10 Uang Kuno Termahal di Dunia 2018 Dengan Harga Jual Tertinggi

10 Uang Kuno Termahal di Dunia 2018 Dengan Harga Jual Tertinggi

Daftar 10 Uang Kuno Termahal di Dunia 2018 Dengan Harga Jual Tertinggi – Uang adalah alat pembayaran yang sah di berbagai penjuru dunia, mata uang dan nominalnya sendiri dikeluarkan oleh masing masing pemegang otoritas resmi di suatu negara. Seiring berjalannya waktu, maka terjadilah pergantian mata uang baik itu mata uang kertas ataupun mata uang koin/logam. Biasanya pergantian dilakukan setiap beberapa tahun sekali.

Nah, tahukan anda bahwa ada beberapa uang kuno dengan harga mahal yang bahkan harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Faktor yang menyebabkan uang kuno berharga mahal tentu sangat beragam, diantaranya adalah berkat kelangkaan, kebetulan sejarah, kesalahan pencetakan dan tentu saja tahun dikeluarkannya uang tersebut. Biasanya makin tua/lama, maka akan makin mahal harga uang tersebut.

Bahkan uang uang kuno ini digemari untuk dikoleksi oleh para kolektor uang kuno (numismatik). Selain dapat menyalurkan hobi, ternyata saat ini mengkoleksi uang kuno juga merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan harga uang uang kuno semakin mahal dan semakin tinggi setiap tahunnya.

Untuk daftar 10 uang kuno termahal di dunia, yang berada di posisi pertama adalah 1794/5 Flowing hair silver/copper dollar dengan harga 135 Milyar Rupiah, kemudian urutan kedua disusul dengan uang koin 1933 Double eagle dengan harga 103 Milyar Rupiah, sedangkan urutan ke 10 ada uang kertas tahun 1891 US Red Seal $1,000 bill dengan harga 33 Milyar Rupiah. Sebagian uang kuno termahal tersebut diproduksi secara massal dan sebagian lagi diproduksi secara terbatas.

Daftar 10 Uang Kuno Termahal di Dunia

Lalu apa saja uang uang kuno termahal di dunia update terbaru tahun 2018 dengan harga jual tertinggi saat ini? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini 10 uang kuno termahal lengkap beserta gambar dan penjelasannya.

1. 1794/5 Flowing hair silver/copper dollar ($10 Juta / Rp 135 Milyar)

uang kuno termahal

Ini adalah koin dolar pertama yang dikeluarkan oleh Pemerintah Federal A.S. Pada tahun 1794 dan 1795. Koin terdiri dari tembaga 10 persen dan perak 90 persen dicetak oleh Pencetak Federal A.S. yang baru didirikan. Gambarnya adalah patung Liberty yang terkenal, koin ini menjadi kenang-kenangan sejarah yang bernilai lebih dari nilai wajahnya. Pada Januari 2013, satu koin 1794 dolar dijual seharga $ 10 juta, ini merupakan harga uang kuno termahal sepanjang sejarah dunia. Sepanjang sejarahnya, koin 1794 dolar telah dianggap sebagai salah satu koin terlangka di dunia serta koin paling berharga di dunia. 

2. 1933 Double eagle ($ 7,6 juta / Rp 103 Milyar)

uang kuno termahal

Contoh koin yang memiliki nilainya karena kebiasaan historis, Elang Ganda 1933 ditekan tapi tidak pernah dilepaskan secara publik. Franklin D. Roosevelt melarang seseorang untuk memiliki emas pada tahun 1933 dalam usaha untuk mengakhiri krisis perbankan yang melanda AS pada saat itu. Dua puluh menyelinap bersih, meskipun, dan layak jauh lebih banyak daripada nilai nominal $ 20 mereka.

Double eagle 1933 adalah koin emas 20 dolar Amerika Serikat. Meskipun koin ini dicetak pada tahun 1933, namun tidak perah dilepas ke publik. Koin ini menjadi sangat langka karena diketahui kini hanya ada 13 saja di dunia dan hanya satu koin saja yang dimiliki oleh pribadi pribadi. Pribadi tersebut membayar sebesar US $ 7,59 pada tahun 2002 silam sekaligus menempatkan koin ini sebagai uang kuno termahal di dunia pada urutan kedua.

3. 1907 Saint-Gaudens double eagle ($7.6 million / Rp 103 Milyar)

uang kuno termahal di dunia

Desain rumit yang diproduksi oleh Augustus Saint-Gaudens terbukti terlalu sulit bagi AS untuk menghasilkan dalam jumlah komersial, yang menyebabkan modifikasi desain. Alih-alih menyingkirkan apa pun dari desain Saint-Gaudens, Charles Barber, pemahat utama Mint, memilih untuk menendang kata-kata “In God We Trust” dari koin itu. Meskipun koin itu berhasil melalui produksi secra luas, namun sekarang keberadaannya sangat langka. Dengan begitu harga uang kuno ini pun menjadi tinggi dan mahal. Tak heran jika uang koin ini menjadi salah satu uang kuno termahal saat ini.

4. 1787 Brasher Doubloon ($7.4 million / Rp 100 Milyar)

uang kuno termahal di dunia

Ephraim Brasher adalah seorang pandai emas berbakat yang mengajukan petisi kepada New York State untuk mencetak koin koin tembaga baru pada tahun 1787. Namun, legislatif negara bagian tidak menginginkan karya Brasher, dan tidak menginginkan koin tembaga. Brasher mengabaikan keputusan negara itu dan terus-menerus membulatkan koin, terutama di perunggu-tapi sedikit berharga dalam emas 22 karat. Salah satunya adalah doubloon yang dibeli oleh perusahaan investasi Wall Street seharga $ 7,4 juta.

5. 1343 Edward III florin ($6.8 million / Rp 92 Milyar)

uang kuno termahal di dunia

Mengapa koin emas Edward III ini sangatlah mahal harganya, hal ini dikarenakan koin ini dicetak pada tahun 1343, sangat langka dan berharga. Ini adalah satu dari tiga koin yang diketahui bertahan selama berabad-abad. Hanya tiga contoh koin ini yang diketahui ada: dua ditemukan di Sungai Tyne pada tahun 1857, dan satu ditemukan pada bulan Januari 2006. Koin yang terakhir dijual pada lelang pada bulan Juli 2006 dengan harga rekor uang kuno termahal asal inggris.

6. 2007 C$1m coin ($4.1 million / Rp 55 Milyar)

uang kuno termahal di dunia

Sebuah koin dengan berat 100kg adalah hal yang sangat langka. Koin ini dicetak khusus oleh Royal Canadian Mint dan terbuat dari emas murni (99,99 persen), tak heran jika koin ini mencapai harga $ 4,1 juta atau sekitar 55 milyar rupiah saat lelang diadakan. Ini sekaligus menjadikannya sebagai salah satu uang koin termahal di dunia.

7. 1804 Silver dollar, Class I ($4.1 million / Rp 55 Milyar)

uang kuno termahal di dunia

Koin yang satu ini adalah jenis koin yang sama yang khusus dicetak oleh US Mint sebagai hadiah bagi penguasa asia kala itu. Namun koin ini mampu dijual $ 3 juta lebih mahal oleh Bowers and Marena kepada seorang kolektor uang kuno tanpa nama. Koin kuno berharga dan langka ini hampir sama dengan dolar perak serupa dari set yang sama yang dijual oleh Bowers dan Marena dan menghasilkan $ 4,1 juta.

8. 1804 Silver dollar, Class I ($3.8 million / Rp 51 Milyar)

uang kuno termahal di dunia

Uang kuno termahal di dunia selanjutnya adalah 1804 silver dollar class I, Dolar 1804 perak ini sebenarnya tidak dicetak pada tahun 1804. Sebaliknya, koin ini kemudian dicetak 30 tahun kemudian sebagai pencampuran saat mencitrakan dolar sebagai hadiah untuk penguasa Asia atas kunjungan utusan dagang. Koin ini dijual oleh pelelangan Heritage Auctions, dan terjual dengan harga sangat mahal yaitu sebesar $ 3.7 juta atau sekitar 51 milyar rupiah di lelang pada bulan Mei 2008.

9. 1913 Liberty Head nickel ($3.7 million / Rp 50 Milyar)

uang kuno termahal di dunia
CBS News

Nikel 1913 ditekan tanpa persetujuan dan otoritas AS, yang telah mengganti desain lima sen dari nama Liberty wanita ke profil orang Amerika Asli. Koin ini diproduksi secara terbatas sehingga sangat langka dan berharga mahal sehingga menjadi buruan numismatik Amerika. Salah satu yang paling mahal dibeli seharga $ 3.7 juta. Pada tahun 1972, satu spesimen koin lima sen menjadi koin pertama dengan harga US $ 100.000; pada tahun 1996, spesimen lain menjadi yang pertama menembus angka juta dolar AS. Pada tahun 2003 satu koin dijual dengan harga di bawah tiga juta dolar. Pada tahun 2010 terjualah dengan hara termahal seharga US $ 3,7 juta pada lelang publik. Hanya lima contoh yang diketahui ada: dua di museum dan tiga di koleksi pribadi.

10. 1891 US Red Seal $1,000 bill ($2.5 million / Rp 33 Milyar)

uang kuno termahal
Mental Floss

Uang kuno termahal selanjutnya adalah uang kertas bergambar separuh badan Mayor Jendral George Gordon Meade yang dicetak pada tahun 1891 terjual dengan harga $ 2,5 Juta atau senilai Rp 30,4 Milyar disebuah acara lelang pada bulan April 2013. Mahalnya harga uang kertas tersebut tidak lepas dari usianya yang sudah sangat tua dan perjalanannya melewati sejarah Amerika Serikat. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu uang kertas termahal di dunia yang pernah terjual.

Demikianlah informasi mengenai daftar 10 uang kuno termahal di dunia 2018 dengan harga jual tertinggi. Semua uang uang diatas adalah uang kuno denga harga jual termahal saat ini, hal ini dikarenakan nilai sejarah dan keberadaannya yang sangat langkah. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.

Satu pemikiran pada “10 Uang Kuno Termahal di Dunia 2018 Dengan Harga Jual Tertinggi

Tinggalkan komentar