Pengertian Sepak Bola Lengkap Beserta Tujuannya Menurut Para Ahli

Pengertian Sepak Bola Lengkap Beserta Tujuannya Menurut Para Ahli

Pengertian sepak bola lengkap beserta tujuannya menurut para ahli – Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia. Sepak bola dimainkan di seluruh penjuru dunia. Terdapat beberapa teknik dasar sepakbola dan peraturan sepak bola yang telah diatur. Lantas apa sebenarnya definisi sepak bola dan pengertian sepak bola secara umum? Apa pula tujuan sepak bola yang paling utama? Kami akan menjelaskan pengertian sepak bola lengkap beserta tujuan dan penjelasannya.

Apa itu sepak bola? Apa pengertian sepakbola secara umum? Sepak bola merupakan suatu olahraga yang menggunakan bola. Sepak bola dimainkan oleh 11 pemain dari tiap tim. Selain itu permainan olahraga sepak bola yang resmi dimainkan di lapangan rumput. Tiap tim memiliki tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan sambil mencegah agar gawang sendiri tidak kebobolan.

Sejarah sepak bola sudah ada sejak lama bahkan saat masih abad 19. Kini sepak bola modern telah berkembang menjadi olahraga paling populer di seluruh dunia. Peraturan sepak bola juga terus berkembang hingga masuknya teknologi dalam sepak bola menjadikan olahraga ini menjadi lebih baik.

pengertian sepak bola

Pengertian Permainan Sepak Bola

Sepak bola memang sudah dikenal luas di seluruh dunia oleh tiap kalangan masyarakat. Namun tahukah kamu apa sebenarnya pengertian sepak bola menurut para ahli? Tiap pakar dan pengamat sepak bola memiliki beberapa pengertian dan definisi tertentu untuk menggambarkan permainan sepak bola. Berikut merupakan info pengertian sepak bola secara umum menurut para ahli dan KBBI lengkap.

Definisi Sepak Bola Menurut KBBI

Sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Luxbacher

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Subagyo Irianto

Sepak bola adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan bermaksud memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukan bola.

Pengertian Sepak Bola Menurut Joko Purwanto

Sepak bola adalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

Pengertian Sepak Bola Menurut Agus Salim

Sepak bola adalah olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyaknya yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk bisa membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.

Pengertian Sepak Bola Menurut Sucipto

Sepak bola adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan dengan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

Pengertian Sepak Bola Menurut Erick C. Batty

Sepak bola adalah permainan yang sederhana yang dilakukan dengan sebaik-baiknya. Walaupun sepakbola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupu tanpa bola.

Pengertian Sepak Bola Menurut Muhajir

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola oleh tim lawan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Muhyi Faruq

Sepak bola adalah bentuk dari olahraga dan kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta social, yaitu prestasi. Permainan dan olahraga sepak bola ini sangat berkaitan dengan kebugaran tubuh.

Pengertian Sepak Bola Menurut Nurhasan

Sepak bola adalah permainan yang dilakukan dalam 2 (dua) babak, masing-­masing babak umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit, dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola, serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawangnya harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainya.

Pengertian Sepak Bola Menurut Herwin

Sepak bola adalah suatu olahraga atau permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.

Tujuan Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang memiliki tujuan utama untuk mencetak gol. Selain itu juga ada beberapa tujuan permainan sepak bola lainnya yang masih berhubungan dengan penyelenggaraan pertandingan sepak bola. Berikut merupakan beberapa fungsi dan tujuan sepak bola selengkapnya.

  • Mencetak gol ke gawang lawan. Tujuan utama sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Dengan mencetak gol lebih banyak dari tim lawan, maka tim kita akan memenangkan pertandingan sepak bola.
  • Mencegah gawang agar tidak kemasukan gol. Selain mencetak gol, suatu tim harus mencegah gawang agar tidak kebobolan, dengan kata lain mencegah lawan mencetak gol ke gawang kita.
  • Meningkatkan kerjasama tim. Sepak bola merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh 11 pemain di atas lapangan. Taktik strategi sepak bola pun mengharuskan satu tim untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan.
  • Menjaga sportifitas olahraga. Sepakbola sangat menjunjung sportifitas atau fair play. Untuk itu pertandingan sepakbola harus dilakukan dengan adil dan sportif dan menjunjung asas fair play.
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran. Sepak bola termasuk olahraga kebugaran. Para pemain yang memainkan olahraga ini pun akan mendapat manfaat berupa kesehatan dan kebugaran tubuh.
  • Meraih prestasi dan gelar juara. Suatu tim sepak bola bermain sepak bola juga untuk bisa meraih prestasi berupa gelar juara pada kompetisi atau turnamen yang diikuti.

Teknik Dasar Sepak Bola

Secara umum, terdapat beberapa teknik dasar sepak bola. Teknik teknik sepak bola ini mengharuskan pemain berinteraksi dengan bola, baik menendang, menyundul atau mengumpan. Berikut merupakan 6 jenis teknik dasar permainan sepak bola selengkapnya.

  • Menendang bola, yaitu teknik menendang atau menyepak bola, bisa dengan kaki kiri atau kaki kanan.
  • Menghentikan bola, yaitu teknik menghentikan, menahan atau menerima bola yang datang ke arah kita.
  • Menyundul bola, yaitu teknik menyundul bola yang ada di udara dengan kepala.
  • Menggiring bola, yaitu teknik menggiring bola (dribble) agar berada dalam penguasaan pemain.

Nah itulah info sepak bola mengenai definisi dan pengertian sepak bola beserta tujuan sepak bola dan teknik dasar sepak bola selengkapnya. Sepak bola memang dikenal sebagai olahraga paling populer di dunia. Tak heran jika olahraga ini dimaikan di seluruh penjuru dunia, termasuk juga di Indonesia.

Tinggalkan komentar