Daftar Universitas Negeri di Bandung Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Bandung Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Bandung Lengkap Beserta Profilnya – Bagi anda yang berada di kota Bandung dan ingin menempuh pendidikan kuliah, banyak sekali perguruan tinggi negeri di bandung yang bagus dan berkualitas yang bisa dijadikan tujuan. Meskipun swasta sebenarnya juga bisa menjadi alternatif pilihan, tapi secara umum basanya perguruan tinggi negeri (PTN) tetap menjadi pilihan utama.

Daftar Universitas Negeri di Bandung Lengkap Beserta Profilnya

Perguruan tinggi sendiri dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, atau Akademi. Yang paling populer dan banyak dituju biasanya bentuk universitas. Dan banyak sekali universitas terbaik di Bandung yang bisa dijadikan pilihan. Meski begitu harus ada pertimbangan kira kira kampus seperti apa yang akan anda pilih, mulai dari berapa biaya dan harganya, fasilitasnya, hingga fakultas dan jenis jurusannya.

Sebuah universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dengan universitas swasta yang didanai dan dijalankan oleh pihak non pemerintah (swasta). Semua perguruan tinggi negeri di Bandung berada di bawah pengelolaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) dan juga terdaftar di pangkalan data Kemenristekdikti.

Daftar Universitas Negeri di Bandung

Lalu mana saja nama nama universitas negeri yang berlokasi di wilayah kota Bandung? Berikut ini daftar universitas di Bandung lengkap beserta profilnya update terbaru.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik. ITB telah memiliki 20 program studi yang terakreditasi secara internasional (sembilan di antaranya dari ABET).

Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran (disingkat Unpad) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Pada 20 Oktober 2014, Universitas ini berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud). Selain itu berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan pada 16 Januari 2014, Unpad mendapat peringkat A (sangat baik).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berkedudukan di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sejak tahun 2012, UPI berstatus sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP), berubah dari status sebelumnya sebagai perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Kampus utama UPI berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau dikenal dengan nama UIN Bandung atau seringkali disingkat sebagai UIN SGD (dulu bernama IAIN Sunan Gunung Djati), adalah perguruan tinggi negeri berbasis Islam yang berkedudukan di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat. Nama Sunan Gunung Djati diambil dari nama salah seorang Walisongo, tokoh penyebar agama Islam di Jawa.

Politeknik POS Indonesia

Sebuah institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti POS Indonesia dan bernaung langsung dibawah pengawasan PT. Pos Indonesia ini bisa menjadi pilihan adik-adik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri di Bandung. Sistem pendidikan yang dikembangkan adalah integrated logistiks and supply chain vocational education.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung adalah sebuah politeknik di Bandung, Indonesia yang beralamat di Jl. Kanayakan 21, Dago.

Pada awalnya politeknik ini bernama Politeknik Mekanik Swiss-ITB (PMS-ITB). Diberi nama demikian karena politeknik ini merupakan hasil kerjasama pemeritah Indonesia melalui ITB dan Pemerintah Swiss melalui Swiss Contact. Ini adalah cikal bakal pendidikan politeknik di Indonesia.

Setelah kerjasama berakhir dan pemerintah Indonesia menggulirkan kebijakan politeknik mandiri, maka pada tahun 1990 PMS-ITB berubah menjadi Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung).

Politeknik ini mempunyai 4 program studi D3, Teknik Manufaktur, Teknik Perancangan Manufaktur, Pengecoran Logam, Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika, serta 1 program D4 Teknik Manufaktur.

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

Politeknik Negeri Bandung (disingkat POLBAN) adalah sebuah perguruan tinggi advokasi negeri yang terletak di Jl. Gegerkalong Hilir, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Mulanya POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Sejak tahun 1999, Politeknik ITB menjadi institusi mandiri yang terpisah dari ITB, sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung.

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil

Sekolah tingi Teknologi Tekstil ini pada awalnya bernama Textiel Inrichting Bandoeng dan didirikan oleh Pemerintah Belanda dengan tujuan membina industri tekstil dan menyiapkan tenaga ahli pada bidangn tekstil. Kemudian berdasarkan Keputusan Departemen Industri Tekstil dan Kerajinan, Institus Teknologi Tekstil didirikan sebagai gabungan dari AKATEX, PTIT, Balai Besar Tekstil dan Pilot Pemintalan.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

STP NHI B (Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung) dahulu dikenal dengan nama NHI (baca : eNHaii) adalah Perguruan Tinggi yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Sebagai sebuah lembaga tinggi milik Pemerintah, STP Bandung bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional dibidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, kreatif, berjiwa wirausaha berkepribadian Indonesia dan berbudi luhur.

STP Bandung bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar di negeri dalam mengembangkan program-program pendidikannya pada tingkat D-III, D-IV, S1 dan Magister Manajemen Pariwisata.

Program pendidikan yang diselenggarakan di STP Bandung adalah program yang menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan dan Praktek Kerja Nyata.

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung atau yang disingkat ISBI Bandung adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Bandung yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Seni dan Budaya.

Demikianlah daftar universitas negeri di Bandung lengkap beserta profilnya update terbaru. Semoga informasi tentang kampus negeri di Bandung diatas bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi sebelum memilih perguruan tinggi negeri yang terbak dan sesuai dengan harapan.

Tinggalkan komentar