Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional (Lebar & Tinggi Tiang)

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional (Lebar & Tinggi Tiang)

Ukuran gawang sepak bola – Pertandingan sepak bola dilakukan di sebuah lapangan sepak bola. Dalam lapangan terdapat dua buah gawang pada masing-masing tim. Regulasi mengenai ukuran lapangan sepak bola telah diatur oleh FIFA, begitu pula untuk ukuran lebar dan tinggi gawang sepak bola.

Tentunya, tujuan permainan sepak bola yang paling utama adalah mencetak gol. Sebuah gol baru bisa terjadi jika bola sudah melewati garis gawang tim. Untuk itu, fungsi gawang sangat penting dalam permainan sepak bola, karena jika tidak ada gawang maka pertandingan sepak bola tidak bisa berlangsung.

Gawang dilengkapi dengan 2 tiang gawang di kedua sisi serta 1 mistar gawang di bagian atasnya. Awal penggunaan gawang tidak dilengkapi oleh jaring gawang, namun kemudian regulasi gawang menyertakan jaring gawang pula agar bola tidak bergulir terlalu jauh.

Lantas berapa tinggi gawang sepak bola? Berapa lebar gawang sepak bola sesuai dengan aturan FIFA dalam standar nasional atau pun standar internasional?

(baca juga pengertian sepak bola)

ukuran gawang sepak bola

Ukuran Gawang Sepak Bola

Di bawah ini adalah ukuran gawang sepak bola baik lebar atau tinggi gawang serta regulasi tiang gawang lainnya seperti posisi gawang, jaring gawang, warna dan material gawang serta ukuran gawang sepak bola mini.

Lebar Gawang Sepak Bola

Ukuran lebar gawang sepak bola adalah 7,32 meter atau 8 yard, sesuai dengan standar internasional regulasi FIFA. Lebar atau panjang gawang dihitung dari sisi dalam tiang gawang yaitu jarak dari tiang gawang di satu sisi ke tiang gawang di sisi yang lain.

Tinggi Gawang Sepak Bola

Ukuran tinggi gawang sepak bola adalah 2,44 meter atau 2,7 yard, sesuai dengan standar internasional regulasi FIFA. Tinggi tiang gawang dihitung dari bawah sampai atas atau dengan kata lain dari permukaan lapangan sampai dengan mistar gawang.

Regulasi Tiang Gawang Sepak Bola

Gawang harus diletakkan di tengah tiap garis gawang di kedua sisi lapangan. Bentuk gawang terdiri dari dua tiang yang berdiri dan disambungkan oleh sebuah mistar. Biasanya di belakang gawang dipasang jaring gawang, meski ini bukanlah kewajiban.

Penggunaan mistar dan tiang gawang sepak bola harus berwarna putih. Adapun bahan yang digunakan harus menggunakan bahan yang sudah disetujui sesuai standar internasional seperti besi, kayu dan material lain.

Jaring pada gawang memiliki ukuran lubang yang lumayan renggang yaitu sekitar 10 cm. Ukuran tersebut sudah cukup untuk menjaring bola agar tidak melaju jauh keluar lintasan. Sebuah gol baru disahkan jika sebuah bola melewati garis gawang seutuhnya.

Ukuran Gawang Sepak Bola Mini

Jika di atas telah dibahas ukuran gawang sepak bola standar internasional untuk kompetisi dewasa, bagaimana dengan standar gawang untuk sepak bola anak-anak? Berikut merupakan beberapa ukuran lebar dan tinggi gawang sepak bola mini untuk kompetisi junior di bawah 12 tahun.

Kompetisi Sepakbola U-6 sampai U-8

  • Tinggi = 1,37 – 1,98 meter
  • Lebar = 2,74 – 3,66 meter

Kompetisi Sepakbola U-9

  • Tinggi = 1,98 meter
  • Lebar = 13,66 – 5,64 meter

Kompetisi Sepakbola U-10

  • Tinggi = 1,98 – 2,13 meter
  • Lebar = 5,64 – 6,4 meter

Kompetisi Sepakbola U-11

  • Tinggi = 1,98 – 2,44 meter
  • Lebar = 5,64 – 7,32 meter

Kompetisi Sepakbola U-12

  • Tinggi = 13 – 2,44 meter
  • Lebar = 6,4 – 7,32 meter

Demikian info bola mengenai ukuran tiang gawang sepak bola dari mulai panjang dan lebar gawang sepak bola sesuai standar FIFA dalam skala internasional. Gawang menjadi instrumen penting dalam permainan sepak bola yang harus ada dalam lapangan.

Tinggalkan komentar