Daftar 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Daftar 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Kali ini akan dibahas tentang daftar 10 universitas negeri terbaik di Indonesia versi kemenristekdikti update terbaru tahun 2018. Seperti yag kita ketahui,di Indonesia ini terdapat begitu banyak pilihan peruruan tinggi untuk menempuh pendidikan kuliah baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Perguruan tinggi negeri di Indonesia dapat berbentuk akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas. Perguruan tinggi sendiri dapat menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dengan program pendidikan diploma (D1, D2, D3, D4), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan spesialis.

Kebanyakan perguruan tinggi/universitas negeri yang ada di Indonesia sudah memiliki kualitas yang bagus termasuk dari segi fasilitas dan prestasinya yang membanggakan. Namun meski begitu, ada beberapa universitas unggulan dan favorit yang dianggap sebagai universitas negeri terbaik di Indonesia.

Akan tetapi nama besar saja tidak lah cukup untuk menentukan mana kampus negeri terbaik di Indonesia. Maka dari itu, untuk mengetahui mana perguruan tinggi negeri dengan kualitas terbaik, kita bisa melihat data berupa peringkat keseluruhan kampus negeri yang dikeluarkan oleh kemenristekdikti.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sendiri telah mengumumkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia dalam rangka untuk memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia. Mutu pendidikan itu dinilai dari empat komponen, yakni kualitas kelembagaan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang bisa digunakan sebagai informasi valid untuk menentukan mana universitas negeri terbaik di Indonesia. Klasterisasi ini juga berguna bagi perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya.

Selain melihat urutan dan peringkat dari kemenristekdikti, ada baiknya tetap mempertimbangkan beberapa aspek seperti bagaimana gedungnya, fasilitasnya lengkap atau tidak, biaya mahal atau murah, angka akreditasinya hingga apa saja fakultas dan jurusannya. Anda tinggal menentukan yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Hal ini penting agar anda tidak salah dalam menentukan sebuah kampus untuk kuliah.

10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2018

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya, simak berikut ini daftar peringkat universitas negeri terbaik di Indonesia tahun 2018 versi kemenristekdikti beserta alamat dan profil singkat masing masing universitas.

1.Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang pertama menurut kemenristekdikti adalah UGM. Universitas Gadjah Mada (UGM), merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.[1] Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta tersebut merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

2.Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Ini sekaligus menjadikannya sebagai institut negeri terbaik di Indonesia saat ini. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik. ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN).

Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia[note 4] sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda.[note 5] Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB. Rektor ITB saat ini adalah Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Alamatnya ada di Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

3.Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau disebut juga Buitenzorg Agricultural University adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September 1963. Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

Saat ini Rektor IPB untuk periode 2017-2022 adalah Dr. Arif Satria, SP, M.Si. Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 7 November 2017, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan peringkat A (sangat baik).

4.Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia yang memang dari dahulu dikenal sebagai salah satu universitas neggeri terbaik di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Cikal-bakal terbentuknya Universitas Indonesia adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Secara resmi Universitas Indonesia memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio.

Kantor Presiden Universitas Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

5.Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (disingkat ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957.

Dies Natalis ITS pertama adalah 10 November 1960, sementara nama ITS mulai digunakan dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret 1961). Dalam visi awal, ITS ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul di bidang sains dan teknologi, untuk mengangkat Republik Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan tinggi.

Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektare, dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 dan D-4 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2. Alamatnya di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Keputih, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111.

6.Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia selanjutnya ada Undip. Universitas Diponegoro (Undip), adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip. Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlaku sejak 2013-2018.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Alamatnya ada di Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

7.Universitas Airlangga

Universitas Airlangga

Urutan universitas negeri terbaik di Indonesia selanjutnya ada Universitas Airlangga. Universitas Airlangga (disingkat UNAIR) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berdasarkan data 30 September 2015, terdapat 38.047 mahasiswa yang terdaftar di Unair.

Universitas Airlangga memiliki 14 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang menempati tiga kampus yang tersebar di Surabaya. Alamatnya ada di Jl. Airlangga No. 4 – 6, Airlangga, Gubeng, Airlangga, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60115.

8.Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (biasa disingkat UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang. Jumlah mahasiswa saat ini lebih dari 66 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister, dan program Doktor selain program Spesialis tersebar dalam 15 Fakultas dan 2 Program pendidikan setara fakultas.

Pada tanggal 10 Januari 2009, Universitas Brawijaya mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Pada akreditasi selanjutnya tanggal 11 September 2014, Universitas Brawijaya kembali mendapatkan Akreditasi A.  29 November 2007, UB mendapat persetujuan Dirjen Dikti untuk menjadi perguruan tinggi otonom.

Universitas Brawijaya memiliki kampus pusat yaitu di Malang (Ketawanggede, Puncak Dieng, Griyasahanta), dan cabang di Kediri, Kasembon, Jakarta, dan Probolinggo untuk pendidikan maupun penelitian. Pada tahun 2013, terdapat 143 program studi yang terdiri dari Diploma 3 (D3): 4; Diploma 4 (D4): 4; Sarjana (S1): 64; Magister (S2): 39; Doktor (S3): 14; Spesialis 1 (Sp1): 15; Profesi: 3.

Saat ini ada tiga fakultas yang terakreditasi Internasional yaitu Ekonomi dan Bisnis, Teknologi Pertanian, dan Ilmu Administrasi. Sedangkan untuk semua fakultas, lembaga, dan unit telah mendapatkan sertifikat manajemen ISO. Universitas Brawijaya memiliki visi menjadi World Class Entrepreneurial University terus mengembangkan dan memperbaiki internal maupun eksternal kampus untuk mewujudkan visi tersebut. Alamatnya ada di Jalan Veteran, Ketawanggede, Lowokwaru, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145.

9.Universitas Hasanuddin

universitas hasanuddin

Kampus negeri terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin, yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.

Namun, awal tahun 1980-an, ketika Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota. Kini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas. Sejak akhir tahun 2006, Fakultas di Universitas hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan. Alamatnya ada di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, Kota Makassar.

10.Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (bahasa Inggris: Yogyakarta State University) disingkat UNY, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Sebelumnya Universitas Negeri Yogyakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta). Alamatnya ada di Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Universitas Terbaik Urutan 11 Sampai 14

10. Universitas Negeri Yogyakarta

11. Universitas Sebelas Maret

12. Universitas Andalas

13. Universitas Pendidikan Indonesia

14. Universitas Padjadjaran

Demikianlah informasi daftar 10 universitas terbaik di Indonesia versi kemenristekdikti update terbaru tahun 2017/2018. Semoga list peringkat kampus negeri diatas bermanfaat dan bisa sebagai referensi sebelum menentukan mana perguruan tinggi negeri/PTN terbaik di Indonesia sebagai tempat menuntut pendidikan kuliah.

Tinggalkan komentar