Daftar Negara Maju di Benua Amerika Lengkap Beserta Penjelasannya

Daftar Negara Maju di Benua Amerika Lengkap Beserta Penjelasannya

Pengertian negara maju di dunia adalah negara dengan standar hidup tinggi. Ciri-ciri negara maju di dunia bisa dilihat dari faktor ekonomi. Terdapat beberapa negara maju di dunia yang termasuk negara maju di benua Amerika. Faktanya lebih banyak negara berkembang di Amerika dibanding negara maju di kawasan Amerika. Kali ini akan dibahas mengenai daftar contoh negara maju di benua Amerika (Amerika Utara dan Amerika Selatan) beserta penjelasan dan alasan selengkapnya.

Secara umum, pengertian negara maju merupakan negara dengan standar hidup tinggi di bidang ekonomi, teknologi, industri dan sosial. Sejumlah ciri-ciri negara maju dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pendapatan per kapita negara di dunia. Negara maju umumnya memiliki tingkat pertumbuhan industri yang tinggi dan keadaan ekonomi yang stabil.

Lantas siapa negara termaju di dunia saat ini? Banyak yang menganggap bahwa negara Amerika Serikat adalah negara termaju di dunia. Alasannya karena negara Amerika Serikat (AS) adalah negara adikuasa dunia dalam berbagai bidang, mulai dari sektor ekonomi, industri, entertainment, infrastruktur, politik, militer hingga teknologi. Amerika Serikat sendiri terletak di benua Amerika bagian Utara.

Faktanya ternyata tidak banyak negara negara maju di benua Amerika. Kebanyakan negara maju dunia adalah negara negara maju di benua Eropa. Contoh negara maju di Eropa antara lain adalah Inggris, Jerman, Prancis dan Rusia. Di benua Amerika tidak banyak terdapat negara maju, baik negara maju di benua Amerika Utara atau pun negara maju di benua Amerika Selatan.

Justru lebih banyak negara berkembang di benua Amerika yang masih dalam tahap pembangunan ekonomi dan infrastruktur. Benua Amerika juga banyak memiliki negara kepulauan yang kecil di kawasan Karibia dan Amerika Tengah. Tak heran jika jumlah negara berkembang di Amerika lebih banyak dibanding negara yang tergolong sebagai negara maju.

Daftar Negara Maju di Benua Amerika Lengkap Beserta Penjelasannya

Contoh Negara Maju di Benua Amerika

Kali ini kita akan dibahas mengenai contoh negara maju di benua Amerika beserta penjelasannya dan keterangannya. Daftar ini diambil dari berbagai kawasan dan sub-benua di Amerika, seperti negara maju di Amerika Utara, negara maju di Amerika Tengah, negara maju di kawasan Karibia dan negara maju di Amerika Selatan. Inilah contoh daftar negara maju di benua Amerika beserta ibukota, penjelasan dan alasannya selengkapnya.

Amerika Serikat

Amerika Serikat atau United States of America (USA) merupakan salah satu negara paling maju di dunia saat ini. Ibukota Amerika Serikat berada di kota Washington DC sedangkan kota terbesar di Amerika Serikat adalah New York City. Sebagai salah satu negara maju di benua Amerika, negara ini memiliki nilai IPM sebesar 0,920 yang tergolong sangat tinggi.  Amerika Serikat juga termasuk salah satu negara terkaya di dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Negara ini termasuk negara dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia. Terdapat total 50 negara bagian dalam negara Amerika Serikat. Negara Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara adikuasa dunia. Amerika dikenal sebagai salah satu negara pendiri PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), World Bank, IMF dan beberapa organisasi internasional lainnya.

Kanada

Kanada menjadi negara maju di benua Amerika berikutnya. Ibukota negara Kanada ada di kota Ottawa. Kanada memiliki nilai IPM sebesar 0,920 yang termasuk sangat tinggi dibanding negara berkembang di benua Amerika lainnya. Kanada juga memiliki tingkat kesejahteraan hidup masyarakat yang tinggi serta memiliki pendapatan per kapita yang tinggi pula.

Luas wilayah Kanada sangat besar hingga Kanada menempat peringkat 2 negara terbesar di dunia berdasarkan total area. Kanada ini juga dikenal sebagai negara yang aktif dalam organisasi internasional. Kanada merupakan anggota aktif dari organisasi PBB, G7, G20, Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik dan organisasi internasional lainnya.

Itulah info dunia mengenai daftar negara maju di benua Amerika beserta alasannya dan keterangannya update terbaru. Daftar negara maju di kawasan Amerika dikategorikan berdasarkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pendapatan per kapita yang tinggi. Saat ini memang hanya ada 2 negara maju di Amerika yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Negara negara lain seperti Chile, Argentina, Bahama, Brasil atau Meksiko adalah negara negara berkembang di benua Amerika yang memiliki pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang pesat hingga bukan tak mungkin akan menjadi negara maju di dunia dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Tinggalkan komentar