Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Beserta Profilnya – DKI jakarta adalah ibu kota negara dimana didalamnya terdapat banyak sekali perguruan tinggi negeri (PTN) dan Perguruan tinggi swasta (PTS). Umumnya perguruan tinggi negeri di Jakarta lebih diminati karena lebih terjamin dan dibawah pengelolaan pemerintah. Walaupun universitas swasta pun banyak yang berkualitas dan setara dengan universitas negeri.

Dalam menentukan universitas negeri di Jakarta yang akan dipilih sebagai tempat kuliah. Para calon mahasiswa haruslah mempertimbangkan banyak hal seperti akreditasi setiap fakultas dan jurusannya, biaya dan harga kuliahnya apakah mahal atu murah hingga ketersediaan fasilitasnya.

Daftar Universitas Negeri di Jakarta Lengkap Beserta Profilnya

Sebuah universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dengan universitas swasta yang didanai dan dijalankan oleh pihak non pemerintah (swasta). Semua perguruan tinggi negeri di Jakarta berada di bawah pengelolaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) dan juga terdaftar di pangkalan data Kemenristekdikti.

Perguruan tinggi negeri (PTN) sendiri dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, atau Akademi. Yang paling populer dan banyak dituju umumnya adalah universitas. Dari beberapa universitas terbaik di Jakarta ini diantaranya adalah universitas Indonesia (UI) yang sudah sangat terkenal akan kualitasnya.

Daftar Universitas Negeri di Jakarta

Lalu mana sajakah universitas negeri yang berlokasi di wilayah kota Jakarta? Langsung saja berikut ini daftar universitas negeri di Jakarta lengkap beserta profilnya update terbaru.

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni.

Secara umum dianggap sebagai universitas terbaik di Jakarta dan salah satu dari tiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Cikal-bakal terbentuknya Universitas Indonesia adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Pada tahun 1864, program pendidikan tersebut ditambah masa pendidikannya menjadi tiga tahun, dan pada tahun 1875 menjadi 7 tahun. Gelar yang diberikan pun berubah menjadi Dokter Medis (medical doctor). Secara resmi Universitas Indonesia memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio.

Kantor Presiden Universitas Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta adalah sebuah universitas Islam negeri yang terletak di Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Sebelumnya, perguruan tinggi ini dikenal dengan nama IAIN Syarif Hidayatullah atau IAIN Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di kota Jakarta, Indonesia yang didirikan pada tahun 1964.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta merupakan salah satu universitas negeri di Jakarta. Didirikan pada 21 Februari 1967, UPN ‘Veteran’ Jakarta pada awalnya merupakan universitas kedinasan milik Dephankam RI, namun pada tahun 1994, statusnya berubah menjadi swasta.

Pada saat didirikan, UPN ‘Veteran’ Jakarta hanya memiliki tiga akademi (Akademi Bank, Akademi Tekstil, dan Akademi Tata Laksana Pelayaran Niaga), sekarang memiliki 6 Fakultas, 2 Akademi, dan satu Program Pascasarjana, untuk S-2. Kampus Utama Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta berlokasi di Jalan RS. Fatmawati Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sedangkan Kampus Kedua berlokasi di daerah Limo, Cinere, Depok, Jawa Barat, dan Kampus Ketiga (khusus untuk Program Pascasarjana) di Jalan Batu, Gambir, Jakarta Pusat. Kegiatan UPN ‘Veteran’ Jakarta dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. UPN ‘Veteran’ Jakarta merupakan satu-satunya UPN Veteran yang memiliki Fakultas Kedokteran.

Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)

Universitas Pertahanan Indonesia disingkat (UNHAN) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi serta pendidikan profesi dibidang pertahanan dan bela negara setaraf Magister atau S-2, dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi, untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia (world class).

Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi dilingkungan UNHAN merujuk kepada Keputusan Mendiknas RI Nomor: 196/E/O/2011 TGL 7 September 2011 tentang Penyelenggaraan Program-program Studi pada Universitas Pertahanan Indonesia di Jakarta.

Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat Strata 2. Unhan adalah lembaga pendidikan tinggi terbuka. Unhan memberi kesempatan kepada para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Landasan filosofis UNHAN yaitu ‘Identitas’, ‘Nasionalisme’ dan ‘Integritas’.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang dahulu dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) Jakarta.Letak kampus STIP Jakarta saat ini berada di Jalan Marunda Makmur Kelurahan Marunda,Kecamatan Cilincing,Jakarta Utara berada di dekat situs cagar budaya rumah Si Pitung dan Pantai Marunda, Cilincing.

Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terdapat di areal kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Politeknik STMI

Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) merupakan lembaga Pendidikan Tinggi milik Pemerintah di bawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Sejak awal berdirinya, STMI selalu bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan kurikulum dan program studinya. Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah penyusunan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) untuk STMI. Proses adaptasi KBK tersebut tengah berlangsung di lingkungan STMI.

Sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensinya, STMI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengisi kebutuhan akan manajer operasional dalam sektor industri, terutama untuk sektor formal, yang dapat juga diaplikasikan untuk sektor industri kecil dan menengah pada umumnya.

Hingga saat ini, sekitar 70% alumni STMI telah terserap ke berbagai jenis lapangan kerja, sebagian besar berada di sektor industri manufaktur. Jumlah tersebut belum termasuk mereka yang sukses membuka usaha sendiri.

Demikianlah daftar universitas negeri di Jakarta lengkap beserta profilnya update terbaru. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan kuliah.

Bagikan :

Tinggalkan komentar