Daftar Negara Kepulauan di Asia Tenggara Beserta Penjelasannya

Daftar Negara Kepulauan di Asia Tenggara Beserta PenjelasannyaNegara kepulauan adalah suatu negara yang diakui secara internasional yang terdiri dari serangkaian pulau yang membentuk kepulauan. Jadi negara kepulauan adalah negara bagian yang terdiri dari kelompok pulau yang membentuk negara sebagai satu kesatuan, dengan pulau-pulau dan perairan di dalam garis dasar sebagai perairan internal.

Daftar Negara Kepulauan di Asia Tenggara Beserta Penjelasannya

Dengan begitu perairan di sekitar, antara, dan menghubungkan kepulauan di nusantara, terlepas dari luas dan dimensinya, merupakan bagian dari perairan internal negara, dan tunduk pada kedaulatan eksklusifnya. Dan tentunya terdapat beberapa negara kepulauan di Asia Tenggara ini, salah satunya tetntulah nagar kita tercinta Republik Indonesia.

Negara Kepulauan di Asia Tenggara

Dikawasan benua Asia Tenggara atau biasa dikenal ASEAN ini terdapat beberapa negara yang masuk dalam kategori negara kepulauan dimana negara tersebut terdiri dari pulau pulau. Nah, lalu mana sajakah negara dikawasan asia tenggara yang berbentuk kepulauan?

Untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar negara kepualauan di Asia Tenggara lengkap beserta nama ibu kota, profil singkat, luas wilayah dan penjelasannya.

Indonesia

Negara kepualauan di Asia Tenggara yang pertama sekaligus negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara adalah Indonesia. Indonesia memiliki luas wilayah 1.904.569 km². Ibu kota negara Indonesia ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Filipina

Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Luas wilayah negara Filipina adalah 300.000 km². Sedangkan nama ibukotanya adalah Manila.

Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari tiga belas negeri (negara bagian) dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina.

Sebenarnya masih ada beberapa negara kepulauan di Asia Tenggara yang masih diperdebatkan itu negara kepulauan atau bukan seperti misalnya Singapura yang notabene sekarang sudah banyak pulau-pulau kecil buatan disana.

Demikianlah informasi mengenai daftar negara kepulauan di Asia Tenggara lengkap beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Tinggalkan komentar