Pengertian dan Sejarah Permainan Game Arcade Lengkap

Pengertian dan Sejarah Permainan Game Arcade Lengkap

Game arcade atau dalam bahasa Indonesia, permainan arkade, adalah sebuah mesin permainan hiburan yang dioperasikan dengan koin yang terpasang di tempat-tempat bisnis umum. Beberapa tempat yang biasa terdapat game arkade adalah restoran, bioskop, bar dan pusat permainan hiburan. Bentuk kebanyakan permainan game arcade adalah permainan video, mesin pinbol, permainan elektro-mekanis, dan permainan-permainan berhadiah. Di Indoensia, mesin arcade juga disebut sebagai game ding-dong.

Pengertian Game Arcade

Permainan arcade adalah sebuah genre permainan real-time komputer yang menggunakan sebuah mesin elektronik dengan dilengkapi tombol-tombol kontrolernya serta membutuhkan koin untuk memainkannya. Istilah game arkade awalnya hanya berupa permainan yang dimainkan di mesin game arcade saja.

permainan Game Arcade
Game Arcade

Namun seiring berjalannya waktu, istilah arkade juga digunakan untuk menyebukan permainan video aksi yang didesain untuk dimainkan serupa dengan permainan arkade, yaitu dengan gameplay simple dan bisa dimainkan berulang-ulang. Fokus permainan game arcade action adalah refleks pengguna dalam menekan tombol dan tidak terlalu banyak mengandung unsur lain seperti puzzle atau strategi.

Sejarah Game Arcade

Game arcade pertama kali berupa bentk permainan-permainan di taman bermain atau taman hiburan, seperti permainan menembak, melempar bola atau permainan lain yang dioperasikan dengan koin terdahulu. Tahun 1930-an mesin pinbol pertama yang dioperasikan dengan koin muncul. Mesin ini berbeda dengan mesin elektronik berikutnya karena mesin ini terbuat dari kayu. Mesin ini tidak menggunakan lampu-lampu di area permainan dan sistem penilaian secara mekanis, bukan elektronik. Sekitar 1977 sebagian besar mesin pinbol beralih ke elektronik..

Game arkade ini bisa dibilang mencapai zaman keemasan pada periode awal perkembangan game yaitu di sekitar akhir 1970-an. Penurunan popularitas game arcade terjadi di pertengahan 1980-an. Permainan ini bangkit sebentar di awal 1990-an, tetapi kemudian industri arkade semakin menurun.

Kemunduran dari jenis game arkade ini dikarenakan tidak mampu bersaing dengan konsol permainan video yang dapat dimainkan di rumah dan beragam jenisnya, serta lebih murah dalam biaya. Ya, di tahun 90an memang banyak bermunculan konsol video game rumahan seperti PlayStation atau Super NES. Hasilnya permainan game arcade menjadi tidak diminati lagi.

Tinggalkan komentar