6+ Universitas Negeri di Yogyakarta Beserta Profil dan Keterangannya

6+ Universitas Negeri di Yogyakarta Beserta Profil dan Keterangannya

Daftar universitas negeri di Yogyakarta – Terdapat banyak sekali perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yang bagus dan berkualitas. Apalagi jika ditambah dengan perguruan tinggi swastanya, maka jumlahnya bisa ratusan. Tak heran jika Yogyakarta dijuluki sebagai kota pelajar karena fasilitas pendidikannya yang memang bagus dan banyak jumlahnya.

Kita tinggal memilih dan menentukan saja ingin kuliah di kampus mana. Tentu ada hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih universitas, mulai dari berapa biaya dan harganya apakah mahal atau murah, kualitas dan fasilitasnya, hingga fakultas dan jenis jurusannya.

Perguruan tinggi negeri (PTN) sendiri dapat berbentuk universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, atau akademi. Yang paling populer dan banyak dituju biasanya adalah universitas. Dari beberapa universitas terbaik di Yogyakarta ini diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sudah sangat terkenal akan kualitasnya.

Sebuah universitas negeri adalah sebuah universitas yang didanai oleh pemerintah nasional atau daerah, berlawanan dengan universitas swasta yang didanai dan dijalankan oleh pihak non pemerintah (swasta). Semua perguruan tinggi negeri di Yogyakarta berada di bawah pengelolaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) dan juga terdaftar di pangkalan data Kemenristekdikti.

(baca juga universitas swasta di Yogyakarta)

Daftar Universitas Negeri di Yogyakarta Lengkap Beserta Profilnya

Daftar Universitas Negeri di Jogjakarta

Berikut ini akan dijelaskan apa saja nama-nama universitas negeri di Yogyakarta lengkap beserta profilnya update terbaru.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas Negeri di Yogyakarta yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta tersebut merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 fakultas dan dua sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana. Selain itu ada lebih dari 100 jurusan di UGM untuk program S1, S2, S3, dan spesialis.

Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa bagian dan atau program studi. Kegiatan UGM dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta, biasa disingkat UNY, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Yogyakarta, Indonesia. Sebelumnya Universitas Negeri Yogyakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta).

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sering disingkat UIN Suka, adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Indonesia. Nama UIN Sunan Kalijaga diambil dari salah satu kelompok penyebar agama Islam di Jawa, Walisongo yaitu Sunan Kalijaga. Kampus UIN Sunan Kalijaga berlokasi di dekat perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Marsda Adisucipto no. 1.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang disingkat ISI Yogyakarta adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia. ISI Yogyakarta dibentuk pada tahun 1984. Kampus ISI telah banyak meluluskan seniman-seniman dan profesional yang tersebar dalam berbagai fungsi, profesi dan keahlian, baik di dalam maupun di luar negeri.

Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta (dahulu Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta) merupakan sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau biasa disingkat UPN “Veteran”, merupakan salah satu univeritas negeri yang ada di Yogyakarta dan berlokasi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat didirikan, UPN “Veteran” Yogyakarta hanya memiliki 3 jurusan. Sekarang UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki 5 fakultas yang terdiri dari 1 jurusan D3, 16 jurusan S1, serta 6 jurusan S2.

Demikianlah daftar universitas negeri di Yogyakarta lengkap beserta profilnya update terbaru. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menjadi rujukan referensi bagi yang akan melanjutkan pendidikan kuliah di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tinggalkan komentar