10 Pesawat Terbesar di Dunia yang Pernah Dibuat Manusia

10 Pesawat Terbesar di Dunia yang Pernah Dibuat Manusia

Daftar 10 Pesawat Terbesar di Dunia Sepanjang Masa yang Pernah Dibuat Manusia – Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ini diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di sekitar Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Farnborough, Inggris tahun 1910.

Ada dua klasifiksai pesawat terbang. Pertama, pesawat yang lebih berat daripada udara (aerodin). Pesawat yang termasuk jenis ini, yaitu autogiro, helikopter, dan pesawat bersayap tetap. Kedua, pesawat yang lebih ringan daripada udara (aerostat). Pesawat yang termasuk dalam jenis ini di antaranya kapal udara.

Selain itu fungsi pesawat terbang berbeda beda, ada pesawat penumpang, pesawat militer/tempur, pesawat angkut serta pesawat eksperimental. Bertahun tahun setelah awal pesawat ditemukan, kini perkembangan teknologi membuat pesawat sudah semakin canggih dan maju. Pesawat dibuat dengan berbagai keperluan, bentuk dan ukurannya pun menyesuaikan kebutuhan.

Jadi jangan heran jika ada pesawat super besar dengan ukuran raksasa. Jika kita biasa naik pesawat terbang penumpang dengan ukuran yang sudah termasuk cukup besar. Ternyata masih ada lagi pesawat yang lebih besar ukurannya dan dibuat dengan tujuan dan fungsi yang berbeda beda. Ukurannya yang besar ditujukan salah satunya adalah untuk efisiensi, sehingga pada sekali jalan pesawat dapat mengangkut banyak orang atau barang sekaligus. Untuk pesawat penumpang saja bahkan bisa mengangkut sebanyak 800 penumpang sekali jalan, bayangkan bagaimana besar ukurannya.

Memang jika dilihat, kebanyakan yang berpredikat sebagai pesawat terbesar di dunia adalah pesawat yang dibuat untuk tujuan komersil/penumpang dan untuk mengangkut barang (pesawat angkut). Urutan pertama sebagai pesawat terbesar di dunia adalah Hughes H-4 Hercules, kemudian urutan kedua ada Antonov An-225 Mriya, lalu disusul oleh Airbus A380, Antonov An-124, Convair XC-99 dan Bristol 167 Brabazon. Pesawat tersebut memiliki ukuran raksasa sekaligus menjadi pesawat terpanjang di dunia, juga merupakan yang terlebar dan tertinggi dari segi ukurannya.

Namun meski berbaan besar, pesawat pesawat ini dilengkapi dengan teknologi dan peralatan serba canggih dan sudah sesuai dengan standart keamanan yang berlaku. Mereka dapat terbang tinggi melintasi negara dan benua yang ada di bumi ini untuk mencapai tujuannya.

10 Pesawat Terbesar di Dunia

Lalu mana sajakah yang masuk dalam top 10 besar pesawat terban terbesar di dunia update terbaru saat ini? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar 10 pesawat terbesar di dunia sepanjang masa yang pernah dibuat manusia lengkap beserta penjelasan, sejarah dan spesifikasi singkatnya.

1. Hughes H-4 Hercules

pesawat terbesar di dunia

Hughes H-4 Hercules juga dikenal sebagai Spruce Goose adalah prototipe kapal terbang pengangkut udara strategis yang dirancang dan dibangun oleh Hughes Aircraft Company. Ditujukan sebagai transportasi penerbangan transatlantik untuk digunakan selama Perang Dunia II, tidak selesai pada waktunya untuk digunakan dalam perang. Pesawat hanya melakukan satu penerbangan singkat pada tanggal 2 November 1947, dan proyek tersebut tidak pernah maju melampaui satu contoh yang dihasilkan.

Pesawat ini dibangun dari kayu karena pembatasan masa perang terhadap penggunaan aluminium dan kekhawatiran tentang berat badan. Meskipun hampir seluruhnya terbuat dari pohon birch. Hercules adalah pesawat terbesar di dunia sepanjang sejarah yang pernah dibangun, dan memiliki lebar sayap terbesar dari setiap pesawat terbang yang pernah diterbangkan. Pesawat ini masih dalam kondisi baik dan dipamerkan di Evergreen Aviation & Space Museum di McMinnville, Oregon, Amerika Serikat.

2. Antonov An-225 Mriya

pesawat terbesar di dunia

Antonov An-225 Mriya adalah pesawat kargo pengangkutan udara strategis yang dirancang oleh Biro Desain Antonov di SSR Ukraina di dalam Uni Soviet selama tahun 1980an. Pesawat ini didukung oleh enam mesin turbofan dan merupakan pesawat terberat yang pernah ada, dengan berat lepas landas maksimum 640 ton (710 ton pendek). Pesawat ini juga memiliki lebar sayap terbesar dari pesawat terbang dalam layanan operasional.

Contoh tunggal yang dibangun memiliki pendaftaran sipil Ukraina UR-82060. Pembangunannya dihentikan pada tahun 1994 karena kurangnya dana dan bunga, namun dihidupkan kembali secara singkat di tahun 2009, sehingga berhasil mencapai pembangunan 60% -70%. Pada tanggal 30 Agustus 2016, Antonov setuju untuk menyelesaikan badan pesawat kedua untuk Aerospace Industry Corporation of China sebagai pendahuluan untuk AICC memulai produksi. Pesawat ini memegang rekor dunia sebagai pesawat dengan daya angkut dan muatan terbesar. Tak heran jika ia masuk dalam salah satu pesawat terbesar di dunia saat ini.

3. Airbus A380

pesawat penumpang terbesar di dunia

Airbus A380 yang diproduksi oleh Airbus S.A.S. adalah sebuah pesawat berbadan lebar dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan telah memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat penumpang terbesar di dunia yang pernah dibuat (dijuluki Superjumbo).

Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950an Boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, Boeing memproduksi dan meluncurkan Boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa.

4. Antonov An-124

pesawat terbesar di dunia

Antonov An-124 Ruslan adalah pesawat jet udara yang strategis. Pesawat ini dirancang pada tahun 1980 oleh biro desain Antonov di SSR Ukraina, yang kemudian merupakan bagian dari Uni Soviet (Uni Soviet). Sampai Boeing 747-8F, pesawat An-124, selama tiga puluh tahun, menjaid pesawat kargo produksi berat terberat di dunia dan pesawat kargo udara terberat di dunia. An-124 juga tetap merupakan pesawat angkut militer terbesar di dunia. Tak ketinggalan juga berpredikat sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia saat ini. Perancang utama An-124 dan An-225 adalah Viktor Tolmachev.

5. Convair XC-99

pesawat terbesar di dunia

Pesawat terbesar di dunia selanjutnya adalah Convair XC-99. Convair XC-99, AF Ser. No 43-52436, adalah pesawat prototipe kargo berat dibangun oleh Convair untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Ini adalah pesawat transportasi darat bermesin piston yang terbesar yang pernah dibangun, dan dikembangkan dari pembom B-36, berbagi sayap dan beberapa struktur lain dengan itu. Penerbangan pertama pada 23 November 1947 di San Diego, California, dan setelah pengujian itu disampaikan kepada Angkatan Udara pada tanggal 23 November 1949.

6. Bristol 167 Brabazon

pesawat terbesar di dunia

Bristol Brabloon Tipe 167 adalah sebuah pesawat baling-baling besar yang dirancang oleh Bristol Airplane Company untuk menerbangkan rute transatlantik antara Inggris dan Amerika Serikat. Pesawat ini dinamai Brabazon setelah Komite Brabazon dan pimpinannya, Lord Brabazon dari Tara, yang telah mengembangkan spesifikasi yang telah dirancang oleh pesawat tersebut.

Sementara Bristol telah mempelajari prospek pengembangan pesawat yang sangat besar seperti pesawat pembom sebelum dan selama Perang Dunia Kedua, kembalinya sebuah laporan yang disusun oleh Komite Brabazon yang telah menyebabkan perusahaan tersebut menyesuaikan usulan pembomnya yang lebih besar menjadi calon pesawat sipil besar untuk memenuhi spesifikasi Tipe I untuk sebuah pesawat terbang yang sangat besar untuk jalur transatlantik jarak jauh. Pesawat inipun akhirnya tercatat sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia berkat ukurannya yang bak raksasa.

Pesawat ini berdiameter 25 kaki (8 m) yang berisi dek atas dan bawah penuh dimana penumpang akan duduk dalam kondisi mewah; itu didukung oleh sebuah pengaturan dari delapan mesin radial Bristol Centaurus yang menghasilkan total delapan baling-baling kontra rotasi berpasangan yang dipasang pada empat nampan yang menghadap ke depan.

7. Boeing 747-8

pesawat terbesar di dunia

Pesawat terbesar di dunia selanjutnya adalah Boeing 747-8. Boeing 747-8 adalah pesawat komersial berbadan lebar yang diproduksi Boeing Commercial Airplanes. Secara resmi Boeing mengumumkan proyek ini pada tahun 2005, evolusi 747-8 adalah varian terbaru dari Boeing 747 dengan memperpanjang badan pesawat, merancang ulang sayap dan peningkatan efisiensi bahan bakar. Pesawat ini juga mampu terbang dengan kecepatan 0,85 mach (917 km/h) dan merupakan salah satu pesawat subsonik tercepat didunia. Pesawat ini merupakan satu-satunya model Boeing 747 yang saat ini masih diproduksi.

8. Lockheed C-5 Galaxy

pesawat terbesar di dunia

Lockheed C-5 Galaxy adalah pesawat angkut militer besar sayap tinggi (high wing) yang dibangun oleh Lockheed . Lockheed C-5 Galaxy ini digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dengan kemampuan airlift strategis antar-berbagai berat, yang dapat membawa kargo besar dan outsize, termasuk semua kargo udara. Galaxy memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya yang lebih kecil C-141 Starlifter, dan kemudian C-17 Globemaster . C-5 adalah salah satu pesawat militer terbesar di dunia.

C-5 Galaxy telah dioperasikan oleh USAF sejak tahun 1969. Pada waktu itu, telah digunakan untuk mendukung operasi militer AS di semua kontinjensi utama termasuk Vietnam , Irak , Yugoslavia dan Afghanistan , serta untuk mendukung sekutu, seperti Israel selama Perang Yom Kippur dan NATO dalam operasi Perang Teluk . C-5 juga telah digunakan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, dan mendukung program Space Shuttle AS yang dijalankan oleh NASA.

9. Saunders-Roe Princess

pesawat terbesar di dunia

Saunders-Roe Princess adalah pesawat terbang terbang Inggris yang dikembangkan dan dibangun oleh Saunders-Roe di fasilitas Cowes mereka di Isle of Wight. Ini memiliki perbedaan menjadi kapal terbang all-metal terbesar yang pernah dibangun.

Saunders-Roe Princess telah dikembangkan untuk melayani sebagai penerus yang lebih besar dan lebih mewah untuk kapal terbang komersial pra perang. Ini dimaksudkan untuk melayani rute transatlantik, membawa hingga 100 penumpang antara Southampton, Inggris dan New York City, Amerika Serikat dalam kondisi luas dan nyaman. Dengan kapasitas 1000 penumpang otomatis menjadikannya sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia yang pernah dibuat.

Untuk mencapai hal ini, diputuskan sejak dini untuk memanfaatkan teknologi turboprop yang baru dikembangkan, memilih mesin Bristol Proteus yang dikembangkan untuk menyalakan pesawat terbang. Proyek ini mengalami penundaan karena kesulitan yang dihadapi dalam pengembangan mesin Proteus.

10. Boeing 777-300ER

pesawat terbesar di dunia

Boeing 777 adalah sebuah pesawat penumpang sipil berbadan lebar bermesin ganda berjarak jauh dibuat oleh Boeing Commercial Airplanes. Dapat mengangkut antara 314 – 451 penumpang dan memiliki jangkauan dari 5.235 sampai 9.380 mil nautikal (9.695 sampai 17.372 km). Penerbangan pertama Boeing 777 pada 1994. Ciri unik dari 777 termasuk enam roda pendaratan per set di setiap roda pendaratan utama, fuselage yang bundar sempurna, dan “tailcone” belakang yang menyerupai mata pisau.

Pada 2005 harga satuannya sekitar US$213 juta, meskipun harga bagi maskapai penerbangan dirahasiakan dan dapat bervariasi sangat besar. Boeing 777 dibuat untuk menjadi pengganti Boeing 747, namun lebih efisien. Oleh karena itu, Boeing 777 yang dirancang untuk pengganti 747, menjadi pesawat twinjet (mesin ganda) terbesar di dunia. Edisi 777 yang terbesar adalah 777-300 dan dengan jarak terjauh adalah 777-200LR. Boeing 777-300ER juga merupakan salah satu pesawat terbesar di dunia saat ini. Emirates, maskapai nasional UEA adalah operator terbesar pesawat Boeing 777.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai daftar 10 pesawat terbesar di dunia sepanjang masa yang pernah dibuat manusia. Daftar diatas juga termasuk pesawat paling tinggi, lebar dan panjang dari segi ukurannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar