14 Contoh Negara Maju di Benua Asia Lengkap Beserta Alasannya

14 Contoh Negara Maju di Benua Asia Lengkap Beserta Alasannya

Negara maju adalah sebutan untuk negara dengan standar hidup baik dan kondisi ekonomi yang tinggi. Ciri-ciri negara maju di antaranya memiliki indeks kehidupan yang baik dan pendapatan per kapita tinggi. Kebanyakan negara maju di dunia berasal dari negara Eropa. Meski begitu juga ada negara negara maju dunia di kawasan lain, termasuk negara maju di Asia. Umumnya lebih banyak negara berkembang di benua Asia namun bukan berarti tidak ada negara maju di benua Asia. Kali ini akan dibahas mengenai contoh negara maju di Asia beserta penjelasannya.

Secara umum, pengertian negara maju dapat diartikan sebagai negara yang menikmati standar hidup tinggi, indikasinya dalam bidan ekonomi dan sosial. Ciri-ciri negara maju lain dapat dilihat dari aspek ekonomi seperti pendapatan per kapita, kuat tidaknya mata uang atau tingkat pertumbuhan ekonomi. Ada juga kriteria berdasakran Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang jadi patokan. Selain itu ciri-ciri negara maju lain adalah memiliki kemajuan dalam bidang teknologi yang canggih serta tingkat pertumbuhan industri yang baik.

Hingga kini penentuan negara maju di dunia sebenarnya masih dalam perdebatan dan terkadang pengertian negara maju akan jadi berbeda berdasarkan tiap indikasi. Negara maju di dunia banyak berasal dari benua Eropa. Contoh negara maju di benua Eropa antara lain yaitu Jerman, Inggris, Prancis atau Italia. Jangan lupa juga negara Amerika Serikat sebagai negara maju di benua Amerika.

Meski begitu juga ada negara maju di kawasan Asia. Memang lebih banyak negara berkembang di benua Asia yang masih dalam tahap pembangunan. Indonesia adalah salah satu contoh negara berkembang di Asia Tenggara. Sedangkan negara negara maju di Asia banyak berasal dari kawasan Asia Timur dan Asia Barat atau kawasan Timur Tengah. Pendapatan per kapita negara maju di Asia ini juga termasuk tinggi.

negara maju di benua asia

Negara Maju di Benua Asia

Kali ini kita akan bahas mengenai 14 contoh negara maju di benua Asia beserta penjelasannya. Daftar ini diambil dari berbagai kawasan di Asia, seperti negara maju di Asia Timur, negara maju di Asia Barat, negara maju di Asia Selatan, negara maju di Asia Utara dan negara maju di Asia Tenggara. Inilah contoh daftar negara maju di benua Asia beserta alasannya selengkapnya.

Singapura

Singapura merupakan salah satu negara maju di Asia Tenggra. Singapura juga jadi salah satu negara paling maju di Asia. Nilai IPM negara Singapura sebesar 0,925 tertinggi dibanding negara maju di kawasan Asia lain. Ibukota Singapura adalah kota Singapore. Negara tetangga Indonesia ini juga terkenal sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Hong Kong

Secara administrasi, Hong Kong memang bukanlah negara karena masih masuk wilayah Republik Rakyat Cina. Meski begitu Hong Kong memiliki otonomi sendiri dan jadi daerah administratif spesial Cina. Nilai IPM Hong Kong mencapai 0,910 yang berarti sangat tinggi.

Makau

Makau juga merupakan daerah spesial administrasi yang masih jadi bagian dari negara Cina. Meski begitu, Makau juga termasuk dalam negara maju di dunia. Indeks IPM dari negara ini mencapai 0,905, sangat tinggi dibanding negara berkembang di Asia lain.

Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia Timur. Ibukota Jepang ada di kota Tokyo. Jepang terkenal sebagai salah satu negara termaju di dunia dalam bidang teknologi. Jepang memiliki nilai IPM sebesar 0,903 yang berarti sangat tinggi. Selain itu pendapatan per kapita Jepang juga tinggi. Jepang juga terkenal lewat ragam budaya dan industri anime yang terkenal.

Korea Selatan

Satu lagi negara maju di Asia Timur yang terkenal yaitu Korea Selatan. Ibukota negara Korea Selatan adalah Seoul. Negara Korea Selatan memiliki IPM sebesar 0,901 yang berarti sangat tinggi. Korea Selatan juga terkenal sebagai negara dengan tekonologi canggih serta industri entertainment yang populer. Negara ini juga jadi salah satu negara termaju di Asia.

Israel

Negara maju di benua Asia berikutnya adalah Israel. Negara ini beribukota di kota Jerusalem. Israel memiliki Indeks Pembangunan Manusia sebesar 0,899 yang berarti tinggi. Israel juga memiliki pendapatan per kapita yang tinggi jika dibandingkan dengan negara berkembang di benua Asia lainnya.

Taiwan

Sama seperti Hong Kong dan Makau, Taiwan juga sebenarnya masih jadi bagian dari negara Cina. Ibukota Taiwan berada di kota Taipei. Taiwan memiliki nilai IPM sebesar 0,882, cukup tinggi untuk masuk kategori negara maju di benua Asia dan di dunia.

Brunei

Brunei atau Brunei Darussalam jadi contoh negara maju di Asia Tenggara setelah Singapura. Ibukota Brunei ada di kota Bandar Seri Begawan. Nilai IPM Brunei sebesar 0,865 dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Brunei Darussalam juga jadi salah satu negara terkaya di Asia Tenggara dengan pendapatan per kapita tertinggi.

Qatar

Qatar merupakan contoh negara maju di Asia Barat atau di kawasan Timur Tengah. Ibukota Qatar ada di Doha. Qatar memiliki IPM mencapai 0,856. Qatar juga tercatat sebagai negara terkaya di dunia saat ini dengan total pendapatan per kapita paling tinggi dibanding negara maju di dunia lainnya.

Arab Saudi

Arab Saudi juga termasuk negara maju dunia yang terkenal. Ibukota Arab Saudi adalah Riyadh. Negara ini memiliki IPM 0,847. Arab Saudi memiliki kota Mekkah yang terkenal sebagai pusat Agama Islam dan Ka’bah sebagai posisi kiblat. Tiap tahun umat Islam di seluruh dunia melakukan ibadah Haji di Arab Saudi.

Uni Emirat Arab

Negara maju Timur Tengah berikutnya adalah Uni Emirat Arab (UEA). Negara ini beribukota di Abu Dhabi sedangkan kota terbesar di UEA adalah Dubai.  Nilai IPM dari Uni Emirat Arab sebesar 0,840. Negara Uni Emirat Arab ini juga terkenal sebagai salah satu negara penghasil minyak dunia.

Bahrain

Bahrain menjadi salah satu negara maju di Asia dengan nilai Indeks Pembangunan Manusia sebesar 0,824. Negara ini beribukota di Manama yang juga jadi kota terbesar. Bahrain termasuk salah satu negara terkecil di Asia dan populasi penduduk yang sedikit. Mesk begitu Bahrain memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang bagus hingga jadi salah satu negara maju Asia.

Kuwait

Satu lagi negara maju di Asia Barat yaitu Kuwait. Negara ini memiliki ibukota di Kuwait City. Nilai IPM dari negara Kuwait adalah 0,816. Seperti negara lain di kawasan Timur Tengah, sumber pendapatan utama Kuwait didapat dari sektor minyak bumi dimana Kuwait jadi salah satu negara penghasil minyak dunia.

Oman

Oman juga bisa dikategorikan sebagai negara maju dunia meski beberapa sumber menyatakan bahwa Oman belum termasuk negara maju. Nilai IPM Oman adalah 0,796 yang berarti cukup tinggi. Selain itu pendapatan per kapita Oman juga cukup tinggi hingga negara ini masih layak masuk kategori negara maju di dunia.

Itulah info dunia mengenai daftar negara maju di benua Asia dan pendapatan perkapita beserta keterangannya update terbaru. Daftar negara maju di Asia dikategorikan berdasarkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pendapatan per kapita yang tinggi. Beberapa negara maju di Asia Tenggara seperti Singapura dan Brunei juga termasuk list di atas, meski Indonesia masih tergolong sebagai contoh negara berkembang di dunia.

Tinggalkan komentar