Daftar Nama Partai Politik di Indonesia | Lambang dan Ketua Umumnya

Daftar Nama Partai Politik di Indonesia | Lambang dan Ketua Umumnya

Daftar Nama Partai Politik di Indonesia Lenkap Beserta Lambang dan Ketua Umumnya – Partai politik (Parpol) adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus dan tujuan umum. Bisa juga didefinisikan sebaga kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan partai politik diantaranya adalah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik untuk melaksanakan kebijakan-kebijakannya.

Partai politik digunakan sebagai sarana politik yang menjembatani elit-elit politik dalam upaya mencapai kekuasaan politik dalam suatu negara yang bercirikan mandiri dalam hal finansial, memiliki platform atau haluan politik tersendiri, mengusung kepentingan-kepentingan kelompok dalam urusan politik, dan turut menyumbang political development sebagai suprastruktur politik.

Partai politik di Indonesia yang resmi diakui harus terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dan setiap partai partai di Indonesia jika ingin mengikuti pemilu harus mendaftar sebagai calon peserta Pemilu di KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk selanjutnya ditentukan apakah lolos verifikasi atau tidak untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum.

Jumlah partai politik di Indonesia sendiri sebenarnya sangatlah banyak, namun hanya adalah beberapa saja yang populer, menjadi langganan peserta pemilu serta memiliki kursi di legislatif. Daftar nama nama partai politik di Indonesia diantaranya adalah PKS, Partai Hanura, PKB, PPP, Partai Gerindra, PDIP, Partai Demokrat, PAN, Partai Nasdem, PKPI, PBB dan Partai Golkar. Ada juga Partai Politik baru di Indonesia seperti Partai Idaman, Perindo, Partai Garuda, Partai Berkarya dan PSI.

Daftar Nama Partai Politik di Indonesia

Nah, lalu apa saja daftar partai di Indonesia yang merupakan peserta pemilu 2019 nanti? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar nama partai politik di Indonesia update terbaru tahun 2018/2019 lengkap beserta penjelasan, gambar/lambang, ketua umum dan nomor urutnya pada pemilu 2019.

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Muhaimin Iskandar

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), adalah sebuah partai politik di Indonesia berideologi Konservatisme. Partai ini didirikan di Jakarta pada tanggal 23 Juli 1998 (29 Rabi’ul Awal 1419 Hijriyah) yang dideklarasikan oleh Munasir Ali, Ilyas Ruchiyat, Abdurrahman Wahid, A. Mustofa Bisri, dan A. Muhith Muzadi.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Prabowo Subianto

Partai politik peserta pemilu 2019 selanjutnya adalah Gerindra. Partai Gerakan Indonesia Raya atau Partai Gerindra, adalah sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan dan diketuai oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto. Partai Gerindra berdiri pada tanggal 6 Februari 2008. Pengurus dan aktivis partai ini dicirikan dengan pakaian safari lengan pendek dan panjang, serta kopiah hitam. Inspirasi nama Gerindra berasal dari nama partai lama, Perindra, yang merupakan pemberian langsung dari Presiden Soekarno.

3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Megawati Soekarnoputri

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Lahirnya PDI-P dapat dikaitkan dengan peristiwa 27 Juli 1996. Dampak politik dari peristiwa ini adalah tampilnya Megawati Soekarnoputri di kancah perpolitikan nasional. Walaupun sebelum peristiwa ini Megawati tercatat sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia dan anggota Komisi I DPR, namun setelah peristiwa inilah, namanya dikenal di seluruh Indonesia.

4. Partai Golongan Karya (Golkar)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Airlangga Hartanto

Partai Golongan Karya (Partai Golkar), sebelumnya bernama Golongan Karya (Golkar) dan Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar), adalah sebuah partai politik di Indonesia dan juga merupakan partai politik pada masa orde baru. Partai Golkar bermula dengan berdirinya Sekber Golkar pada masa-masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno, tepatnya 1964 oleh Angkatan Darat untuk menandingi pengaruh Partai Komunis Indonesia dalam kehidupan politik. Dalam perkembangannya, Sekber Golkar berubah wujud menjadi Golongan Karya yang menjadi salah satu organisasi peserta Pemilu.

5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Surya Paloh

Partai NasDem adalah sebuah partai politik di Indonesia yang baru diresmikan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara pada tanggal 26 Juli 2011. Partai ini didukung oleh Surya Paloh yang merupakan pendiri organisasi bernama sama yaitu Nasional Demokrat.

6. Partai Garuda

parpol di indonesia

Ketua Umum : Ahmad Ridha Sabana

Partai Gerakan Perubahan Indonesia atau Partai Garuda (bahasa Inggris: Garuda Party), adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai Garuda dideklarasikan pada tanggal 16 April 2015. Ahmad Ridha Sabana menjabat sebagai Ketua Umum partai. Pada tahun 2015, Partai Garuda mendapatkan ketetapan hukum dan resmi menjadi partai politik. Partai Garuda termasuk partai politik baru peserta pemilu 2019.

7. Partai Berkarya

parpol di indonesia

Ketua Umum : Hutomo Mandala Putra

Partai Berkarya, adalah sebuah partai politik yang merupakan fusi dari 2 partai politik, yaitu Partai Beringin Karya dan Partai Nasional Republik. Partai ini didirikan pada tanggal 15 Juli 2016, dan mendapatkan legitimasi hukum dan sah sebagai partai politik di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2016. Partai Berkarya dipimpin oleh Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, dan posisi Sekretaris Jenderal dijabat oleh Badaruddin Andi Picunang. Tommy sebelumnya menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi dan Dewan Pembina Partai.

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

partai politik di indonesia

Presiden : Sohibul Iman

Parpol peserta pemilu 2019 selanjutnya adalah PKS. Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sebelumnya bernama Partai Keadilan (PK), adalah sebuah partai politik Islam di Indonesia. Dengan bergantinya PK menjadi PKS, partai ini bertanding di pemilihan umum legislatif Indonesia 2004. PKS meraih total 8,325,020 suara, sekitar 7.34% dari total perolehan suara nasional. PKS berhak mendudukkan 45 wakilnya di DPR. Presiden partai, Hidayat Nur Wahid, terpilih sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan 326 suara.

9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Hary Tanoesoedibjo

Partai Persatuan Indonesia atau biasa disingkat Partai Perindo adalah sebuah partai baru di Indonesia. Partai ini didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo, pengusaha dan pemilik MNC Group, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media. Perindo di deklarasikan pada 7 Februari 2015 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Kini perindo merupakan salah satu partai baru 2019 untuk ikut dalam pemilu.

10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Muhammad Romahurmuziy

Partai Persatuan Pembangunan (disingkat PPP atau P tiga) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Pada saat pendeklarasiannya pada tanggal 5 Januari 1973 partai ini merupakan hasil gabungan dari empat partai keagamaan yaitu Partai Nahdlatul Ulama (NU), Partai Serikat Islam Indonesia (PSII), Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dan Parmusi. Ketua sementara saat itu adalah Mohammad Syafa’at Mintaredja. Penggabungan keempat partai keagamaan tersebut bertujuan untuk penyederhanaan sistem kepartaian di Indonesia dalam menghadapi Pemilihan Umum pertama pada masa Orde Baru tahun 1973.

11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Grace Natalie

Partai Solidaritas Indonesia (disingkat PSI) adalah partai politik di Indonesia yang baru didirikan pasca Pemilu tahun 2014. Partai ini diketuai oleh mantan presenter berita Grace Natalie. Partai ini resmi menjadi Badan Hukum setelah melalui verifikasi Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 7 Oktober 2016.

12. Partai Amanat Nasional (PAN)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Zulkifli Hasan

Parpol di Indonesia selanjutnya adalah PAN. Partai Amanat Nasional (PAN) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Asas partai ini adalah Akhlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam (AD Bab II, Pasal 3). PAN didirikan pada tanggal 23 Agustus 1998 berdasarkan pengesahan Depkeh HAM No. M-20.UM.06.08 tgl. 27 Agustus 2003. Ketua Umum saat ini adalah Zulkifli Hasan. Ketua Majelis Pertimbangan Partai dijabat oleh Soetrisno Bachir. Ketua Dewan Kehormatan Partai dijabat oleh Amien Rais.

13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

partai politik di indonesia

Ketua umum : Oesman Sapta Odang

Partai Hati Nurani Rakyat, atau Partai Hanura, adalah sebuah partai politik di Indonesia. Dalam Pemilu 2009, partai ini bernomor urut 1. Hanura kembali lolos dalam Pemilu 2014, dan mendapat nomor urut 10. Kini dalam pemilu 2019, Hanura mendapat No urut 13.

14. Partai Demokrat

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Susilo Bambang Yudhoyono

Partai Demokrat adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini erat kaitannya dengan niat untuk membawa Susilo Bambang Yudhoyono, yang kala itu menjadi Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan di bawah Presiden Megawati, menjadi presiden. Karena hal inilah, Partai Demokrat terkait kuat dengan figur Yudhoyono.

19. Partai Bulan Bintang (PBB)

partai politik di indonesia

Ketua Umum : Yusril Ihza Mahendra

Partai Bulan Bintang (PBB) adalah sebuah partai politik Indonesia berasaskan Islam dan juga sebagai partai penerus Masyumi yang pernah jaya pada masa Orde Lama. Partai Bulan Bintang didirikan pada 17 Juli 1998.

20. PKPI

PKPI

Ketua Umum : AM Hendropriyono

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), sebelumnya bernama Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini dideklarasikan di Jakarta tanggal 15 Januari 1999. PKPI pertama kali ikut serta dalam Pemilu 1999. PKPI bermula dengan dibentuknya Gerakan Keadilan, dan Persatuan Bangsa (GKPB) pada tahun 1998 yang dikoordinasikan oleh Siswono Yudhohusodo, Sarwono Kusumaatmadja, David Napitupulu dan Tatto S. Pradjamanggala.

Demikianlah informasi mengenai daftar nama partai politik di Indonesia terbaru lengkap beserta lambang, ketua umum, nomor urut dan penjelasannya. Data data pendukung yang berisi profil singkat dan penjelasan masing masing partai politik (Parpol) diambil dari wikipedia.org. Urutan dari daftar parpol diatas disesuaikan berdasarkan nomor urut yang akan digunakan masing masing partai politik pada pemilu 2019. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu politik bagi anda semua.

Tinggalkan komentar