Daftar Universitas Negeri di Surabaya Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Surabaya Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Surabaya Lengkap Beserta Profilnya – Di kota Surabaya terdapat banyak sekali kampus untuk kuliah mulai dari universitas negeri hingga universitas swasta. Kali ini akan khusus dishare tentang perguruan tinggi negeri di Surabaya yang sekaligus bisa dikatakan sebagai universitas terbaik di Surabaya. Hal ini dikarenakan kampus negeri di Surabaya dan dimanapun biasanya secara umum lebih baik dari segi kualitas dari pada kampus swasta.

Daftar Universitas Negeri di Surabaya

Perguruan tinggi sendiri bermacam macam jenis dan macamnya. Kita haruslah pintar dalam memilih kira kira kampus mana yang akan kita jadikan tujuan dalam menempuh ilmu dan pendidikan. Hal ini karena setiap universitas memiliki karakteristik tersendiri dimana fakultas dan jurusannya pun berbeda beda. Harga pendidikan pun mesti jadi pertimbangan apakah mahal atau murah/terjangkau. Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi dapat berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, atau Akademi.

Salah satu yang paling diminati tentulah perguruan tinggi negeri (PTN) dan lebih lanjut adalah yang berbentuk universitas. Sebuah universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dengan universitas swasta yang didanai dan dijalankan oleh pihak non pemerintah (swasta). Semua perguruan tinggi negeri di Surabaya berada di bawah pengelolaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) dan juga terdaftar di pangkalan data Kemenristekdikti.

Universitas Negeri di Surabaya

Nah, mana sajakah nama universitas negeri yang ada di kota Surabaya? Simak berikut ini daftar universitas negeri di Surabaya lengkap beserta profl singkatnya update terbaru.

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) adalah perguruan tinggi negeri di Surabaya, Indonesia, yang berdiri pada 19 Desember 1964. Pada awal berdirinya, Unesa bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya (IKIP Surabaya). Berdasarkan Keppres RI No. 93 Tahun 1999, IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya. Sesuai hasil keputusan rapat senat pada tanggal 12 Oktober 1998, yang menyepakati bahwa nama IKIP Surabaya pasca-konversi adalah Universitas Negeri Surabaya (Inggris: State University of Surabaya) yang disingkat Unesa. Saat ini Unesa memiliki 7 fakultas; 4 fakultas berada di kompleks Ketintang: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Sementara 3 fakultas berada di kompleks Lidah Wetan (LiWet): Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan juga Fakultas Bahasa dan Seni. Sementara itu, motto yang menjadi pedoman perguruan tinggi ini adalah “Growing with Character”.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah institut negeri di Surabaya. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957.

Dies Natalis ITS pertama adalah 10 November 1960, sementara nama ITS mulai digunakan dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret 1961). Dalam visi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi, untuk mengangkat Republik Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan tinggi.

Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 Ha, dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 dan D-4 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (disingkat UNAIR) adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berdasarkan data 30 September 2015, terdapat 38.047 mahasiswa yang terdaftar di Unair. Kampus A berada di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo No. 47 Surabaya, Kampus B di Jl. Airlangga No. 4-6 Surabaya dan kampus C Mulyorejo, Surabaya

Universitas Trunojoyo (UNIJOYO)

Universitas Trunojoyo Madura adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kabupaten Bangkalan (Madura), Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Universitas Trunojoyo Madura (Unijoyo) menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 5 Juli 2001. Perguruan tinggi ini diresmikan pada tanggal 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Universitas Trunojoyo merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-7 di Jawa Timur. Universitas Trunojoyo Madura juga dikenal dengan sebutan UTM.

Universitas Trunojoyo dibangun di atas lahan seluas 28,5 hektar, yang terletak lima kilometer dari Pelabuhan Kamal Madura dan 15 kilometer dari kota Bangkalan. Pengembangan kampus pada masa yang akan datang diarahkan menjadi lingkungan yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Pohon-pohon direncanakan akan lebih banyak ditanam. Selain itu, lokasi Universitas Trunojoyo akan berada dalam lingkungan pusat pengembangan Bangkalan sebagai perluasan Kota Surabaya dalam satuan wilayah pengembangan Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan)

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN Sunan Ampel)

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel disingkat UIN Sunan Ampel adalah salah satu universitas negeri di kota Surabaya yang menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman multidisplin serta sains dan teknologi. UIN Surabaya diberi nama Sunan Ampel, adalah nama salah seorang Walisongo, tokoh penyebar Islam di Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS) , adalah perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988[1]. Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.

Politeknik ini terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali. Selain itu, PENS juga merupakan penyelanggara S2 terapan pertama di Indonesia. Selain di bidang robotika, PENS juga unggul di bidang Teknologi Informasi terbukti dengan diraihnya penghargaan TeSCA untuk kategori Politeknik yang diselenggarakan oleh Telkom.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, adalah perguruan tinggi negeri yang ada di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1987, PPNS ITS merupakan satu-satunya politeknik negeri di bidang pendidikan vokasional perkapalan dan berorientasi pada marine manufacture. Dalam Melaksanakan program link & match dengan industri, PPNS menjalin hubungan kerjasama yang kuat dengan pihak industri dan terlibat langsung dalam penyusunan enam standar kompetensi nasional serta mengembangkan pola pendidikan teaching factory melalui produksi kapal-kapal kecil, jasa desain, inspeksi, pengujian bahan DT&NDT, fabrikasi, konstruksi, dll PPNS ITS senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan antara lain dengan menjalankan program Award dari Ditjen Dikti berupa Grant Due Like, dua Grant TPSDP dan Grant INHERENT.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, disingkat UPN “Veteran” Jatim atau UPN V JT berlokasi di Surabaya merupakan salah satu universitas negeri di Surabaya yang berdiri sejak 5 Juli 1959. UPN “Veteran” Jawa Timur didirikan oleh para veteran pejuang perang kemerdekaan sebagai monumen hidup dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Dalam perkembangannya UPN “Veteran” Jawa Timur telah mengalami beberapa perubahan nama dan status.

Demikianlah daftar universitas negeri di Surabaya lengkap update terbaru beserta profil singkatnya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi yang akan melanjutkan pendidikan kuliah di kampus negeri wilayah kota Surabaya.

Tinggalkan komentar