15 Negara Terkecil di Dunia Beserta Luas Wilayah & Jumlah Penduduknya

15 Negara Terkecil di Dunia Beserta Luas Wilayah & Jumlah Penduduknya

Saat mendengar kata negara, apa yang anda pikirkan? Suatu wilayah yang besar dengan jumlah penduduk jutaan. Jika iya maka anda salah, di artikel ini akan kami bagikan daftar 15 negara terkecil di dunia. Vatikan, yang menempati urutan pertama sebagai negara terkecil, luas wilayahnya hanya 0,44 km2 dan jumlah penduduknya hanya 1000 orang saja.

Dari sekitar 194 negara di dunia, beberapa negara kecil ini luasnya tidak jauh lebih besar dari sebuat kota di negara-negara besar lainnya. Sebagian besar negara terkecil di dunia berada di Eropa, Karibia, dan Pasifik. Bahkan total luas wilayah dari 10 besar negara terkecil ini hanya 1491,4 km², yang berarti masih lebih kecil dari area kota Houston, Texas dengan luas wilayah 1625,2 km².

Rata rata lokasi mereka sangat terpencil dan berupa kepulauan atau pulau. Meski begitu, banyak diantaranya yang merupakan tujuan wisatawan dan telah dikenal di seluruh dunia. Namun ada juga yang terancam keberadaannya akibat perubahan iklim.

Daftar negara-negara dibawah ini diukur total keseluruhan area baik itu area daratan dan area perairan. Data diambil dari Divisi Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hanya negara negara berdaulat dan diakui secara internasional saja yang masuk dalam daftar.

15 Negara Terkecil di Dunia

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 15 negara terkecil di dunia lengkap beserta ibu kota, luas wilayah dan jumlah penduduknya.

1. Vatikan

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Vatican City
Total Luas Wilayah : 0.44 km2
Jumlah Penduduk : 1.000 jiwa
Lokasi : Benua Eropa

Kota Vatikan dengan nama resmi Negara Kota Vatikan merupakan sebuah enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia. Dengan luas area sekitar 44 hektar, dan populasi sebesar 842 jiwa, Negara Kota Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia, baik area maupun populasinya, yang diakui secara internasional.

Negara ini berbentuk eklesiastik atau monarki-sakerdotal yang diperintah oleh Uskup Roma – yakni Paus. Para pejabat tertinggi negara ini semuanya adalah klerus Katolik yang berasal dari berbagai negara. Sejak kembalinya Paus dari Avignon pada tahun 1377, mereka umumnya tinggal di Istana Apostolik di dalam wilayah yang sekarang adalah Kota Vatikan, meskipun terkadang juga tinggal di Istana Quirinal di Roma atau di tempat lainnya.

2. Monako

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Monako
Total Luas Wilayah : 2 km2
Jumlah Penduduk : 30.645 jiwa
Lokasi : Benua Eropa

Monako, secara resmi Kepangeranan Monako (bahasa Perancis: Principauté de Monaco), adalah sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d’Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9,9 mi) dari Italia, dan hanya 13 km (8,1 mi) dari timur laut Nice, Perancis.

Monako mempunyai luas wilayah 2,02 km² dan populasi sebesar 37.550 (2016), hal ini membuat Monako menjadi negara kedua terkecil dan paling padat penduduknya di dunia. Monako mempunyai perbatasan darat hanya 44 km (27 mi), dan garis pantai 41 km (25 mi), dan lebar yang bervariasi antara 17 km (11 mi), dan 349 meter (382 yard).

Monaco terkenal dengan reklamasi tanahnya, yang telah meningkat ukurannya sekitar 20%. Juga dengan sirkuit balap formula satu (F1) nya yang termasuk sirkuit balap paling menantang di dunia.

3. Nauru

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Nauru
Total Luas Wilayah  : 21 km2
Jumlah Penduduk : 9.540 jiwa
Lokasi : Ocenia

Nauru, secara resmi Republik Nauru dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant, adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Banaba di Kiribati, 300 kilometer (186 mil) ke timur. Selanjutnya terletak di barat laut Tuvalu, sebelah utara Kepulauan Solomon, timur laut timur laut Papua New Guinea, sebelah tenggara Negara Federasi Mikronesia dan selatan Kepulauan Marshall.

Dengan 10.084 penduduk di daerah seluas 21 kilometer persegi (8.1 sq mi), Nauru adalah negara terkecil di Pasifik Selatan dan negara bagian ketiga terkecil menurut wilayah di dunia, hanya di belakang Vatican dan Monako.

4. Tuvalu

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Funafuti
Total Luas Wilayah : 26 km2
Jumlah Penduduk : 11.359 jiwa
Lokasi  : Ocenia

Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah Tuvalu. Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji.

Tuvalu terdiri dari empat pulau karang. Populasi penduduk mencapai 10.472 membuatnya menjadi negara berdaulat ketiga terpadat di dunia. Tuvalu mempunyai luas daratan hanya 26 kilometer persegi. Bentuk Pemerintahan Negara Tuvalu adalah Monarki Kontitusional, Ibukota Negara adalah Funafuti, Lagu Kebangsaan, Tuvalu Mo Te Atua, Bahasa resmi yang dipergunakan dinegara ini adalah, Bahasa Tuvalu dan Bahasa inggris, Mata Uang yang berlaku adalah Dollar Australia (AUD).

5. San Marino

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : San Marino
Total Luas Wilayah : 61 km2
Jumlah Penduduk : 33.537 jiwa
Lokasi : Benua Eropa

Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat penganiayaan agama oleh Kaisar Romawi Diokletianus. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

6. Liechtenstein

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Vaduz
Total Luas Wilayah : 160 km2
Jumlah Penduduk : 38.244 jiwa
Lokasi : Benua Eropa

Liechtenstein yang beribu kota Vaduz adalah sebuah negara kepangeranan seluas kurang lebih 160 kilometer persegi yang terkurung daratan. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss.

Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.

7. Kepulauan Marshall

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Majuro
Total Luas Wilayah : 181 km2
Jumlah Penduduk  : 74.539 jiwa
Lokasi : Ocenia

Republik Kepulauan Marshall (nama alternatif: Marsyal) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Dia berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara. Kepulauan Marshall adalah sebuah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Dengan luas wilayah 181 km2, menobatkannya sebagai salah satu negara terkecil di dunia.

8. Saint Kitts dan Nevis

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Basseterre
Total Luas Wilayah : 261 km2
Jumlah Penduduk  : 52.715 jiwa
Lokasi  : Benua Amerika

Federasi Saint Kitts dan Nevis, atau juga dikenal sebagai Federasi Saint Christopher dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya, dan jumlah penduduknya. Ibu kota, dan kursi pemerintahan federal bertempat di Pulau Saint Kitts. Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak sekitar 3 km sebelah tenggara Saint Kitts.

Saint Kitts, dan Nevis merupakan pulau-pulau pertama di Karibia yang disinggahi orang Eropa. Saint Kitts dahulu adalah rumah bagi perkampungan Inggris, dan Perancis pertama di Karibia.

9. Maladewa

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Victoria
Total Luas Wilayah  : 298 km2
Jumlah Penduduk : 392,709 jiwa
Lokasi : Benua Asia

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia. Tinggi rata-rata permukaan tanah di Maladewa adalah 1.5 meter di atas permukaan laut, hal ini menjadikannya negara dengan permukaan terendah di seluruh dunia.

Puncak tertinggi Maladewa hanya 2.3 meter di atas permukaan laut sehingga negara ini juga dikenal sebagai negara yang memiliki puncak tertinggi paling rendah di dunia. Keadaan ekonomi Maladewa bergantung pada dua sektor utama, yaitu pariwisata dan perikanan. Negara ini sangat dikenal memiliki banyak pantai yang indah dan pemandangan bawah laut yang menarik ± 700.000 turis setiap tahunnya.

10. Malta

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Valletta
Total Luas Wilayah : 316 km2
Jumlah Penduduk : 416.338 jiwa
Lokasi  : Benua Eropa

Republik Malta, umumnya dikenal sebagai Malta, adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terletak sekitar 80 km (50 mi) di selatan dari Italia, 284 km (176 mi) di timur dari Tunisia dan 333 km (207 mi) di utara dari Libya. Malta, yang hanya mempunyai luas daerah sebesar 316 km2 (122 sq mi) dengan jumlah penduduk sekitar 416.000, membuatnya menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan penduduk yang paling padat.

Malta terletak di tengah-tengah Laut Tengah dan terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, yaitu Malta, Gozo dan Comino. Ibu kota negaranya adalah Valletta, dengan luas daerah sekitar 08 km2 (3,1 sq mi), adalah ibu kota terkecil di Uni Eropa. Malta mempunyai satu bahasa nasional yaitu bahasa Malta, dan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

11. Grenada

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : St. George’s
Total Luas Wilayah : 344 km2
Jumlah Penduduk : 103.328 jiwa
Lokasi  : Benua Amerika Utara

Grenada adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia. Letaknya sekitar 161 km di sebelah utara Venezuela. Grenada merupakan negara terkecil kedua di belahan bumi Barat (setelah Saint Kitts dan Nevis).

12. Saint Vincent dan Grenadine

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Kingstown
Total Luas Wilayah : 389 km2
Jumlah Penduduk : 109.643 jiwa
Lokasi  : Benua Amerika Utara

Saint Vincent dan Grenadine merupakan negara kepulauan yang tak luput dari dominasi bangsa Eropa. Wilayah ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498. Beberapa waktu silam dia menjadi daerah yang diperebutkan Britania Raya yang masih lebih unggul, dan menguasai negeri ini hingga kemerdekaannya pada 1979. Bertetangga dengan Saint Lucia di sebelah utara, dan Barbados di timur, wilayahnya hanya setengah luas Pulau Ambon.

Mayoritas penduduk wilayah ini adalah keturunan Afrika, disusul oleh keturunan India Timur, Portugis, Amerindian. menurut sejarah orang Garifuna pertama muncul adalah di wilayah ini. orang Garifuna adalah hasil perkawinan silang antara Budak Afrika dengan orang Arawak, Tainio & Caribs.

13. Barbados

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Bridgetown
Total Luas Wilayah : 430 km2
Jumlah Penduduk : 285.000 jiwa
Lokasi  : Benua Amerika Utara

Barbados adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Merangkum satu dari gugusan pulau-pulau Antilles Kecil, Barbados terletak di bagian timur gugusan tersebut.

Barbados terkenal dengan industri pariwisatanya dan dikenal sebagai Little England atau ‘Inggris Kecil’ kepulauan Karibia. Ini dikarenakan pengaruh Inggris yang kuat di pulau ini. Pulau Barbados terletak 2.585 km sebelah tenggara Miami, Amerika Serikat dan 860 km dari Caracas, Venezuela.

14. Antigua dan Barbuda

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : St. John’s, Antigua dan Barbuda
Total Luas Wilayah : 442 km2
Jumlah Penduduk : 100.963 jiwa
Lokasi  : Benua Amerika Utara

Antigua, dan Barbuda adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia bagian timur. Kepulauan ini adalah bagian dari Kepulauan Antilles Kecil, dan berbatasan dengan Guadeloupe di sebelah selatan, Montserrat di barat daya, Saint Kitts dan Nevis di barat, dan Saint Barthélemy di barat laut.

Negeri ini terdiri atas sejumlah pulau, di mana Antigua ialah yang terbesar, dan paling banyak dihuni. Barbuda, tepat di utara Antigua ialah pulau utama lainnya. Pulau ini memiliki iklim hangat, dan tropis dengan suhu tetap sepanjang tahun.

15. Seychelles

Negara Terkecil di Dunia

Ibukota : Victoria
Total Luas Wilayah : 452 km2
Jumlah Penduduk : 94.677 jiwa
Lokasi  : Benua Afrika

Seychelles atau Seiselensa, Secara resmi Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan yang mencakup sebuah kepulauan dari 115 pulau di Samudera Hindia di Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar.

Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut. Seychelles, dengan perkiraan populasi 90 ribuan, memiliki populasi terkecil di Afrika. Seychelles adalah bagian dari Kepulauan Mascarene bersama dengan Mauritius, dan Reunion.

Demikianlah daftar 15 negara terkecil di dunia beserta luas wilayahnya dan jumlah penduduknya. Daftar diatas hanya diisi oleh negara-negera yang diakui secara internasional.

Tinggalkan komentar