10 Sungai Terpanjang di Asia Lengkap Beserta Letak Negaranya

10 Sungai Terpanjang di Asia Lengkap Beserta Letak Negaranya

Apa sungai terpanjang di Asia? Terdapat banyak sungai terkenal di benua Asia, baik dari Asia Utara, Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan atau Asia Tenggara. Benua Asia memang dikenal memiliki banyak kekaayan alam, termasuk adanya sungai dengan aliran panjang. Apa saja yang masuk dalam daftar 10 sungai terpanjang di benua Asia dan berapa panjang aliran sungai tersebut?

Pengertian sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber sungai) menuju hilir (muara sungai). Hulu sungai biasanya berasal dari daerah pegunungan, sedangkan muara sungai adalah wilayah perairan, danau, lautan atau bahkan samudera. Sungai juga terdiri dari beberapa bagian, mulai dari mata air, anak sungai hingga ujung sungai. Sungai juga bisa bercabang menjadi beberapa bagian, inilah yang disebut dengan anak sungai.

Fungsi utama sungai adalah sebagai siklus hidrologi. Selain itu, sungai memiliki banyak fungsi dan manfaat, seperti membantu sistem irigasi pertanian, tempat penampungan air hujan, bahan baku air minum dan menambah sistem drainase air. Di beberapa negara berkembang di Asia seperti Indonesia, sungai juga digunakan untuk aktivitas mandi dan mencuci pakaian.

Terdapat banyak sungai terpanjang di dunia dengan aliran sungai besar dan lebih dari 1000 km. Sungai terpanjang di dunia saat ini adalah sungai Nil di Afrika Utara dan sungai Amazon di Amerika Selatan. Sedangkan sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas. Lalu bagaimana dengan sungai terpanjang di benua Asia?

10 Sungai Terpanjang di Asia

Berikut ini merupakan list nama sungai terpanjang di benua Asia. List berikut ditampilkan lengkap beserta panjang sungai (dalam satuan kilometer), negara yang dilewati aliran sungai, muara sungai serta penjelasan singkat. Inilah daftar 10 sungai terpanjang di Asia beserta letak negaranya terbaru.

1. Sungai Yangtze

sungai terpanjang di asia yangtze

Panjang sungai : 6357 km
Negara : Republik Rakyat Cina
Muara sungai : Laut Cina Selatan

Sungai terpanjang di Asia adalah sungai Yangtze. Panjang sungai ini adalah 6300 kilometer. Sungai ini terletak di negara Republik Rakyat Cina dan bermuara di Laut Cina Selatan. Sungai Yangtze juga menempati urutan 3 sungai terpanjang di dunia setelah sungai Nil (Mesir) dan sungai Amazon (Brasil). Di Cina, nama sungai ini juga disebut sebagai sungai Chang Jiang yang berarti sungai panjang.

2. Sungai Kuning

Panjang sungai : 5464 km
Negara : Republik Rakyat Cina
Muara sungai : Laut Bohai

Yellow river atau sungai Kuning juga termasuk salah satu sungai paling panjang di Asia dengan panjang aliran sungai mencapai 5464 km. Seluruh alirann sungai berada di negara Republik Rakyat Cina dan berasal dari gunung Bayan Har di wilayah Cina bagian timur. Sungai ini bermuara di perairan Laut Bohai. Nama lain dari sungai Kuning ini adalah sungai Huang He.

3. Sungai Lena

Panjang sungai : 4472 km
Negara : Rusia (bagian Asia)
Muara sungai : Laut Laptev

Sungai terpanjang di benua Asia berikutnya adalah sungai Lena. Sungai ini berada di negara Rusia bagian Asia. Seperti diketahui bahwa Rusia memiliki wilayah di benua Eropa dan Asia dan sungai Lena ini ada di bagian benua Asia. Panjang sungai Lena adalah 4472 km. Sungai Lena bersumber dari Gunung Bakai dan bermuara di Laut Laptev di perairan Samudera Arktik. Sungai ini menjadi salah satu sungai terbesar di Asia.

4. Sungai Mekong

sungai terpanjang di asia mekong

Panjang sungai : 4350 km
Negara : Republik Rakyat Cina, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, Vietnam
Muara sungai : Laut Cina Selatan

Sungai Mekong termasuk dalam 10 sungai terpanjang di Asia. Sungai termasuk sungai yang melintasi beberapa negara, yaitu Cina serta beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Panjang sungai yaitu 4350 km dan bermuara di perairan Laut Cina Selatan. Sebagian besar wilayahnya ada di Myanmar dan menjadi sungai terpanjang di Myanmar. Selain itu, sungai ini pun menjadi sungai terpanjang di ASEAN.

 

5. Sungai Irtysh

sungai terpanjang di asia irtysh

Panjang sungai : 4248 km
Negara : Rusia (bagian Asia), Kazakhstan, Republik Rakyat Cina, Mongolia
Muara sungai : Teluk Ob

Dengan panjang 4248 km, sungai Irtysh termasuk dalam 5 sungai terpanjang di Asia. Sungai ini melintasi beberapa negara di wilayah Asia Utara, seperti Rusia bagian Asia, Kazakhstan, Mongolia dan Cina. Sungai ini bersumber dari wilayah pegunungan di Mongolia. Sungai ini memiliki drainase besar di benua Asia, tepatnya di wilayah Siberia bagian barat. Muara dari sungai Irtysh adalah teluk Ob.

6. Sungai Brahmaputra

sungai terpanjang di asia brahmaputra

Panjang sungai : 3848 km
Negara : India, Republik Rakyat Cina, Nepal, Bangladesh, Bhutan
Muara sungai : Sungai Gangga

Sungai Brahmaputra memiliki panjang 3848 km. Letak sungai ini melewati negara India, Cina, Nepal, Bangladesh dan Bhutan. Aliran sungai ini berasal dari pegunungan Himalaya di Tibet dan bermuara di Sungai Gangga, salah satu sungai terkenal di Asia yang melewati negara India dan beberapa negara lain. Sebagian besar aliran sungai Brahmaputar (58%) melewati negara India.

7. Sungai Ob

sungai terpanjang di asia ob

Panjang sungai : 3650 km
Negara : Rusia (bagian Asia), Kazakhstan, Republik Rakyat Cina Mongolia
Muara sungai : Teluk Ob

Sungai Ob memiliki panjang sungai mencapai 3650 km dan menjadi sungai terpanjang di dunia ke-11. Sungai ini termasuk sungai yang melintasi beberapa negara seperti Rusia bagian Asia, Kazakhstan, Republik Rakyat Cina dan Mongolia. Sumber aliran sungai berasal dari Gunung Belukha dan Sungai Biya, sedangkan muaranya adalah Teluk Ob yang kemudian diteruskan ke Samudera Arktik. Sungai ini menjadi salah satu sungai terdalam di Asia.

8. Sungai Indus

Panjang sungai : 3610 km
Negara : Pakistan, India, Republik Rakyat Cina
Muara sungai : Laut Arab

Sungai Indus merupakan salah satu sungai terpanjang di Asia dengan panjang 2900 km. Sungai ini juga disebut sebagai sungai Sindhu dan sungai Abasin. Letak sungai ini melintasi negara Pakistan, India, Cina serta daerah Kashmir, yaitu daerah perbatasan antara Pakistan-Cina-India. Sungai ini bermuara di Laut Arab dan menjadi salah satu sungai terpanjang di Asia Selatan.

9. Sungai Yenisei

sungai terpanjang di asia yenisei

Panjang sungai : 3438 km
Negara : Rusia (bagian Asia), Mongolia
Muara sungai : Laut Kara

Sungai Yenisei juga termasuk salah satu sungai yang paling panjang di benua Asia dengan panjang mencapai 3438 km. Letak sunga ini berada di negara Rusia dan Mongolia. Sungai Yenisei bermuara di Teluk Yenisei di perairan Laut Kara. Sama seperti sungai Lena dan sungai Ob, sungai Yenisei ini termasuk salah satu sungai besar di Siberia yang alirannya sampai ke Samudera Arktik.

10. Sungai Nizhnyaya Tunguska

sungai terpanjang di asia nizhnyaya tunguska

Panjang sungai : 2989 km
Negara : Rusia
Muara sungai :  Sungai Yenisei

Satu lagi sungai terpanjang yang ada di Rusia. Sungai bernama Nizhnyaya Tunguska ini memiliki panjang mencapai 2989 km. Sumber sungai berasal dari aliran Siberia Tengah, sedangkan muaranya diteruskan ke sungai Yenesei yang juga berada di kawasan Siberia, Rusia. Sungai ini mengalir dari Irkutsk Oblast sampai ke wilayah Krasnoyarsk Krai di wilayah Rusia bagian Asia.

Demikianlah informasi mengenai daftar 10 sungai terpanjang di Asia beserta letak negara, panjang sungai dan muara sungainya. Kebanyakan sungai terpanjang di Asia ada di wilayah Asia Utara atau Asia Selatan dan tidak ada sungai yang berasal dari Asia Barat (Timur Tengah) atau Asia Timur. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar