10 Tambang Emas Terbesar di Dunia Beserta Lokasi & Jumlah Produksinya

10 Tambang Emas Terbesar di Dunia Beserta Lokasi & Jumlah Produksinya

10 Tambang Emas Terbesar di Dunia Beserta Lokasi dan Jumlah Produksinya -Emas adalah logam mulia yang menjadi pilihan banyak orang uutk keperluan investasi jangka panjang dikarenakan harganya yang stabil dan cenderung naik setiap tahunnya. Dalam kimia emas ada dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: ‘aurum’) dan nomor atom 79.

Emas juga digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara. Secara resmi di bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan dalam mata uang dolar Amerika. Emas dipasaran juga diproduksi menjadi berbagai macam jenis misalnya perhiasan, koin emas, medali hingga emas batangan.

Proses dalam menghasilkan emas ini diakukan dengan cara menambang. Terdapat banyak sekali pertambangan emas yang tersebar di seluruh belahan dunia. Di daerah pertambangan emas itulah, emas emas ditambang dan diproduksi hingga sampai ke tangan kita.

Berbagai tambang emas yang ada di seluruh dunia ini bermacam macam bentuk dan ukurannya, ada yang kecil dan ada juga yang sangat luas. Jumlah produksi masing masing tambang emas pun berbeda setiap tambangnya. Inilah yang akan dibahas kali ini yaitu manakah yang berpredikat sebagai tambang terbesar di dunia dari berbagai segi terutama jumlah produksi emasnya.

Dalam daftar 10 tambang emas terbesar di dunia ini, ada salah satu tambang yang letaknya berada di Indonesia yaitu tambang grasbreg yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia, tambang ini menempati urutan kedua sebagai tambang emas terbesar di dunia saat ini. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia saat ini.

Daftar 10 Tambang Emas Terbesar di Dunia

Lalu apa sajakah ranking 10 besar nama nama tambang emas paling besar di dunia? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini mengenai daftar 10 tambang emas terbesar di dunia beserta lokasi dan jumlah produksinya update terbaru tahun 2018

1. Muruntau

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 61.0 ton
Lokasi : Provinsi Navoi, Uzbekistan
Penambang : Navoi Mining & Metallurgy Combine

Tambang emas terbesar di dunia yang pertama adalah Muruntau. Kompleks pertambangan ini terletak di Uzbekistan dan terdiri dari operasi tambang terbuka dan operasi penumpukan serta diyakini menghasilkan sekitar 2,6 juta ons emas pada tahun 2014. Tambang terbuka terbuka memiliki dimensi 3,35 km – panjang, 2,5 km – lebar dan kedalaman 560 m.

2. Grasberg

10 Tambang Emas Terbesar di Dunia Beserta Lokasi & Jumlah Produksinya

Jumlah Produksi Emas : 35,2 ton
Lokasi : Provinsi Papua, Indonesia
Penambang : PT. Freeport Indonesia

Tambang emas Grasberg di Provinsi Papua Indonesia saat ini merupakan tambang emas terbesar di dunia dalam bentuk emas yang terkandung. Dari beberapa daftar lokasi tambang emas di Indnonesia, ini merupakan tambang emas yang terbesar. Perkiraan cadangan emas di Grasberg hingga Desember 2012 mencapai 70,968 juta ons. Operasi penambangan Grasberg terdiri dari lubang terbuka Grasberg dan dua tambang bawah tanah, yaitu DOZ dan Big Gossan.

Tambang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), anak perusahaan Freeport-McMoRan Copper & Gold (FCX). Tambang Graseberg ditemukan pada tahun 1988. Operasi pit terbuka dimulai pada tahun 1990 dan diperkirakan akan berlanjut hingga 2016. Tambang tersebut menghasilkan 862.000 ose emas pada tahun 2012, menghasilkan 165.000 ton bijih perhari. Ekspansi yang sedang berlangsung di tambang diperkirakan akan meningkatkan produksi menjadi 240.000 ton per hari pada tahun 2022.

3. Pueblo Viejo

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 34,5 ton
Lokasi : Provinsi Azua, Republik Dominika
Penambang : Barrick Gold Corporation

Tambang Pueblo Viejo ini terletak sekitar 100 km utara-barat Santo Domingo di Republik Dominika saat ini merupakan salah satu pertambangan emas terbesar di dunia. Cadangan emas Pueblo Viejo pada Desember 2012 mencapai 25Moz (302.9Mt dengan kadar emas 0,083oz / t), termasuk sekitar 3.888Moz yang terbukti dan 21Moz dari cadangan emas potensial.

Tambang ini dimiliki dan dioperasikan oleh Pueblo Viejo Dominicana Corporation (PVDC), yang merupakan usaha patungan antara Barrick Gold (60%) dan Goldcorp (40%). Tambang terbuka memanfaatkan sumber daya emas dari dua deposit oksida utama, yaitu Monte Negro dan Moore, serta tiga deposit kecil lainnya.

Pueblo Viejo dibawa ke produksi komersial pada Januari 2013. Tambang emas ini menghasilkan lebih dari 360.000 oz emas selama paruh pertama tahun 2013. Produksi setahun penuh dari Pueblo Viejo pada tahun 2013 diperkirakan menghasilkan emas lebih dari 800.000 oz. Kehidupan tambang emas diperkirakan lebih dari 25 tahun lagi.

4. Yanacocha

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 30,2 ton
Lokasi : Peru
Penambang : Newmont Mining Corporation

Tambang emas terbesar di Amerika Selatan ini terletak di provinsi dan departemen Cajamarca, sekitar 800 kilometer timur laut Lima, Peru. Operasi tambang emas Yanacocha terletak di antara 3.500 dan 4.100 meter di atas permukaan laut dengan kegiatan pembangunan di empat cekungan utama. Pada 2014, Yanacocha menghasilkan 0,97 juta ounces emas, atau 5% kurang sampai 2013 (1 juta ounces).

5. Carlin Trend

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 28,2 ton
Lokasi : Nevada, Amerika Serikat
Penambang : Newmont Mining Corporation

Kompleks tambang Carlin Trend Newmont yang berlokasi di Nevada dan terdiri dari tambang terbuka dan tambang bawah tanah dengan tambang terbuka tambang Gold Quarry menyumbang bagian terbesar untuk total produksi keseluruhan, yang mencapai 0,9 juta ounces pada tahun 2014, atau 13% kurang dari 2013 (1 juta ounces).

6. Cortez

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi  Emas : 28,1 ton
Lokasi : Nevada, Amerika Serikat
Penambang : Barrick Gold Corporation

Tambang emas Cortez terletak 100 km barat daya Elko, di Lander County, Nevada, AS, saat ini merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia. Tambang tersebut berisi cadangan emas 15.1Moz (306,19Mt dengan kadar 0,049oz / t emas), termasuk 2.089Moz yang terbukti dan 12.969Moz dari cadangan emas kemungkinan.

Tambang emas Cortez dimiliki dan dioperasikan oleh Barrick Gold. Produksi emas dari Cortez dimulai pada tahun 1969. Tambang tersebut menggunakan metode tambang terbuka dan bawah tanah. Emas dari lubang terbuka Cortez, Pipeline dan South Pipeline diekstraksi melalui metode open-pit konvensional. Metode penambangan dipotong dan diisi langsung digunakan untuk memanfaatkan zona bijih breksi. Cortez menghasilkan 760.000 ooz emas pada paruh pertama tahun 2013.

7. Goldstrike

tambang terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 28,1 ton
Lokasi : Nevada, Amerika Serikat
Penambang : Barrick Gold Corporation

Goldstrike adalah salah satu tambang emas terbesar di dunia yang ada di Barrick, terletak di dalam tren Carlin yang produktif di Nevada. Properti ini terdiri dari tambang terbuka Betze-Post dan tambang bawah tanah Meikle dan Rodeo.

Cadangan Goldstrike yang terbukti dan kemungkinan pada tanggal 31 Desember 2016 mencapai 8,1 juta ons emas. Pada 2017, diperkirakan akan menghasilkan antara 910.000 dan 950.000 ons emas dengan biaya bertahan sebesar $ 910 sampai $ 980 per ons.

8. Olimpiada

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 22,6 ton
Lokasi : Krasnoyarsk Krai, Rusia
Penambang : Polyus Gold

Tambang emas Olimpiada, yang terletak di wilayah Krasnoyarsk Siberia Timur, Rusia, saat ini menempati urutan ke delapan sebagai tambang emas terbesar di dunia. Cadangan emasnya terbukti dan diperkirakan diperkirakan mencapai 30,01Moz (283,17Mt dengan kadar emas 3,30g / t) per Desember 2012.

Tambang emas Olimpiada dimiliki dan dioperasikan oleh Polyus Gold. Tambang menggunakan metode open-pit konvensional dengan menggunakan sekop dan truk. Bijih yang diekstraksi diproses di dua tanaman di dekatnya dengan kapasitas tahunan gabungan delapan juta ton.

Produksi pertama di tambang emas Olimpiada terjadi pada tahun 1996. Tambang tersebut menghasilkan 653.000 ose emas pada tahun 2012. Kegiatan eksplorasi yang baru selesai di lokasi tambang memastikan perpanjangan yang signifikan dari umur tambang Olimpiada.

9. Veladero

tambang terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 22,5 ton
Lokasi : Provinsi San Juan, Argentina
Penambang : Barrick Gold Corporation

Tambang milik Barrick’s Veladero terletak di San Juan Provinsi Argentina, segera ke selatan proyek Pascua-Lama. Pada 2014, produksi emas meningkat di sini sebesar 11%, dari 0,6 menjadi 0,7 juta ounces.

10. Boddington

tambang emas terbesar di dunia

Jumlah Produksi Emas : 21,6 ton
Lokasi : Boddington, Australia
Penambang : Newmont Mining Corporation

Tambang emas Boddington yang dioperasikan Newmont ini terletak di dekat Boddington, Australia Barat. Tambang emas ini menempati urutan ke 10 sebagai tambang emas terbesar di dunia. Tambang tersebut berisi cadangan emas 18,6 Moz per Desember 2012, termasuk 2.93Moz yang terbukti dan 15.67Moz dari cadangan kemungkinan.

Tambang emas terbuka pertama kali beroperasi pada tahun 1987 dengan mengekstraksi bijih oksida dangkal sampai 70 m di bawah permukaan. Produksi komersial dari tambang emas Boddington dimulai pada tahun 2009, dengan perkiraan umur tambang hingga 20 tahun.

Tambang tersebut menghasilkan 724.000 ose emas pada tahun 2012. Sebuah proyek sedang dilaksanakan untuk memperpanjang umur tambang sampai tahun 2041 dengan memanfaatkan sumber daya emas tambahan yang diidentifikasi pada bijih batu keras kelas rendah di bawah lubang yang sebelumnya ditambang.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai daftar 10 tambang emas terbesar di dunia beserta jumlah produksinya tahun 2018. List nama nama tambang emas diatas merupakan daerah dan lokasi pertambangan emas terbesar dari segi ukuran dan jumlah produksinya, dan salah satunya adalah tambang emas yang ada di Indonesia. Semoga info ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Bagikan :

Tinggalkan komentar