7 Sifat Benda Gas Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

7 Sifat Benda Gas Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Di dunia ada macam macam jenis benda yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Benda gas juga memiliki sifat-sifat dan ciri-ciri sendiri. Sifat sifat benda gas ini cukup unik dan berbeda dibanding sifat benda padat atau sifat benda cair. Selain itu terdapat perubahan wujud zat padat ke zat lain. Kali ini akan kami jelaskan sifat benda gas beserta pengertian benda gas, ciri-ciri benda gas, perubawah wujud benda gas serta contoh benda gas di sekitar kita selengkapnya.

Pengertian Benda Gas

Pengertian benda gas adalah suatu zat atau benda yang mempunyai volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat. Menurut KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia), definisi benda gas adalah zat ringan yang sifatnya seperti udara atau tingkat wujud zat yang molekul-molekulnya bergerak bebas sehingga seluruh massa cenderung mengembang dan menempati seluruh volume wadahnya.

sifat benda gas

Sifat Benda Gas

Tiap jenis benda (padat, cair, gas) memiliki ciri-ciri dan sifat masing-masing. Lalu apa saja sifat sifat zat gas? Berikut kami akan menjelaskan sifat benda gas beserta pembahasan lengkapnya.

Benda gas terdapat di segala tempat

Sadarkah kamu jika benda gas ada dimana-mana. Ya, benda gas ada di segala tempat, di rumah, di kamar, di jalan dan di tempat mana pun. Manusia bisa bertahan hidup juga karena menghirup oksigen. Meski wadah terlihat kosong, namun sebenarnya terdapat udara yang tidak bisa dilihat dengan mata.

Mengisi seluruh ruangan yang ditempati

Sifat benda gas salah satunya adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Misalnya saat kita meniup balon, maka semua udara menempati ruangan dalam balon tersebut.

Menekan ke segala arah

Benda gas juga memiliki ciri-ciri yaitu menekan ke segal arah. Contohnya saat meniup balon, maka balon akan mengembang ke segala bagian dikarenakan tekanan gas ke segala arah.

Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah

Benda gas juga memiliki partikel-partikel penyusun. Jarak antar partikel-partikel yang ada pada benda gas tidak tetap dan selalu berubah-ubah sehingga bentuk benda gas pun tidak tetap.

Susunan partikel benda gas tidak teratur

Selain jarak antar partikel yang berubah-ubah, susunan partikel benda gas juga tidak teratur melebihi benda padat dan benda cair.

Gerakan antar partikel bebas

Selain susunan partikelnya yang tidak teratur, gerakan antar partikel pada zat gas juga sangat bebas, bahkan lebih bebas dibandingkan partikel pada benda cair.

Gaya tarik menarik benda gas lemah

Gaya tarik menarik antar partikel pada benda gas sangat lemah, bahkan hampir tidak ada, tidak seperti benda padat atau benda cair.

Ciri-Ciri Benda Gas

Dari sifat sifat benda gas yang ada, secara umum terdapat beberapa ciri-ciri zat gas yang bisa dirangkum sebagai berikut.

  • Benda gas mempunyai massa
  • Volume benda gas tidak tetap
  • Bentuk benda gas berubah-ubah
  • Gaya tarik antar partikel benda gas sangat lemah
  • Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  • Sususan partikel benda gas tidak teratur
  • Gerak antar partikel benda gas bebas
  • Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  • Benda gas menekan ke segala arah
  • Benda gas terdapat di segala tempat

Perubahan Wujud Benda Gas

Benda gas juga bisa berubah wujud menjadi zat lain seperti benda padat atau benda cair. Perubahan wujud zat gas ini meliput dua hal yaitu:

Perubahan Wujud Benda Gas ke Padat (Mengkristal)

Perubahan wujud gas menuju benda padat disebut mengkristal. Benda gas bisa berubah menjadi benda padat jika zat melepaskan energi panas. Peristiwa perubahan zat ini disebut sebagai mengkristal. Contoh benda gas menjadi padat adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

Perubahan Wujud Benda Gas ke Cair (Mengembun)

Perubahan wujud gas menuju benda cair disebut mengembun. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh benda gas menjadi cair adalah rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.

Contoh Benda Gas

Terdapat banyak contoh contoh benda gas. Contoh benda gas dapat ditemui di sekitar kita pada kehidupan sehari-hari. Bahkan benda gas selalu ada dimana-mana karena gas adalah udara itu sendiri. Kita juga bisa hidup karena menghirup oksigen di sekeliling kita. Berikut adalah sejumlah contoh bendat gas di sekitar kita pada kehidupan sehari-hari lengkap.

  • Udara
  • Asap
  • Uap
  • Oksigen
  • Karbondioksida
  • Nitrogen
  • Helium
  • Sulfur
  • dan lain-lain

Nah itulah sekilas ilmu pengetahuan mengenai definisi dan pengertian benda gas, ciri-ciri dan sifat benda gas, perubahan wujud benda gas beserta contoh benda gas di sekitar kita lengkap.

Tinggalkan komentar