Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Beserta Contoh dan Penjelasannya

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Beserta Contoh dan Penjelasannya

Manusia adalah makhluk sosial yang berinteraksi dengan manusia lain. Interaksi sosial terjadi hampir tiap hari. Namun apa sebanyarnya yang menyebabkan adanya sebuah hubungan sosial? Apa penyebab dan syarat terjadinya interaksi sosial tersebut? Dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan syarat interaksi sosial beserta contoh dan macam-macamnya lengkap.

Secara umum interaksi sosial hubungan sosial antara individu ataupun kelompok yang dinamis dan saling mempengaruhi. Terdapat beberapa faktor pendorong interaksi sosial dan juga faktor penghambat interaksi sosial. Selain banyak unsur dan bentuk-bentuk interaksi sosial, mulai dari interaksi sosial asosiatif hingga interaksi sosial disosiatif.

Sebelum semua itu, tentu ada alasan mengapa ada sebuah interaksi. Ya, dalam ilmu sosiologi terdapat syarat terjadinya interaksi sosial. Artinya sebuah interaksi sosial baru dibilang terjadi jika telah memenuhi syarat syarat interaksi sosial berikut.

syarat terjadinya interaksi sosial

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Interaksi sosial terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tiap hari kita berinteraksi dengan orang atau kelompok lain. Tentu terdapat syarat interaksi sosial hingga terjadi hubungan dengan orang lain. Secara umum terdapat 2 syarat utama interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan adanya komunikasi antar pelaku interaksi. Berikut merupakan penjelasan syarat terjadinya interaksi sosial.

1. Adanya Kontak Sosial

Kontak sosial menjadi syarat interaksi sosial yang utama. Tiap interaksi antar 2 atau lebih orang selalu terlibat dalam suatu kontak sosial. Pengertian kontak sosial adalah  hubungan antara seseorang dengan orang lain yang dilakukan melalui sebuah komunikasi berdasarkan tujuan dan maksud masing-masing dalam kehidupan masyarakat. Kontak sosial tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik karena bisa melalui media lain seperti telepon, radio atau internet. Terdapat beberapa pembagian kontak sosial dilihat dari beberapa faktor sebagai berikut.

Berdasarkan dampaknya terdapat 2 macam kontak sosial yaitu :

  • Kontak sosial positif yaitu kontak sosial yang mengarah pada suatu kerja sama
  • Kontak sosial negatif yaitu kontak sosial yang mengarah pada suatu pertentangan atau konflik

Berdasarkan medianya terdapat 2 macam kontak sosial yaitu :

  • Kontak sosial primer atau kontak sosial langsung yang terjadi jika peserta interaksi bertemu atau tatap muka secara langsung
  • Kontak sosial sekunder atau kontak sosial tidak langsung yang terjadi jika interaksi dilakukan melalui media atau perantara seperti handphone atau internet

Berdasarkan pesertanya terdapat 3 jenis kontak sosial yaitu :

  • Kontak sosial antara individu dengan individu, contohnya dua orang sedang berbicara
  • Kontak sosial antara individu dengan kelompok, contohnya guru memberi penjelasan pada murid
  • Kontak sosial antara kelompok dengan kelompok, contohnya rapat perundingan antar 2 organisasi

2. Adanya Komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu syarat terjadinya interaksi sosial yang paling penting. Tanpa adanya komunikasi maka tidak mungkin terjadi suatu hubungan sosial. Pengertian komunikasi hadalah ubungan atau interaksi antara seseorangan dengan orang lain. Komunikasi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Secara umum terdapat lima unsur unsur komunikasi yaitu :

  1. Komunikator, yaitu orang yang menyampaikan pesan, perasaan atau pikiran kepada pihak lain
  2. Komunikan, yaitu orang atau sekelompok orang yang mendapat pesan, pikiran atau perasaan tersebut
  3. Pesan, yaitu isi yang disampaikan oleh komunikator dapat berupa informasi, instruksi dan pikiran
  4. Media atau perantara, yaitu alat untuk menyampaikan pesan bisa berupa lewat lisan, tulisan atau gambar
  5. Efek atau dampak, yaitu perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan

Berdasarkan tahapannya, terdapat tiga tahapan dalam komunikasi yaitu :

  • Encoding yaitu ketika gagasan atau program masih direncakan dan akan dikomunikasikan atau diwujudkan dalam kalimat atau gambar
  • Penyampaian yaitu ketika istilah atau gagasan sudah diwujudkan dan disampaikan lewat lisan atau tulisan
  • Decoding yaitu tahapn setelah dilakukan proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar yang diterima menurut pengalaman yang dimiliki.

Nah itulah sekilas info pengetahuan mengenai pengertian interaksi sosial dan penjelasan syarat interaksi sosial beserta macam-macam dan contohnya lengkap. Semoga ingo syarat terjadinya interaksi sosial tersebut bisa bermanfaat dan bisa jadi referensi baru.

 

Tinggalkan komentar