Tips Trik PES 2020 | Cheat Paling Ampuh (Skill, Dribble, Formasi, dll)

Tips Trik PES 2020 | Cheat Paling Ampuh (Skill, Dribble, Formasi, dll)

Tips trik PES 2020 – PES 2020 dirilis pada bulan September 2019. Kali ini game ini bernama eFootball PES 2020, pergantian nama dikarenakan era game e-Sports yang kian marak. Game PES 2020 ini bisa dimainkan di konsol PC, PS4, Xbox One serta versi mobile untuk Android dan iOS.

Konami selalu publisher PES pun optimis akan perubahan besar yang ditawarkan pada versi PES 2020 ini. Bukan hanya namanya saja, tapi banyak grafis dan gameplay game PES yang diperbaiki. PES sendiri merupakan singkatan dari Pro Evolution Soccer.

Cover PES 2020 diisi oleh bintang Barcelona, Lionel Messi. Selain itu juga ada beberapa pemain lain dalam cover seperti Miralem Pjanic, Serge Gnabry, dan Scott McTominay. Untuk cover edisi legenda, PES menunjuk Ronaldinho sebagai pemain dalam covernya.

Sama seperti versi sebelumnya, ada beberapa trik-trik PES 2020 yang bisa dipraktekkan. Selain itu sejumlah cheat PES 2020 untuk dribble, shooting atau bahkan diving juga tersedia untuk dipelajari oleh para pemainnya. Dalam artikel ini akan ditampilkan kumpulan cheat PES 2020 paling ampuh dan jitu.

(baca juga tips trik PES 2019)

cheat pes 2020

Cheat PES 2020

Trik Shooting PES 2020

Salah satu kunci utama dalam game PES 2020 adalah melakukan sooting untuk mencetak gol. Namun melakukan tembakan bukanlah hal mudah. Beberapa pemain PES yang sudah ahli kerap menggunakan kontrol manual untuk melakukan tembakan sehingga bisa sesuai yang diinginkan. Meski begitu kontrol manual saat shooting tidak mudah dipelajari.

Di PES 2020, cara manual shooting dipermudah. Dengan menekan tombol L2, maka kita bisa melakukan manual kontrol saat akan melakukan shooting. Trik ini bisa dilakukan saat kita berada pada posisi one on one atau saat peluang terbuka.

Trik Merebut Bola PES 2020

Trik bertahan dalam PES 2020 bisa menggunakan pressure dari rekan tim kita. Kita bisa mengontrol rekan setim dengan memanfaatkan tombol pressure. Caranya dengan menekan atau tekan 2 kali, lalu kemudian tahan tombol kotak atau X. Hal ini memaksa 1 atau beberapa rekan kita untuk melakukan pressure pada bola yang dikuasai lawan.

Trik ini cukup ampuh untuk merebut kembali bola dari lawan. Namun jangan terlalu sering menggunakan trik ini karena akan membuat pemain kita keluar dari posisi terlalu jauh. Gunakan trik ini seperlunya sesuai dengan kondisi yang tepat dan pas.

Trik Free Kick PES 2020

Free kick atau tendangan bebas juga jadi elemen penting dalam game PES 2020. Gameplay free kick PES 2020 pun tak mengalami perubahan drastis dari versi-versi sebelumnya. Kita memiliki peluang yang cukup besar untuk mencetak gol lewat posisi tendangan bebas.

Trik free kick PES 2019 bisa dilakukan dengan mengarahkan bola ke tiang jauh dengan kekuatan secukupnya. Sebelumnya pastikan untuk memilih pemain dengan atribut free kick paling tinggi dalam tim. Melakukan latihan tendangan bebas di mode training juga bisa jadi solusi meningkatkan skill free kick.

Trik Diving PES 2020

Fitur yang cukup unik pada PES 2020 adalah kita bisa melakukan diving atau berpura-pura jatuh guna mendapatkan pelanggaran dari wasit. Trik ini memang tidak sportif, tapi patut dicoba terutama saat ada di kotak penalti sehingga tim kita bisa mendapatkan penalti yang berpeluang menjadi gol.

Cara diving PES 2020 adalah dengan menekan tombol R3 + L3 + L1 + L2 secara bersamaan. Tentunya dibutuhkan timing dan posisi yang tepat. Lakukan saat dekat dengan pemain lawan sehingga wasit mengira bahwa pemain kita dilanggar oleh lawan.

Trik Dribble PES 2020

Berikut merupakan beberapa kontrol dribble dan skill PES 2020 seperti body feints, flip flap, step on atau sombrero.

1. Body Feints

Body feints merupakan trik dribble dengan menggunakan gerak tubuh untuk menipu lawan.

  • Gambetta : Arahkan R ↑ atau ↓ + gerakan L dengan segera
  • Quick Body Feint : Tekan L ↑ or ↓ + pindahkan L dengan segera ke arah yang diingkan

2. Step On Skills

Step on merupakan trik dribble dengan gerakan tiba-tiba dan dribble ke arah yang berlawanan.

  • Draw and open : Tahan R ← + tahan L ↓ or →
  • Draw and Close : Tahan R ← + Tahan L ↗
  • Scotch Move : Tahan R ← + L → atau ↗

3. Flip Flap Skills

Flip flap merupakan trik dribble dengan menipu lawan untuk menggerakkan bola ke arah yang berlawanan.

  • Out and In : Tahan R ↓ + Tahan L ↗
  • In and Out : Tahan R ↑ + tahan L ↘
  • Flip Flap : Tahan R ↓ + tahan L ↗
  • Reverse Flip Flap : Tahan R ↑ + Tahan L ↘

4. Sombrero Feints

Sombrero feints merupakan trik dribble yang melibatkan kontrol bola ke udara untuk melewati lawan yang menghadang.

  • Sombrero : Tahan R3 + tahan L ke segala arah
  • Boomerang Trap : Tahan R3 + tahan L ke arah lawan
  • Rainbow Flick : Klik R3 dua kali

Trik Strategi PES 2020

Ada beberapa cheat dan trik strategi pada PES 2020. Strategi dan instruksi bisa kita atur dalam formasi terlebih dahulu. Kemudian di tengah pertandingan kita bisa mengaktifkan strategi tersebut dengan kombinasi tombol tertentu.

Jika dirasa tidak perlu, kita juga bisa langsung menonaktifkannya lagi. Berikut merupakan kombinasi tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan instruksi strategi pada PES 2020, terdiri dari 2 instruksi penyerangan dan 2 instruksi pertahanan.

  • Attack 1 = Tahan L2 + tombol atas
  • Attack 2 = Tahan L2 + tombol bawah
  • Defence 1 = Tahan L2 + tombol kiri
  • Defence 2 = Tahan L2 + tombol kanan

Nah itulah penjelasan cheat PES 2020 beserta tips trik dan cara mainnya meliputi trik dribble, shooting, diving, merebut bola serta strategi dan formasi PES 2020.

Tinggalkan komentar