutan di Brasil lebih besar dari ukuran India. Brasil memiliki salah satu hutan dengan kualitas terbaik dalam hal kepadatan dan keragaman makhluk hidupnya, namun hutan ini terancam karena urbanisasi dan penggundulan hutan yang sangat cepat. Setelah Rusia, Brasil menjadi negara dengan hutan terbesar di dunia.

3. Kanada

negara dengan hutan terbesar di dunia

Luas Hutan : 3.101.340 km2
Luas Wilayah Negara : 9.984.670 km2
Persentase hutan dan daratan : 31.06%
Benua : Amerika Utara

Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia dan sekitar 30% dari luas daratannya ditutupi oleh hutan. Ini sama dengan kira-kira seukuran India. Seperti Rusia, sebagian besar Kanada tidak berpenghuni dan tertutup salju sepanjang tahun yang membuatnya ideal untuk vegetasi pegunungan dan tundra untuk tumbuh di sana. Banyaknya gunung, sungai dan danau memastikan bahwa tanah sangat ideal bagi hutan untuk menopang dirinya dan hutan hutan di Kanada ini memiliki sejumlah besar hewan endemik. Ini menjadikan Kanada sebagai negara dengan hutan terluas di dunia.

4. Amerika Serikat

negara dengan wilayah hutan terluas di dunia

Luas Hutan : 3.030.890 km2
Luas Wilayah Negara : 9.826.675 km2
Persentase hutan dan daratan : 30.84%
Benua : Amerika Utara

Negara dengan hutan terluas di dunia selanjutnya adalah Amerika Serikat. Sekitar 30% luas lahan di Amerika Serikat ditutupi oleh hutan. Hutan di Amerika Serikat sangat bervariasi dalam hal kepadatan pohon, jenis vegetasi dan jenis kehidupan hewan. Ini karena hamparan luas negara membuat kondusif bagi pertumbuhan banyak jenis hutan seperti lahan rawa, hutan beriklim sedang dan hutan alpine. Sebagian besar kawasan hutan dilindungi oleh Taman Nasional dan Negara Bagian yang menjamin kelestariannya. 

5. Republik Rakyat China

negara dengan hutan paling luas

Luas Hutan : 1.821.000 km2
Luas Wilayah Negara : 9.596.960 km2
Persentase hutan dan daratan : 18.97%
Benua : Asia

China sebagai salah satu negara terbesar di dunia memiliki luas lahan paling sedikit dalam hitungan persentase dibandingkan dengan negara lain dalam daftar negara dengan hutan terluas di dunia. Hanya 18% saja luas daratan China yang ditutupi oleh hutan. Hutan-hutan di China terancam oleh urbanisasi yang cepat, pertambangan dan penggundulan hutan yang dilakukan di negara ini untuk memodernisasinya. Sebagian besar hutan saat ini berada di atas cadangan batu bara dan minyak dan mungkin akan segera dikurangi untuk memenuhi kebutuhan energi dan pertanian di Cina.

Demikianlah informasi mengenai daftar 5 negara dengan hutan terluas di dunia lengkap beserta besar wilayahnya. Semoga bermanfaat dan bisa menmbah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua tentang siapa saja negara negara yang memiliki kawasan hutan terluas di dunia.

Tinggalkan komentar