Definisi dan Pengertian Musikologi, Ilmu Tentang Musik

Definisi dan Pengertian Musikologi, Ilmu Tentang Musik

Musikologi adalah ilmu yang mempelajari musik kepada ahli, biasanya oleh profesor di universitas. Orang yang mempelajari musikologi disebut dengan musikolog. Lantas apa sebenarnya definisi lengkap dari musikologi tersebut? Lalu bagaimana sejarah pembelajaran musik dari zaman dulu? Dan apa istilah lain yang berkaitan dengan musikologi? Berikut info singkat mengenai definisi dan pengertian musikologi.

Pengertian Musikologi

Musikologi adalah studi ilmiah yang berkaitan tentang musik. Dalam pengertian sempit, musikologi hanya terbatas pada sejarah musik budaya barat. Dalam pengertian menengah, musikologi bisa mencakup semua budaya yang relevan dan berbagai bentuk-bentuk musik, gaya, genre dan tradisi yang beragam. Sedangkan dalam pengertian luas, musikologi mencakup semua disiplin ilmu musik yang relevan dan semua manifestasi musik di semua budaya.

pengertian Musikologi
Musikologi

Dalam definisi yang luas, disiplin induk dari musikologi meliputi :

  • Sejarah
  • Studi budaya
  • Ilmu filsafat
  • Etnologi dan antropologi budaya
  • Arkeologi dan prasejarah
  • Psikologi dan sosiologi
  • Fisiologi dan ilmu saraf
  • Akustik
  • Komputer, ilmu informasi dan matematika

Secara tradisional, musikologi historis atau musik sejarah telah dianggap sebagai sub bidang terbesar dan yang paling penting dalam musikologi. Di era modern, musikologi historis merupakan salah satu dari beberapa subdisiplin besar. Sejarah musikologi, etnomusikologi dan musikologi sistematis memiliki kedudukan yang hampir sama. Musikologi kognitif adalah himpunan fenomena sekitar pemodelan komputasi musik.

Musikolog mempelajari semua jenis musik. Mereka mempelajari sejarah musik dan belajar mengenai pembuat lagu dan bagaimana mereka mengembangkan ide mereka dan belajar dari yang lain. Musikolog juga mempelajari filsafat musik.

Sejarah musik atau studi musikologi meliputi komposisi, kinerja, resepsi, dan kritik musik dari waktu ke waktu, misalnya yang bersangkutan dengan kehidupan seorang komposer, perkembangan gaya dan genre, fungsi sosial musik untuk kelompok masyarakat tertentu atau modus kinerja pada tempat dan waktu tertentu.

Seperti bidang sejarah seni, dan berbagai cabang sekolah dari musikologi historis menekankan berbagai jenis karya musik dan pendekatan yang berbeda untuk musik. Ada juga perbedaan di tiap negara dalam definisi musikologi historis. Secara teori musik sejarah bisa mengacu pada studi tentang sejarah dari setiap jenis atau genre musik (misalnya, sejarah musik sejarah rock). Dalam praktiknya penelitian lebih sering dipertimbangkan dalam etnomusikologi dan musikologi historis diasumsikan lebih condong ke seni musik barat.

Tinggalkan komentar