7 Sapi Terbesar di Dunia yang Paling Berat Bobot Tubuhnya

7 Sapi Terbesar di Dunia yang Paling Berat Bobot Tubuhnya

Sapi identik dengan tubuhnya yang besar, kita sering meliatnya di berbagai kesempatan. Namun jika ditanya mana sapi terbesar di dunia, ini bukanlah pertanyaan yang mudah. Diperlukan pengukuran seksama mulai dari tinggi badan hingga berat tubuhnya.

Kebanyakan sapi sapi dengan tubuh besar berasal dari jenis tertentu, seperti sapi brahman, sapi chianina, sapi limosin, dan beberapa jenis lainnya. Tergantung dari kebutuhannya, sapi sapi super besar ini bisa dipelihara atau bahkan dipotong untuk dijadikan hewan qurban.

Seperti contoh sapi terbesar di Indonesia versi MURI, justru dipotong utnuk keperluan momen kurban idul adha pada tahun 2014 silam. Anda bia bayangkan berapa banyak daging yang dihasilkan dari sebuah sapi dengan berat mencapai 1 ton tersebut.

Namun sapi sapi bertubuh besar yang ada di Indonesia, masih tidak seberapa dibanding sapi di belahan negara lainnya. Setidakanya, untuk tingkat internasional, Guinness World Records telah mencatat dua ekor sapi dalam daftar sapi terbesar di dunia, yaitu sapi blossom asal Amerika Serikat dan sapi mount katahdin yang hidup tahun 1906 hingga 1910.

Daftar kali ini didominasi oleh sapi sapi berkualitas bagus dengan badan besar (gemuk) dan postur yang tinggi. Semuanya berada pada level diatas normal dari segi tinggi dan bobot tubuhnya. Beberapa diantaranya tercatat dalam buku rekor karena bentuknya yang sangat besar.

7 Sapi Terbesar di Dunia

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 7 sapi terbesar di dunia yang paling berat bobot tubuhnya. Semuanya telah dicatat tinggi dan beratnya untuk selanjutnya diurutkan berdasarkan perpaduan kedua indikator tersebut.

1. Sapi Blossom

Sapi Terbesar di Dunia

Sapi Blossom ini memiliki tinggi 1,95 meter dan berat sekitar 1 ton. Blossom tercatat dalam Guinness World Records sebagai sapi tertinggi di dunia yang pernah hidup, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh sapi Mount Katahdin. Blossom adalah sapi milik Patty Hanson, yang tinggal di sebuah peternakan di Orangeville, negara bagian Illinois, AS.

Patty memiliki Blossom sejak sapi itu berusia delapan pekan. Sejak lahir, ukuran Blossom sudah dua kali lebih besar dibanding sapi lain pada umumnya, dan tubuhnya semakin besar seiring bertambahnya usia. Namun sayang, Blossom mati pada usia 13 tahun karena cidera pada kakinya.

2. Sapi Mount Katahdin

Sapi Terbesar di Dunia

Sapi terbesar di dunia selanjutnya adalah sapi bernama Mount Katahdin. Sapi Mount Katahdin adalah sapi jenis Holstein Durham yang memang termasuk jenis sapi bertubuh besar. Mount Katahdin ini pertumbuhannya sangat sangat cepat, pada usia 4 tahun ia sudah memiliki tinggi 1,88 meter dan panjangnya 3,96 meter.

Sapi Mount Katahdin pernah tercatat dalam Guiness of Record dengan sebuah rekor dunia kategori sapi tertinggi. Sapi ini hidup tahun 1906 dan meninggal pada tahun 1910. Tubuh raksasanya hanya dicapai dalam kurun waktu 4 tahun saja.

3. Sapi Britain

Sapi Terbesar di Dunia

Sapi Britain ini adalah sapi yang berasal dari Inggris. Di Inggris, britain termasuk jenis sapi potong yang biasa dikonsumsi karena dagingnya yang tebal dan banyak.

Untuk pertumbuhan sapi Britain memang dikenal sangat cepat dari pada sapi yang lainnya. Sapi Britain ini memiliki berat 1,6 ton yang sekaligus menjadikannya salah satu sapi terberat di dunia hingga saat ini.

4. Sapi Chilli

Sapi Terbesar di Dunia

Sapi terbesar di dunia selanjutnya berasal dari Indonesia, yaitu sapi Chilli. Jenis sapi FH ini telah mendapatkan rekor muri sebagai sapi terbesar. Sapi ini merupakan hasil peternakan dari perusahaan di indonensia yang bernama PT Agro Fauna Kertosari.

Berat badan sapi Chilli sekitar 1 ton dan tingginya 1,97 meter. Karena merupakan sapi perah, Chilli bisa memproduksi 6,35 ribu liter susu sapi tiap tahunnya, yang mana merupakan rekor penghasil susu sapi terbanyak di Indonesia. Namun sayangnya, sapi Chilli ini dipotong sebagai hewan kurban Hari Raya Idul Adha tahun 2014.

5. Sapi Chili

Sapi Terbesar di Dunia

Sapi lembu chili ini berasal dari negara Inggris, tinggi tubuhnya sekitar 6 kaki 6 inchi atau sekitar 1,95 meter, dengan bobot tubuh sekitar 1,25 ton.

6. Sapi Bellino

Sapi Terbesar di Dunia

Selanjtnya ada sapi bernama Bellino yang merupakan milik seorang warga Italia bernama Giuseppe Sola. Sapi Bellino menjadi pusat perhatian masyarakat kota Roma, Italia karena sapi ini memiliki ukuran tubuh sangat besar.

Sapi Bellino memiliki tinggi tubuh sekitar 6 kaki 7 inchi atau setara 2.027 meter. Bellino ini merupakan jenis Chianina dan masyarakat sering menyebutnya sapi ini adalah lembu. Chianina ini memang dikenal sebagai jenis sapi dengan ukuran tubuh super besar.

7. Sapi Fiorino

Sapi Terbesar di Dunia

Terakhir ada sapi lembu bernama Fiorino milik seorang warga yang berasal dari Australia bernama Antonio Sola.  Sapi ini juga berasal dari jenis Chianina dengan model tubuh raksasanya.  Tinggi tubuh sapi florino mencapai sekitar 6 kaki 8 inchi atau sekitar 2,05 meter.

Demikianlah peringkat sapi terbesar di dunia dengan ukuran tubuh tertinggi dan terberat. Dalam daftar diatas, ada dua yang telah masuk dalam buku rekor dunia Guinness dan satu telah masuk dalam museum rekor dunia Indonesia.

Tinggalkan komentar