Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial? Secara umum, interaksi sosial memiliki pengaruh terhadap terbentuknya lembaga sosial. Kali ini akan dibagikan mengenai pengertian interaksi sosial dan pengertian lembaga sosial. Selain itu kami akan menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial lengkap beserta contohnya.

 

Pengertian Interaksi Sosial

Definisi dan pengertian interaksi sosial adalah suatu hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat. Dengan adanya nilai dan norma yang berlaku, interaksi sosial itu sendiri dapat berlangsung dengan baik jika aturan-aturan dan nilai-nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Terdapat beberapa bentuk interaksi sosial. Bentuk bentuk interaksi sosial dibagi menjadi dua yaitu interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif. Contoh interaksi sosial asosiatif adalah kerjasama, akomodasi, asimilasi dan akulturasi. Sedangkan contoh interaksi sosial disosiatif adalah persaingan, kontraversi dan konflik sosial. Adapun faktor faktor pendorong interaksi sosial yang mendorong adanya hubungan sosial antara lain adalah imitasi, identifikasi, motivasi, simpati, sugesti dan empati.

pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian lembaga sosial adalah salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Lembaga sosial juga disebut sebagai lembaga kemasyarakatan.

Fungsi lembaga sosial antara lain yaitu memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat, menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan serta memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial. Adapun jenis-jenis lembaga sosial misalnya adalah lembaga keluarga, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, lembaga agama, lembaga politik, lembaga hukum, lembaga kesehatan, lembaga budaya dan lain-lain.

Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Interaksi sosial memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat termask pada pembentukan suatu lembaga sosial. Tanpa adanya interaksi sosail tidak mungkin ada hubungan antar manusia atau antar kelompok. Oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari sangat penting adanya suatu interaksi sosial sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Terbentuknya lembaga sosial juga merupakan pengaruh dari adanya interaksi sosial. Lembaga sosial terbentuk karena adanya interaksi sosial antar masyarakat dan timbulnya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sejumlah lembaga sosial untuk kelangsungan hidup masyarakat. Adanya kebutuhan manusia juga mengharuskan adanya interaksi sosial dan mendorong terbentuknya lembaga sosial atau lembaga permasyarakatan

Contoh Interaksi Sosial Terhadap Lembaga Sosial

  • Kebutuhan akan pendidikan bagi anak-anak membutuhkan adanya interaksi antara guru dan murid sehingga mendorong terbentuknya lembaga pendidikan seperti sekolah atau tempat belajar-mengajar.
  • Kebutuhan akan kesehatan dan pengobatan membutuhkan adanya interaksi antara dokter/perawat dan pasien sehingga mendorong terbentuknya lembaga kesehatan seperti rumah sakit atau klinik pengobatan.
  • Untuk menyelesaikan masalah pelanggaran dan penyimpangan sosial membutuhkan adanya interaksi antara hakim dan pelaku sehingga mendorong terbentuknya lembaga hukum seperti pengadilan atau kantor hukum.
  • Untuk menjalin persaudaraan dan menambah ilmu agama membutuhkan interaksi antar masyarakat seagama sehingga mendorong terbentuknya lembaga agama seperti majelis agama atau kelompok mengaji.

Nah itulah sekilas artikel informasi mengenai pengertian interaksi sosial beserta contoh dan bentuk-bentuknya, pengertian lembaga sosial beserta fungsi dan jenis-jenisnya serta pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga info tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan.

Tinggalkan komentar