Info dan Review Game Nintendo Entertainment System (NES)

Info dan Review Game Nintendo Entertainment System (NES)

Nintendo Entertainment System atau NES, adalah sebuah konsol permainan video 8-bit yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Eropa dan Australia pada tahun 1984.di Amerika Utara, Brasil, Eropa, Asia dan Australia pada tahun 1984. Konsol game ini menjadi salah satu konsol video game terpopuler yang dirilis oleh Nintendo selaku perusahaan game yang terkenal. Sebelumnya, versi Jepangnya dikenal dengan nama Nintendo Family Computer atau Famicom telah dirilis pada tahun 1983 dan didistribusikan di beberapa negara seperti Cina, Vietnam, Singapura, Timur Tengah dan Hong Kong.

Di beberapa negara lain juga terjadi perubahan nama konsol game ini. Di Korea Selatan, itu dikenal sebagai Comboy Hyundai dan didistribusikan oleh Hyundai Electronics. Sedangkan di Rusia, diproduksi secara tanpa lisensi dengan nama Dendy. Demikian pula di India, NES diproduksi tanpa lisensi dan sangat populer dengan nama Little Guru dan Wiz Kid. Kasus yang sama terjadi juga di Polandia yang disebut dengan Pegasus.

Nintendo Entertainment System menjadi konsol permainan paling populer saat itu di Asia dan Amerika Utara. Adanya konsol game NES ini menajdi salah satu momen kebangkitan dunia game di Amerika Serikat setelah sempat terjadi kemunduran di tahun 1983. Hal ini juga membantu menghidupkan kembali industri permainan video setelah kerobohan permainan video tahun 1983, dan menetapkan seluruh standar dan juga pola bisnis permainan video bagi konsol-konsol berikutnya.

Game Nintendo Entertainment System (NES)
Game Nintendo Entertainment System (NES)

Review Nintendo Entertainment System

Nama lain : Family Computer/Famicom (Jepang), Hyundai Comboy (Korea)
Pengembang : Nintendo
Tipe : Konsol video game
Generasi : Ketiga
Tanggal rilis : 15 Juli 1983 (Jepang), 18 Oktober 1985 (Amerika Utara & Korea), 1 September 1986 (Eropa)
Tahun produksi : 1983–2003
Total unit terjual : 61,9 juta unit (seluruh dunia
Media : ROM cartridge (“Game Pak”)
CPU : Ricoh 2A03 8-bit processor (MOS Technology 6502 core)
Game terlaris : Super Mario Bros, 40.23 million
Konsol game penerus : Super Nintendo Entertainment System (Super NES)

NES merupakan konsol permainan pertama yang mengikut sertakan pengembang pihak-ketiga dalam dunia bisnis permainan video. Sebelumnya konsol game tidak melibatkan pihak ketiga dalam judul game atau aspek lainnya. NES juga menjadi salah satu konsol game generasi ketiga. Produksi Nintendo Entertainment System diproduksi mulai tahun 1983 sampai tahun 1995 di Amerika Utara dan sampai tahun 2003 di Jepang.

Terdapat banyak game terkenal yang dirilis di Nintendo Entertainment System mulai dari Donkey Kong, Super Mario Bros, The Legend of Zelda, Pokemon dan Super Smarsh Bros. Game Nintendo Entertainment System tersukses adalah Super Mario Bros dengan total penjualan 40 juta unit. Konsol ini kemudian diteruskan oleh sekuelnya, yaitu Super Nintendo Entertainment System (Super NES).

Pada tahun 2009, Nintendo Entertainment System dinobatkan sebagai konsol permainan video terbaik dalam sejarah oleh media IGN. Pada tahun 2010, untuk merayakan ulang tahun ke 25, Nintendo Amerika bekerjasama dengan majalah Nintendo Power menerbitkan edisi khusus mengenai ulasan NES pada edisi # 260 (November 2010) sebagai bagian dari penghargaan.

Tinggalkan komentar