Daftar Negara Anggota G20 (Group of Twenty) Beserta Ibukotanya

Daftar Negara Anggota G20 (Group of Twenty) Beserta Ibukotanya

G20 adalah kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia dan ditambah dengan Uni Eropa. G-20 juga disebut kelompok 20 dan secara resmi disebut The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Dua puluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Meski namanya G20, negara negara G20 jika ditotal hanya 19 saja karena memang ada uni eropa yang melengkapi menjadi 20.

G 20 (Group of Twenty) terbentuk tahun 1999 sebagai forum yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perekonomian dunia. Pertemuan pertama negara negara anggota G20 terjadi di berlin, Jerman. Pertemuan para pemimpin Negara G20 dilakukan setiap setahun sekali, sedangkan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dilakukan beberapa kali dalam setahun. Terdapat juga pertemuan Konferensi Tinggi Tingkat (KTT) Pemimpin yang dihadiri oleh para pemimpin Negara ataupun pemimpin pemerintahan.

Sebagai forum ekonomi dunia, G-20 menjadi ajang konsultasi dan kerja sama hal-hal yang berkaitan dengan sistem moneter internasional. Terdapat pertemuan yang teratur diantara negara negara G20 untuk mengkaji, meninjau, dan mendorong diskusi antara negara industri maju dan negara berkembang mengenai kebijakan dan stabilitas keuangan internasional. Hal ini berguna untuk mencari upaya-upaya pemecahan masalah yang tidak dapat diatasi oleh satu negara tertentu saja.

negara g20

Sebagian besar negara anggota G-20 adalah negara-negara dengan Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (PPP) terbesar dengan sedikit modifikasi. Dan untuk selengkapnya simak berikut ini daftar nama negara anggota G20 (Group of Twenty) lengkap beserta ibukotanya update terbaru.

Negara-Negara G20 Beserta Nama Ibukotanya

NoNama Negara
Ibukota
1Afrika SelatanCape Town
2Amerika SerikatWashington DC
3Arab SaudiRiyadh
4ArgentinaBuenos Aires
5AustraliaCanberra
6BrasilBrasilia
7Inggris (Britania Raya)London
8China (RRC)Beijing
9IndiaNew Delhi
10IndonesiaJakarta
11ItaliaRoma
12JepangTokyo
13JermanBerlin
14KanadaOttawa
15Korea SelatanSeoul
16MeksikoCiudad de México
17PerancisParis
18RusiaMoskwa
19TurkiAnkara
20Uni EropaBrussels

Itulah daftar negara anggota G20 (Group of Twenty) lengkap beserta nama ibukotanya update terbaru. Jika melihat list tabel diatas, maka kita mengetahui bahwa Republik Indonesia juga termasuk dalam salah satu negara G20. Sekian semoga bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar