Ukuran Lapangan Futsal Internasional Lengkap (Panjang & Lebar)

Ukuran Lapangan Futsal Internasional Lengkap (Panjang & Lebar)

Ukuran lapangan futsal dan gambarnya – Futsal adalah permainan mirip sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan dengan 5 pemain. Ukuran panjang dan lebar lapangan futsal juga lebih kecil dibandingkan ukuran lapangan sepak bola. Berapa ukuran lapangan futsal sesuai standar nasional dan standar internasional?

Sama seperti sepak bola, futsal dimainkan 2 tim yang bertujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan kaki. Perbedaan futsal dan sepak bola yang utama adalah jumlah pemainnya. Jika pertandingan sepak bola dimainkan 11 pemain, maka pada pertandingan futsal hanya dimainkan 5 pemain saja dalam 1 tim.

Durasi lama pertandingan futsal dan lama waktu sepak bola juga berbeda. Sepak bola dimainkan 2 x 45 menit, sedangkan futsal internasional dimainkan dalam waktu 2 x 20 menit. Terdapat pula perbedaan regulasi lainnya antara permainan futsal dan sepak bola.

Selain itu perbedaan sepak bola dan futsal lainnya adalah ukuran lapangannya. Tentu ukuran lapangan sepak bola lebih luas dibandingkan ukuran lapangan futsal. Di Indonesia, tren bermain futsal sedang tinggi. Ada banyak persewaan lapangan futsal, tidak hanya di kota-kota besar tapi hampir di semua kota kecil pula.

Hal tersebut dikarenakan susah menemukan lapangan sepak bola untuk bermain, sehingga orang-orang beralih untuk bermain futsal. Lantas berapa ukuran lapangan futsal sesuai standar nasional atau standar internasional? Kami akan bagikan ulasannnya berikut ini.

ukuran lapangan futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Berikut adalah info ukuran lapangan futsal lengkap, meliputi ukuran panjang dan lebar lapangan futsal, ukuran panjang dan lebar tiang gawang, ukuran daerah penalti dan titik penalti lapangan futsal dalam standar internasional.

Ukuran Panjang Lapangan Futsal

Panjang lapangan futsal standar internasional berkisar antara 38 meter sampai 42 meter. Artinya panjang lapangan futsal paling kecil adalah 38 meter. Sedangkan panjang lapangan futsal maksimal adalah 42 meter.

Sementara untuk standar nasional lapangan futsal, panjang minimalnya lebih kecil lagi. Ukuran panjang lapangan futsal standar nasional berada pada interval antara 25 meter sampai 42 meter.

Ukuran Lebar Lapangan Futsal

Lebar lapangan futsal standar internasional berkisar antara 18 meter sampai 25 meter. Artinya lebar lapangan futsal paling kecil adalah 18 meter. Sedangkan lebar lapangan futsal maksimal adalah 25 meter.

Sementara untuk standar nasional lapangan futsal, lebar minimalnya lebih kecil lagi. Ukuran lebar lapangan futsal standar nasional berada pada interval antara 15 meter sampai 25 meter.

Daerah Penalti Lapangan Futsal

Pada lapangan futsal juga terdapat daerah penalti di depan kedua gawang. Daerah penalti ini terdiri dari 2 garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter di dalam lapangan dengan titik pusat setiap tiang gawang. Satu ujung garis menempel di garis gawang, sedangkan ujung lain tepat berada di depan tiap tiang gawang.

Kedua ujung yang berada di depan kedua tiang gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 m yang sejajar dengan garis gawang, sesuai dengan lebar gawang ditambah diameter ketebalan dua buah tiang gawang.

Titik Penalti Pertama dan Kedua Lapangan Futsal

Terdapat dua titik penalti yang ada pada lapangan futsal. Titik penalti pertama berjarak 6 meter dari gawang dan posisinya menempel dengan garis daerah penalti serta berada di tengah di antara tiang gawang.

Sementara titik penalti kedua jaraknya adalah 10 meter dari gawang. Posisinya juga berada di tengah-tengah di antara tiang gawang.

Ukuran Gawang Futsal

Ukuran gawang futsal berbeda dengan ukuran gawang sepak bola. Tinggi gawang futsal adalah 2 meter yang diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai. Sedangkan lebar gawang adalah 3 meter diukur dari bagian dalam tiang.

Gawang futsal harus ditempatkan di bagian tengah pada kedua sisi garis gawang. Bentuk penampang tiang boleh kotak atau lingkaran. Untuk jaring gawang yang digunakan berbahan nilon. Kedalaman gawang adalah 80 cm untuk bagian atas gawang, dan 100 cm untuk bagian bawah.

Nah itulah penjelasan mengenai ukuran lapangan futsal standar internasional dan nasional, baik ukuran panjang dan lebar lapangan futsal, daerah penalti, ukuran gawang dan lain-lain. Tiap lapangan futsal harus memenuhi kriteria dan standar ukuran yang telah ditetapkan tersebut. Sekian penjelasan gambar lapangan futsal dan ukurannya kali ini.

Tinggalkan komentar