15 Sungai Terpanjang di Dunia Beserta Letak dan Gambarnya

15 Sungai Terpanjang di Dunia Beserta Letak dan Gambarnya

15 Sungai Terpanjang di Dunia Beserta Letak dan Gambarnya – Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sebuah sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai.

Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.

Sungai memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat. Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, sarana transportasi, pembangkit listrik, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, juga untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Di muka bumi ini, ada begitu banyak sungai sungai luar biasa, dengan berbagai keaneka ragaman dan karakterisiknya yang berbeda-beda. Dan dari banyak sungai yang ada, beberapa diantaranya memiliki ukuran panjang jauh diatas sungai sungai lainnya.

Sebuah sungai bahkan bisa mencapai panjang 5000 km, dan melintasi beberapa negara sekaligus. Air terjun, tempat berbagai hewan berbahaya hingga ajang wisata bisa anda temui di sungai sungai super besar ini, yang sekaligus menopang kebutuhan makhluk hidup di bumi.

Untuk menentukan mana sungai terpanjang di dunia tidaklah mudah, telah terjadi perdebatan apakah sungai nil atau sungai amazon yang layak menyandang predikat sebagai sungai terpanjang dunia. Namun baru baru ini terjadi kesepakatan yang menetapkan bahwa sungai nil sedikit lebih panjang dari sungai amazon.

Sungai nil ini panjangnya sekitar 6.800 km, saking panjangnya, sungai nil mengalir melewati 9 negara. Selanjutnya disusul oleh sungai amazon, kemudian sungai yangtze hingga sungai mississippi.

15 Sungai Terpanjang di Indonesia

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 15 sungai terpanjang di dunia lengkap beserta ukuran panjang, lokasi negara dan gambarnya. Daftar dibawah ini bisa juga dikatakan sebagai sungai terbesar di dunia, dikarenakan dari aspek panjang, luas area dan volume airnya, mereka adalah yang paling unggul dibanding sungai sungai lainnya.

1. Sungai Nil

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 6.853 km
Letak : Afrika

Sungai Nil berlokasi di benua Afrika, adalah satu dari dua sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mengalir sepanjang 6.853 km dan melewati tak kurang dari sembilan negara yaitu : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan tentu saja Mesir.

Sungai Nil mempunyai peranan sangat penting dalam peradaban, kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu sumbangan dari sungai Nil adalah kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya.

2. Sungai Amazon

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 6.516 km
Letak : Amerika Selatan

Selanjutnya ada sungai Amazon yang terkenal, tempt berbagai spesies hewan dan sungai paling berbahaya di dunia. Amazon terletak di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang di dunia urutan ke dua. Sungai Amazon memiliki total aliran air terbesar dari sungai manapun, lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze jika ketiganya digabungkan. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap “terkuat” (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).

Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Jumlah aliran Amazon adalah seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

3. Sungai Yangtze

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 6.300 km
Letak : RRC

Sungai Yangtze (Changjiang) adalah sungai terpanjang di Cina dan di Asia. Secara keseluruhan, Sungai Yangtze adalah sungai ketiga terpanjang di muka bumi. Sungai ini menjadi batas selatan kebudayaan kuno Cina yang berada di antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Yangtze di selatan.

Sungai Yangtze melalui 11 area antara lain Shanghai, Chongqing, Yunnan, Hunan, Tibet, Jiangsu, Sichuan, Hubei, Qinghai, dan Anhui.

4. Sungai Mississippi

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 5.970 km
Letak : Amerika Serikat

Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Sungai ini memiliki panjang 3,734 km (2,320 mi) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko.

Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir dari selatan melintasi tengah AS. Mengalir melewati negara bagian Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi. Muara Mississippi ialah di negara bagian Louisiana, selatan kota New Orleans. Mississippi bermuara di Teluk Meksiko.

5. Sungai Yenisei

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 5.540 km
Letak : Rusia

Yenisei adalah sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik, dan dengan kepanjangan 5.539 km merupakan sungai terpanjang ke-5 di dunia. Sungai ini terletak di Negara Rusia. Di bagian tengah sungai ini terdapat bendungan hidroeletkrik besar. Namun, berbagai kontaminasi industri menjadi masalah di sungai ini.

Bagian dari sungai ini sebenarnya memiliki dua anak sungai, yaitu Sungai Angara dan Selenga. Cekungan air Yenisei mencakup total 2,5 juta kilometer persegi.

6. Sungai Kuning

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 5.464 km
Letak : RRC

Sungai Kuning (bahasa Inggris: Yellow River) adalah sungai yang penting di Republik Rakyat China Utara yang menjadi pusat kebudayaan Cina bersama-sama dengan Sungai Panjang (Yangtze) di selatan. Dengan panjang 5.464 km, sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Tiongkok setelah Sungai Yangtze.

Sungai ini berasal dari Pegunungan Cina Barat Bayan Har, mengalir melalui 9 provinsi dan bermuara di Laut Bohai di Cina Utara. Cekungannya mencakup area seluas 742, 442 kilometer persegi.

7. Sungai Ob

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 5.410 km
Letak : Rusia

Sungai Ob merupakan salah satu sungai di Siberia bagian barat, Rusia. Sungai ini memiliki panjang 5.410 km. Kota utama yang bermuara di sungai ini ialah Biysk, Barnaul, Novosibirsk, Nizhnevartosk, dan Surgut. Pada musim dingin, sungai ini membeku dari bulan November hingga April.

Sungai Ob adalah salah satu sungai tercepat di dunia, dengan debit air rata-rata 12.475 meter kubik per detik. Juga salah satu yang terbesar, dengan cekungannya mencakup total 2,99 juta kilometer persegi.

8. Sungai Parana

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.880 km
Letak : Amerika Selatan

Sungai Parana adalah sungai yang mengalir melalui wilayah Brasil, Paraguay dan Argentina sepanjang 4.880 kilometer. Sungai ini terbentuk pada muara sungai Paranaiba dan Grande di Brasil selatan. Dari muara, sungai mengalir sepanjang 619 km ke arah barat daya sebelum memasuki kota Saltos del Guaira, Paraguay. Selanjutnya, sepanjang 200 km, sungai Parana mengalir ke selatan dan membentuk batas antara Paraguay dan Brasil hingga muara dengan sungai Iguazu.

Setelah bergabung dengan Iguazu, Parana lalu menjadi batas antara Paraguay dan Argentina. Sungai terus mengalir ke selatan sekitar 468 km sebelum berputar ke barat sepanjang 820 km, lalu bertemu dengan sungai Paraguay. Dari pertemuan dengan sungai Paraguay, Parana lalu mengalir ke selatan sepanjang 820 km melalui Argentina. Sungai Parana terus pengalir sepanjang kurang dari 500 km sebelum bergabung dengan sungai Uruguay.

9. Sungai Kongo

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.700 km
Letak : Afrika

Sungai Kongo (juga disebut Sungai Zaire) adalah sungai terbesar di Afrika Tengah bagian Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4.700 km, menjadikannya sebagai sungai terbesar kedua di Afrika (setelah sungai Nil). Sungai ini mengalir melalui hutan hujan terbesar di dunia]. Nama Kongo berasal dari Kerajaan Kongo. Dari tahun 1971 sampai 1997, pemerintah Zaire menyebutnya Sungai Zaire.

10. Sungai Amur

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.444 km
Letak : Asia

Sungai Amur atau Heilong Jiang atau Sahaliyan Ula (Manchu) membentuk perbatasan antara Timur Jauh Rusia dengan Tiongkok Timur Laut. Sungai Amur merupakan simbol dan paktor geopolitik penting dalam hubungan Tiongkok-Rusia. Amur sangat penting pada periode perpecahan Sino-Soviet tahun 1960-an. Dengan panjang 4.444 km, jelas menempatkannya sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia.

11. Sungai Lena

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.399 km
Letak : Rusia

Sungai Lena merupakan sungai yang terletak di Siberia. Panjangnya 4.399 km. Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal. Sungai lena juga memiliki 9 DAS terbesar di dunia. Luas total yang dicakup oleh cekungan Sungai Lena adalah 2,4 juta kilometer persegi, membuatnya menjadi salah satu sungai terbesar di dunia berdasarkan area.

12. Sungai Mekong

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.350 km
Letak : Asia

Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475 km³ air setiap tahunnya), sungai ini mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet dan mengalir melalui Cina provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk kedalam Komisi Sungai Mekong.

13. Sungai Mackenzie

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.241 km
Letak : Kanada

Terletak di Northwestern Canada, Mackenzie adalah sistem sungai terbesar di Kanada. Sungai Mackenzie mengalir melalui Northern Territories sebelum mengalir ke Samudera Arktik.

Sistem Sungai Mackenzie sebenarnya adalah yang terbesar kedua di Amerika Utara (setelah Mississippi-Missouri). Cekungannya mencakup area seluas 1,8 kilometer persegi. Sistem sungai mengandung tiga danau Kanada (Great Slave, Athabasca, Great Bear), dan lebih dari setengah lusin sungai lain (termasuk Slave, Athabasca, Peace, Nahanni, dan lain-lain).

14. Sungai Niger

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 4.180 km
Letak : Afrika

Terletak di Afrika Barat, Niger adalah sungai terpanjang di Afrika urutan ke 3. Sungai ini bermula di Dataran Tinggi Guinea di negara Guinea. Kemudian melewati berbagai negara lain termasuk Nigeria, Burkina Faso, Aljazair, Kamerun, dan Niger. Kemudian sungai  mengalir ke delta besar yang dikenal sebagai Delta Niger, dan akhirnya menuju ke Samudra Atlantik di Teluk Guinea. Sungai Niger mencakup area seluas 2,09 juta kilometer persegi.

15. Sungai Murray

Sungai Terpanjang di Dunia

Panjang : 2.508 km
Letak : Australia

Terletak di Australia, Sungai Murray adalah sungai terpanjang di Australia. Dengan panjang 2.508 km, menempatkannya sebagai sungai terpanjang ke 15 di dunia. Sungai Murray dimulai di pegunungan Alpen Australia. Kemudian melewati Australia selatan, sebelum berujung ke Laut Selatan. Murray memiliki cekungan yang mencakup area seluas 1.061 juta kilometer persegi.

Demikianlah daftar 15 sungai terpanjang di dunia lengkap beserta ukuran panjang, gambar dan letaknya. Sungai sungai besar diatas sangat bermanfaat dan menopang kehidupan sebagian besar umat manusia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua.

Tinggalkan komentar