Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional Lengkap (Panjang & Lebar)

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional Lengkap (Panjang & Lebar)

Ukuran lapangan sepak bola lengkap – Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia. Pertandingan sepak bola dimainkan di sebuah lapangan sepak bola yang sudah memenuhi aturan FIFA. Agar bisa digunakan, ada standar ukuran lapangan sepak bola internasional yang harus dipenuhi.

Lapangan sepak bola harus memiliki rumput hijau, baik rumput asli atau buatan/sintetis. Selain itu juga ada banyak area-area pada lapangan sepak bola yang dipisahkan lewat garis-garis putih. Misalnya saja area kotak penalti, area setengah lapangan, area tengah lapangan dan lain-lain.

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar lapangan yang berbeda. Di tiap 4 sudut lapangan dipasang bendera corner (corner flag) sebagai penanda pojok lapangan saat dilakukan tendangan pojok. Di tengah lapangan juga ada titik kick-off.

Instrumen penting lain dalan lapangan sepak boal adalah tiang gawang, yang terdiri dari 2 tiang disatukan dengan 1 mistar gawang, biasanya ditambah jaring gawang. Semua hal mengenai instrumen dan ukuran lapangan sepak bola telah diatur dalam aturan Laws of the Game.

(baca juga pengertian sepak bola)

ukuran lapangan sepak bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Berikut adalah info ukuran lapangan sepak bola lengkap, meliputi ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola, ukuran panjang dan lebar tiang gawang, ukuran kotak penalti dan titik tengah lapangan sepak bola dalam standar internasional.

Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola

Secara umum, ukuran panjang lapangan sepak bola nasional adalah berada di antara kisaran 90 meter sampai 120 meter. Artinya minimum panjangnya adalah 90 meter atau 100 yard, sedangkan ukuran maksimumnya adalah 120 meter atau 130 yard.

Namun dalam pertandingan internasional, aturan panjang lapangan sedikit lebih ketat. Lapangan sepak bola harus memiliki ukuran panjang antara 100 meter sampai 110 meter. Artinya minimum panjang lapangan sepak bola skala internasional adalah 100 meter atau 110 yard, sedangkan ukuran panjang maksimumnya adalah 110 meter atau 120 yard.

Ukuran Lebar Lapangan Sepak Bola

Secara umum, ukuran lebar lapangan sepak bola nasional adalah berada di antara kisaran 45 meter sampai 90 meter. Artinya minimum lebarnya adalah 45 meter atau 50 yard, sedangkan ukuran maksimumnya adalah 90 meter atau 100 yard.

Namun dalam pertandingan internasional, aturan lebar lapangan sedikit lebih ketat. Lapangan sepak bola harus memiliki ukuran lebar antara 64 meter sampai 75 meter. Artinya minimum panjang lapangan sepak bola skala internasional adalah 64 meter atau 70 yard, sedangkan ukuran panjang maksimumnya adalah 75 meter atau 80 yard.

Ukuran Kotak Penalti Lapangan Sepak Bola

Ada dua jenis area di depan gawang yakni area gawang dan area penalti. Area gawang atau goal area adalah kotak kecil di depan gawang yang juga dikenal sebagai six-yard box area. Kotak area gawang berukuran 5,5 meter (6 yard) dari garis gawang dengan lebar seukuran gawang ditambah 5,5 meter (6 yard) di kedua sisi gawang.

Sementara area kotak penalti adalah yang lebih besar, dimana kiper boleh memegang bola dengan tangan dan jika terjadi pelanggaran di area ini akan diberi hukuman penalti. Ukuran kotak penalti berjarak 16,5 meter (18 yard) dari garis gawang, sementara lebarnya seukuran gawang ditambah 16,5 meter (18 yard) dari kedua sisi gawang atau totalnya sekitar 40,32 meter.

Di tengah-tengah kotak penalti terdapat sebuah titik penalty atau titik putih yang digunakan sebagai titik dalam pengambilan tendangan penalti. Jarak titik penalti menuju gawang adalah 11 meter atau 12 yard dan berada di posisi tengah.

Selain itu ada juga zona setengah lingkaran di luar kotak penalti atau zona D, yang fungsinya adalah saat tendangan penalti akan dilakukan, hanya penendang penalti dan kiper yang boleh berada di area kotak penalti dan zona D ini. Jarak zona D dengan titik penalti harus berukuran 9,15 meter atau 10 yard.

Ukuran Tengah Lapangan Sepak Bola

Garis tengah lapangan sepak bola membagi lapangan menjadi dua bagian. Selain itu ada garis lingkaran di tengah lapangan, dimana saat kick-off pemain lawan tidak boleh masuk ke area ini. Jarak antara titik tengah lapangan saat kick-off dengan garis lingkaran luar adalah 9,15 meter atau 10 yard.

Ukuran Tinggi dan Lebar Tiang Gawang

Gol dalam sepak bola terjadi bila bola melewati garis gawang. Tiang gawang dalam sepak bola juga memiliki standar ukuran yang harus dipenuhi. Gawang harus diletakkan di tengah-tengah garis akhir di kedua sisi lapangan. Biasanya di belakang gawang dipasang jaring gawang, meski ini bukanlah kewajiban.

Ukuran lebar gawang adalah 7,32 meter atau 8 yard. Sedangkan ukuran tinggi gawang adalah 2,44 meter. Tiang gawang yang digunakan harus berwarna putih dengan bahan yang sudah disetujui seperti kayu, besi dan material lain.

Nah itulah penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola standar internasional FIFA lengkap, baik ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola, kotak penalti, ukuran gawang dan lain-lain. Tiap lapangan sepak bola harus memenuhi kriteria dan standar ukuran yang telah ditetapkan tersebut. Sekian penjelasan gambar lapangan sepak bola dan ukurannya kali ini.

Tinggalkan komentar