10 Pulau Terbesar di Dunia Beserta Gambar, Letak dan Luas Wilayahnya

10 Pulau Terbesar di Dunia Beserta Gambar, Letak dan Luas Wilayahnya

Apa saja pulau terbesar di dunia? Terdapat banyak pulau terluas di dunia dengan luas wilayah lebih dari 100 ribu km persegi. Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki banyak pulau dengan ukuran yang luas. Tak heran jika beberapa pulau terbesar di Indonesia juga termasuk dalam daftar pulau terbesar di dunia dengan luas wilayah terbesar.

Pengertian pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air. Kumpulan beberapa pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan. Untuk bisa disebut sebagai pulau, dataran tersebut tidak boleh termasuk dalam kategori benua. Untuk itu dataran Australia atau Eurasia (Eropa-Asia) tidak masuk kategori pulau meski juga merupakan wilayah daratan yang dikelilingi perairan.

Pulau-pulau yang ada di dunia pun tersebar di tiap wilayah dan benua, baik benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika atau Australia. Terdapat beberapa negara kepulauan di dunia dengan jumlah pulau yang banyak. Contoh negara kepulauan di dunia adalah Indonesia, Filipina, Kanada dan Jepang. Jumlah pulau Indonesia adalah lebih dari 17 ribu pulau, menjadikannya negara kepulauan terbesar di dunia.

Beberapa pulau terluas di Indonesia seperti Kalimantan, Papua atau Sumatera juga termasuk dalam daftar nama pulau terbesar di dunia. Meski begitu urutan pertama pulau paling luas dipegang oleh pulau Greenlands yang ada di wilayah Amerika Utara dan Eropa. Untuk itu kali ini akan dibahas info geografi mengenai daftar 10 nama pulau terbesar di dunia.

10 Pulau Terbesar di Dunia

Kriteria utama untuk menentukan pulau terbesar di dunia adalah luas wilayahnya yang dihitung dalam satuan kilometer persegi. Berikut merupakan list nama nama pulau terbesar dan terluas yang ada di seluruh dunia dengan total area wilayah terbesar selengkapnya beserta luas wilayah, asal negara dan populasi jumlah penduduknya di tiap pulau selengkapnya..

1. Greenland

pulau terbesar di dunia greenlands

Luas wilayah : 2,13 juta km persegi
Negara : Denmark
Jumlah penduduk : 56 ribu jiwa

Greenland dinobatkan sebagai pulau terbesar di dunia saat ini. Luas wilayah Greenland sebesar 2,13 juta km persegi, lebih luas dibanding pulau lainnya yang ada di dunia. Greenland secara geografis merupakan bagian dari Amerika Utara. Sekitar 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.

2. New Guinea (Papua)

pulau terbesar di dunia papua

Luas wilayah : 785 ribu km persegi
Negara : Indonesia, Papua Nugini
Jumlah penduduk : 11,3 juta jiwa

Pulau terbesar di dunia kedua adalah New Guinea dikenal juga dengan sebutan Papua atau Irian. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya masuk bagian negara Indonesia, sedangkan bagian timurnya merupakan bagian negara Papua Nugini. Pulau Papua memiliki bentuk yang menyerupai burung cendrawasih. Puncak tertinggi yang ada di pulau ini adalah Puncak Jaya.

3. Borneo (Kalimantan)

pulau terbesar di dunia kalimantan

Luas wilayah : 743 ribu km persegi
Negara : Indonesia, Malaysia, Brunei
Jumlah penduduk : 21,2 juta jiwa

Pulau Kalimantan atau pulau Borneo merupakan suatu pulau dengan luas wilayah sebesar 743 ribu km persegi yang terletak di Asia Tenggara. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Indonesia (73%), Malaysia (26%), dan Brunei (1%). Wilayah Indonesia meliputi Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Sedangkan wilayah Malaysia meliputi Sabah dan Serawak. Pulau Kalimantan ini juga terkenal dengan julukan Pulau Seribu Sungai karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

4. Madagaskar

pulau terbesar di dunia madagaskar

Luas wilayah : 587 ribu km persegi
Negara : Madagaskar
Jumlah penduduk : 22 juta jiwa

Madagaskar merupakan pulau utama dari negara Madagaskar yang ada di benua Afrika. Luas wilayah pulau Madagaskar adalah 587 ribu km persegi. Letaknya ada di Samudera Hindia lepas pesisir timur Afrika. Selain pulau utama, terdapat beberapa pulau kecil lain di sekitarnya yang menjadi bagian dari negara Madagaskar.

5. Baffin Island

Luas wilayah : 507 ribu km persegi
Negara : Kanada
Jumlah penduduk : 10,7 juta jiwa

pulau terbesar di dunia baffin island

Baffin Island atau pulau Baffin menjadi pulau terbesar di Kanada yang juga terkenal sebagai salah satu negara kepulauan. Pulau ini memiliki luas wilayah sebesar 507 ribu km persegi. Pulau Baffin menjadi bagian dari gugus Kepulauan Artik di wilayah Nunavut, Kanada. Nama pulau Baffin ini diambil dari nama penjelajah asal Britania Raya yaitu William Baffin.

6. Sumatera

pulau terbesar di dunia sumatera

Luas wilayah : 443 ribu km persegi
Negara : Indonesia
Jumlah penduduk : 50,1 juta jiwa

Satu lagi pulau terbesar di Indonesia yang masuk dalam list 10 pulau terbesar di Indonesia yaitu Sumatera. Luas wilayahnya sebesar 443 ribu km persegi. Sumatera menjadi pulau besar paling barat di geografi Indonesia. Pulau Sumatera juga disebut dengan sebutan Andalas. Terdapat 10 provinsi yang ada di pulau Sumatera, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Lampung.

7. Honshu

pulau terbesar di dunia honshu

Luas wilayah : 225 ribu km persegi
Negara : Jepang
Jumlah penduduk : ribu jiwa

Sebagai negara kepulauan, tentu Jepang tak ketinggalan memiliki pulau dengan luas yang besar. Pulau Honshu menjadi pulau terbesar di Jepang dan di kawasan Asia Timur dengan luas wilayah sebesar 225 ribu km persegi yang mencakup 60% wilayah Jepang secara keseluruhan. Terdapat banyak kota metropolitan penting Jepang di pulau ini hingga jadi salah satu pulau terpadat di dunia.

8. Victoria Island

pulau terbesar di dunia victoria island

Luas wilayah : 217 ribu km persegi
Negara : Kanada
Jumlah penduduk : 1,8 ribu jiwa

Victoria Island atau Pulau Victoria merupakan salah satu dari Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Northwest Territories, Kanada. Victoria Island menjadi salah satu pulau terbesar di dunia, tepatnya di urutan 8. Luas wilayah pulau ini adalah 217,291 km persegi yang juga pulau terbesar kedua di Kanada.

9. Great Britain

pulau terbesar di dunia britania raya

Luas wilayah : 209 ribu km persegi
Negara : Inggris Raya (UK)
Jumlah penduduk : 60,8 juta jiwa

Great Britain atau Britania Raya merupakan sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat laut Eropa. Pulau ini merupakan bagian dari negara Inggris Raya atau United Kingdom (UK). Wilayah Britania Raya mencakup Inggris, Wales dan Skotlandia. Dengan jumlah penduduk sebesar 60,8 juta jiwa, pulau ini jadi pulau dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga setelah pulau Jawa (Indonesia) dan pulau Honshu (Jepang).

10. Ellesmere Island

pulau terbesar di dunia ellesmere island

Luas wilayah : 196 ribu km persegi
Negara : Kanada
Jumlah penduduk : 191 jiwa

Ellesmere Island atau pulau Ellesmere memiliki luas wilayah 196 ribu km persegi, menjadikannya di urutan pulau terluas di dunia ke-10. Daerah yang ada di Pulau Ellesmere adalah Nunavut.  Pulau ini hanya dihuni kurang dari 200 jiwa manusia saja, meski ada juga pemukiman sementara. Di pualu Ellesmere juga terdapat pemukiman paling utara di Bumi yang dekat dengan kutub utara.

Nah itulah daftar 10 pulau terbesar dan terluas di dunia lengkap. Terdapat 3 pulau terbesar di Indonesia – Papua, Kalimantan, Sumatera – yang masuk peringkat pulau terbesar di dunia di atas. Sementara pulau terluas di Indonesia lain seperti Sulawesi (11) dan Jawa (13) ada di luar 10 besar. Sekian info geografi mengenai nama pulau terbesar di dunia kali ini.

Tinggalkan komentar