10 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara Beserta Letak Negaranya

10 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara Beserta Letak Negaranya

Daftar 10 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara Beserta Letak Negaranya – Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sungai merupakan bagian dari siklus hidrologi. Air umumnya terkumpul di sungai dari curah hujan melalui cekungan drainase dari limpasan permukaan dan sumber lainnya seperti pengisian air tanah, mata air, dan pelepasan air yang tersimpan di es dan salju alami .

Sungai juga terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Pengujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.

10 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara Beserta Letak Negaranya
Sungai Mekong – Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Di Kawasan Asia Tenggara atau akrab disebut ASEAN sendiri terdapat bayak sekali sungai sungai utama yang mengalir antar negara. Sungai sungai terbesar ini memiliki ukuran panjang yang luar biasa sehingga lokasinya bisa berada di beberapa negara sekaligus. Bahkan ada satu sungai yang saking panjangnya sampai melintasi tiga negara sekaligus. Predikat sungai terpanjang di kawasan Asia Tenggara ini memiliki panjang mulai dari ratusan hingga ribuan kilometer. Ada juga beberapa sungai yang lokasinya berada di Indonesia dalam daftar 10 besar ini.

Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Nah kira kira mana sajakah sungai paling panjang di Asia Tenggara? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini daftar 10 sungai terpanjang di Asia Tenggara lengkap beserta letak negara dan penjelasannya.

1 . Sungai Mekong

Mekong adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara saat ini dan merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia serta yang terpanjang ke-7 di Asia. Diperkirakan panjangnya adalah 4.350 km (2.703 mi) dan mengangkut area seluas 795.000 km2 (307.000 sq mi) dan menghabiskan/melepas 475 km3 (114 cu mi) air setiap tahunnya. Mulai dari Tibet sungai mekong mengalir melalui Cina provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk kedalam Komisi Sungai Mekong. Ini sekaligus menjadikan Mekong sebagai sungau terbesar di Asia Tenggara dalam segala aspeknya.

2. Sungai Salween

Sungai Salween adalah sungai yang terpanjang di negara Myanmar dan terpanjang kedua di Asia Tenggara. Panjang Sungai Salween secara keseluruhan mencapai 2.815 km (1.749 mil). Di RRC sungai ini dinamakan Sungai Nujiang. Jalur aliran Sungai Salween terbagi antara China, Myanmar dan Thailand. Sungai Salween mengalir dari Dataran Tinggi Tibet ke Laut Andaman di Asia Tenggara. Salween adalah salah satu sungai dengan arus bebas terpanjang di dunia.

3. Sungai Irrawaddy

Sungai Irrawaddy atau Sungai Ayeyarwady adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara urutan ke tiga dengan panjang 2.170 km yang mengalir melewati Myanmar dari utara ke selatan. Sungai ini merupakan yang terpenting di Myanmar dalam hal perdagangan (jalur sungai) dan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) sekitar 411.000 km². Sungai Irrawaddy berasal dari pertemuan sungai N’mai dan Mali.

4. Sungai Chindwin

Sungai Chindwin adalah sebuah sungai di Burma (Myanmar) dan anak sungai terbesar dari sungai utama dari negara tersebut yakni Sungai Ayeyarwady (Irrawaddy). Sungai tersebut mengalir di Burma dan dikenal dengan sebutan Ning-thi oleh orang Manipuri. Panjangnya mencapai 1.207 km.

Sungai Chindwin ini mengalir melalui tengah dataran, bergabung dengan Tabye, Tawan, dan sungai Taron dari tepi kanan. Sungai-sungai ini mengalirkan pegunungan ke utara dan timur laut lembah Hukawng.

5. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Asia Tenggara selanjutnya adalah sungai Kapuas yang berlokasi di negara Indonesia dari pulau Kalimantan. Sungai Kapuas panjangnya mencapai 1.143 kilometer (710 mil) sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia. Sungai kapuas ini berasal dari pegunungan Müller di pusat pulau dan mengalir ke barat menuju Laut Cina Selatan dan menciptakan delta berawa yang luas. Delta tersebut terletak di sebelah barat-barat daya Pontianak, Kalimantan Barat.

6. Sungai Fly

Sungai Fly adalah sungai terpanjang kedua di Papua Nugini dan mengalir dari Pegunungan Emanuel Victor di dataran tinggi tengah serta mengalir melalui bagian tenggara negara itu ke Teluk Papua. Panjang sungai ini mencapai 1.050 kilometer.

Sungai ini mengalir melalui hutan ngarai di hulunya, sedangkan lembah memperluas dalam perjalanannya lebih rendah, melintasi dataran dan rawa-rawa. Sungai Fly juga merupakan bagian dari perbatasan antara Papua Nugini dan provinsi Papua Indonesia. Di daerah muara mempunyai lebar 53 kilometer (33 mil).

7. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam adalah sungai di provinsi Kalimantan, Indonesia. Sungai mahakam ini mengalir 980 km dari distrik Apari Panjang di dataran tinggi Kalimantan sampai ke bibirnya di Selat Makassar. Sungai mahakam mengalir melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

8. Sungai Barito

Sungai terpanjang di Asia Tenggara selanjutnya adalah sungai Barito dengan panjang 890 kilometer (550 mil) dan  cekungan drainase seluas 100.000 kilometer persegi (39.000 sq mi), debit rata-rata sungai adalah 194.230 kaki kubik per detik (5.500 m3 / s). Sungai barito ini terletak di Kalimantan Selatan , Indonesia.

Sungai barito ini berasal dari Pegunungan Muller dari tempat ia mengalir ke selatan menuju Laut Jawa. Sungai ini bertemu dengan muara sungai Negara di propinsi Kalimantan Selatan dan alirannya yang menuju ke hilir sungai disebut Sungai Banjar.

9. Sungai Batang Hari

Batang Hari (atau Sungai Hari) adalah sungai terpanjang di pulau Sumatera-Indonesia dengan panjang sekitar 800 km serta menjadi salah satu yang terpanjang di level Asia Tenggara. Mata airnya berasal dari Gunung Rasan (2585 m) dan yang menjadi hulu dari sungai Batang Hari ini adalah sampai kepada Danau Di atas, yang sekarang masuk kepada wilayah Kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, dan mengalir ke selatan sampai ke daerah Sungai Pagu, sebelum berbelok ke arah timur.

Aliran dari sungai Batang Hari ini melalui beberapa daerah yang ada di provinsi Sumatera Barat dan provinsi Jambi, seperti Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebelum lepas ke perairan timur sumatera dekat Muara Sabak.

10. Sungai Chi

Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang terakhir adalah Sungai Chi yang letaknya di negara Thailand. Sungai Chi mengalir sepenuhnya di Thailand. Panjang sungai ini adalah 765 kilometer (475 mil). Namun pada musim hujan sering terjadi banjir bandang di dataran banjir lembah Sungai Chi.

Demikianlah informasi mengenai daftar 10 sungai terpanjang di Asia Tenggara beserta negaranya. Beberapa diantaranya adalah sungai sungai yang berasal dari Indonesia. Dan akhir kata semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar