5 Samudra Terluas di Dunia Beserta Letak dan Kedalaman Lautnya

5 Samudra Terluas di Dunia Beserta Letak dan Kedalaman Lautnya

5 benua samudra terluas di dunia – Samudra adalah wilayah perairan luas yang ada di Bumi. Terdapat 5 nama samudra di dunia yang diakui yaitu Samudra Pasifik, Hindia, Arktik, Atlantik dan Antartika/Selatan. Dari 5 samudra di dunia tersebut, manakah samudra terluas di dunia? Kali akan dibagikan info pengertian samudra serta daftar 5 samudra terbesar di dunia selengkapnya.

Pengertian samudra adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. Samudra (atau juga sering dieja samudera) juga disebut lautan yang dalam bahasa Inggris berarti oceans. Samudra meliputi 71% permukaan bumi, dengan area sekitar 361 juta kilometer persegi, volume samudra sekitar 1.370 juta km³ dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter.

Terdapat lima samudra di dunia yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik dan Samudra Antartika. Samudra Antartika juga disebut sebagai Samudra Selatan, dan biasanya dianggap sebagai pembatas 4 samudra lain karena letaknya di bagian selatan Bumi atau dekat dengan kawasan Antartika. Sementara Samudra Arktik terletak di bagian utara dekat wilayah kutub.

5 Samudra Terluas di Dunia

Di antara 5 samudra tersebut, manakah samudra terluas di dunia dan samudra terdalam di dunia? Berikut kami bahas penjelasan mengenai list 5 nama samudra terbesar dan terluas di dunia berdasarkan area wilayah perairan di tiap tiap samudera terluas di dunia.

1. Samudra Pasifik

samudra terluas di dunia pasifik

Luas Samudra : 168.723.000 km2
Lokasi : Memisahkan benua Asia dan Ocenia dari benua Amerika

Samudra Pasifik adalah samudera terbesar di dunia dengan luas perairan mencapai 168 juta km persegi. Samudra Pasifik juga menjadi samudra terdalam di dunia dengan rata-rata kedalaman laut sebesar 3970 meter dan kedalaman maksimal sejauh 10.911 meter yang ada di Palung Mariana. Lokasi samudra Pasifik memisahkan benua Asia dan Ocenia dengan kawasan benua Amerika Utara dan Selatan. Terdapat banyak negara yang berbatasan dengan samudera Pasifik yaitu negara negara Amerika Selatan, negara di kawasan Karibia serta negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

2. Samudra Atlantik

samudra terluas di dunia atlantik

Luas Samudra : 85.133.000 km2
Lokasi : Memisahkan benua Amerika dengan benua Eropa dan Afrika

Samudra Atlantik adalah samudra terbesar kedua di dunia dengan area 85 juta km persegi yang meliputi sekitar 20% permukaan Bumi. Kata Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti Laut Atlas. Samudra ini berbentuk memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan serta terbagi dua oleh garis khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan. Samudera Atlantik memiliki rata-rata kedalaman laut 3646 meter dengan kedalaman maksimal 8486 meter di Palung Puerto Riko.

3. Samudra Hindia

samudra terluas di dunia hindia

Luas Samudra : 70.560.000 km2
Lokasi : Berada di bagian selatan benua Asia, memisahkan benua Afrika dan Australia

Samudra Hindia adalah samudra terbesar ketiga di dunia, dengan luas 70 juta km persegi atau meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Samudra ini memiliki kedalaman rata-rata 3741 meter dan kedalaman maksimal 7906 meter yang ada di Palung Jawa. Letak Samudra Hindia memisahkan benua Afrika dan Australia dan berada di bagian selatan benua Asia. Samudra Hindia atau Samudra India adalah satu-satunya samudra yang menggunakan nama negara yaitu India.

4. Samudra Antartika

samudra terluas di dunia antartika

Luas Samudra : 21.960.000 km2
Lokasi : Berada di sekitar Antartika (bagian selatan Bumi)

Samudra Antartika adalah massa air laut yang mengelilingi benua Antartika. Sebelumnya wilayah perairan ini hanya dianggap sebagai perbatasan dari Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Namun mulai tahun 2000 wilayah perairan ini dianggap sebagai Samudra. Samudra Antartika juga disebut sebagai Lautan Selatan karena berada di bagian selatan bumi. Luasnya sebesar 21,9 juta km persegi. Kedalaman rata-rata samudera Antartika adalah 3270 meter sedangkan laut terdalamnya adalah 7236 meter.

5. Samudra Arktik

samudra terluas di dunia arktik

Luas Samudra : 15.558.000 km2
Lokasi : Bagian utara Eropa-Asia (Eurasia) dan Amerika Utara

Samudra Arktik berlokasi di belahan utara bumi dan kebanyakan berada di wilayah Arktik Kutub Utara. Samudra Arktik adalah samudra terkecl di dunia jika dibandingkan dengan 4 samudra di dunia lainnya. Luasnya adalah 15,5 juta km persegi. Rata-rata kedalaman lautnya adalah 1205 meter, sedangkan laut terdalamnya adalah 5450 meter. Hal ini membuat Samudra Arktik juga menjadi samudra terdangkal di dunia.

Nah itulah info mengenai daftar samudra terluas di dunia beserta penjelasan, letak dan kedalaman lautnya. Samudra Pasifik menjadi samudra terluas di dunia dengan luas perairan 168 juta km persegi sekaligus menjadi samudra terdalam di dunia dengan rata-rata kedalaman 3970 meter.

Tinggalkan komentar