Tugas Wasit Sepak Bola dan Hakim Garis Beserta Posisinya

Tugas Wasit Sepak Bola dan Hakim Garis Beserta Posisinya

Tugas wasit sepak bolaa – Dalam permainan sepak bola terdapat wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Jumlah wasit sepak bola ada 1 wasit utama serta 2 asisten wasit. Selain itu juga ada ofisial lain di bangku pemain untuk mengontrol aktivitas di area teknis. Apa saja tugas-tugas wasit dan hakim garis dalam permainan sepak bola?

Aturan mengenai tugas wasit diatur dalam Laws of the Game dari FIFA. Segala keputusan yang dilakukan wasit harus sesuai dengan aturan tersebut. Tugas wasit sepak bola bertugas memimpin jalannya pertandingan agar berjalan lancar dan sesuai aturan yang berlaku dari awal hingga pertandingan selesai.

Sementara tugas asisten wasit atau hakim garis adalah membantu wasit utama terutama dalam melihat bola yang keluar dari garis lapangan, menentukan posisi offside dan memberi pertimbangan pada wasit utama. Peran wasit sangat penting agar pertandingan sepak bola berlangsung lancar, adil dan sportif.

(baca juga pengertian sepak bola)

tugas wasit sepak bola

Tugas Wasit Sepak Bola

Apa saja tugas wasit sepak bola? Terdapat wasit utama yang memimpin jalannya pertandingan di tengah lapangan serta 2 asisten wasit yang menjaga dua sisi garis lapangan. Berikut adalah tugas-tugas wasit utama dan asisten wasit atau hakim garis dalam permainan sepak bola.

Tugas Wasit Utama Sepak Bola

Secara umum tugas wasit adalah memimpin jalannya pertandingan dari awal sampai akhir sambil menegakkan aturan yang berlaku dalam sepak bola. Berikut ini akan dijelaskan tugas-tugas khusus wasit utama dalam tiap pertandingan sepak bola.

  • Menjaga dan menjalankan peraturan permainan sepak bola sesuai aturan yang berlaku.
  • Memutuskan setiap gangguan atau perselisihan antara masing-masing tim yang bertanding.
  • Memberikan isyarat bahwa permainan dapat dimulai kembali setelah penghentian dari pelanggaran.
  • Mencatat semua kejadian selama berlangsungnya permainan.
  • Mempunyai kekuasaan tak terbatas untuk menghentikan permainan terhadap segala pelanggaran yang terjadi.
  • Memiliki hak mengeluarkan setiap pemain selama berlangsungnya permainan bila dianggap oleh wasit berbuat kesalahan.
  • Menentukan apakah bola yang digunakan dalam pertandingan memenuhi syarat atau tidak.
  • Menentukan kelayakan lapangan yang akan digunakan dalam pertandingan sepak bola.

Tugas Hakim Garis Sepak Bola

Selain 1 wasit utama di tengah lapangan, terdapat juga 2 asisten wasit atau hakim garis dalam pertandingan sepak bola di kedua sisi lapangan. Hakim garis membantu tugas wasit utama, terutama berkaitan dengan penentuan offside dan tendangan pojok. Berikut merupakan tugas-tugas hakim garis dalam pertandingan sepak bola.

  • Mengangkat bendera ke atas untuk menunjukkan bola telah meninggalkan lapangan permainan.
  • Menunjukkan jika bola melampaui garis gawang.
  • Menentukan apakah bola yang keluar termasuk tendangan sudut atau tendangan gawang yang akan diberikan.
  • Menjaga garis pertahanan terakhir untuk menentukan posisi offside pemain.
  • Menunjukkan pihak mana yang berhak untuk melakukan pelemparan ke dalam, tendangan sudut atau tendangan gawang.
  • Memberikan pendapat mengenai permasalahan yang mungkin diminta oleh wasit utama.

Posisi Wasit Sepak Bola

Dalam saat-saat tertentu, wasit juga harus bisa memposisikan diri di posisi yang tepat sesuai aturan. Hal ini agar wasit bisa memantau jalannya pertandingan dengan tepat.

Posisi Wasit pada Permulaan Pertandingan

Pada saat permulaan pertandingan, di awal ada tendangan permulaan atau kick-off. Wasit ada pada tendangan permulaan di tengah di antara kedua tim. Wasit utama biasanya akan bergerak ikut dengan garis diagonal A-B menyesuaikan dengan arah serangan.

Posisi Wasit Saat Tendangan Sudut

Posisi wasit akan sama saja pada saat tendangan sudut dilakukan di daerah manapun. Posisi wasit di samping tiang gawang atau pada titik potong antar garis tendangan hukuman dari garis gawang, sehingga dapat mengawasi pelanggaran yang tidak terlihat.

Posisi Wasit Saat Tendangan Gawang

Posisi wasit di tengah lapangan di sebelah titik tengah dari diagonal. Hakim garis mengawasi pelaksanaan pengambilan tendangan gawang berdiri sebaris dengan garis daerah tendangan hukuman. Hakim garis lainnya berdiri sebaris dengan pemain bertahan kedua dari yang terakhir.

Posisi Wasit Saat Tendangan penalti

Para pemain dari kedua tim kecuali penjaga gawang dan penendang berada di luar daerah kotak penalti. Wasit dalam posisi dapat melihat bahwa tendangan dilakukan dengan cermat dan tidak seorangpun memasuki daerah tendangan penalti.

Nah itulah pembahasan mengenai tugas-tugas wasit sepak bola baik wasit utama maupun asisten wasit atau asisten wasit. Selain itu dijelaskan juga posisi wasit sepak bola dalam beberapa momen tertentu. Semoga bisa menambah wawasan olahraga sepak bola.

Tinggalkan komentar