Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Kali ini akan diulas daftar 10 universitas swasta terbaik di Indonesia versi kemenristekdikti update terbaru tahun 2018. Di Indonesia ini terdapat begitu banyak pilihan peruruan tinggi untuk menempuh pendidikan kuliah baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Perguruan tinggi swasta (PTS) terdiri dari beberapa bentuk yaitu akademi, politeknik, universitas, sekolah tinggi, dan institut.

Bagi yang gagal masuk dan mendaftar di perguruan tinggi / universitas negeri, maka solusinya adalah mendaftar di universitas swasta. Meski secara umum universitas negeri dikenal lebih baik dari segi kualitas dan mutu pendidikannya, namun universitas swasta di Indonesia juga tak kalah bagusnya. Banyak diantaranya yang berkualitas kelas dunia dengan fasilitas lengkap dan segudang prestasi yang membanggakan.

Dalam menentukan mana kampus swasta terbaik di Indonesia, maka kita bisa menggunakan data peringkat yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kemenristekdikti telah mengumumkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia dalam rangka untuk memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia.

Mutu pendidikan itu dinilai dari empat komponen, yakni kualitas kelembagaan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid untuk menentukan mana universitas swasta terbaik di Indonesia.

Klasterisasi ini juga berguna bagi perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya.

Meski begitu selain menggunakan urutan peringkat yang dikeluarkan oleh kemenristekdikti, ada baiknya tetap mempertimbangkan berbagai hal lain sebelum menentukan tempat pendidikan kuliah misalnya akreditasi setiap fakultas dan jurusannya, biaya dan harga kuliahnya apakah mahal atau murah hingga ketersediaan gedung dan fasilitasnya. Ini penting agar anda tidak salah dalam menentukan sebuah kampus untuk kuliah.

Peringkat Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya, simak berikut ini daftar peringkat universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2018 versi kemenristekdikti beserta alamat dan profil singkat masing masing universitas.

1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra (sering disingkat UK Petra atau UKP) adalah sebuah perguruan tinggi swasta nasional di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1961 atas prakarsa dari beberapa pendiri PPPK Petra, sebuah yayasan pendidikan Kristen di Surabaya yang telah didirikan pada tahun 1951. Nama “Petra” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Batu Karang”.

Saat ini UK Petra memiliki mahasiswa sekitar 10.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain program pendidikan akademik, UK Petra juga menyelenggarakan beberapa program profesional yang memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis bagi para profesional maupun siswa SMA/SMK.

Fasilitas yang disediakan terdiri dari poliklinik, job hunting, perpustakaan, layanan jurnal online, e-learning, laboratorum komputer, independent learning center, english learning center, dll. Alamatnya ada di Jalan Siwalankerto No. 121-131 Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur.

2. Universitas Surabaya

Universitas surabaya

Universitas swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah UBAYA. Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah universitas di Surabaya, Jawa Timur. UBAYA merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968.

Hari jadi UBAYA ditetapkan pada 11 Maret 1968. Universitas ini memiliki tiga kampus, kampus 1 berada di Ngagel, kampus 2 berada di Rungkut, dan kampus 3 berada di Trawas. Kampus 1 lebih difokuskan untuk rektorat dan politeknik, kampus 2 untuk pendidikan S1 dan pascasarjana, serta kampus 3 untuk kegiatan pembelajaran outdoor.

UBAYA memperoleh Akreditasi Institusi peringkat A dari BAN-PT pada tahun 2015 dan 2 bintang dalam QS World University Rankings. Universitas ini juga tercatat dalam 50 Promising Indonesian Universities. Selain itu, Ubaya ranking ke-70 dalam UI Green Matric World University.

3. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma adalah universitas Katolik yang berlokasi di Yogyakarta. Dikenal juga dengan sebutan USD dan Sadhar. Sanata Dharma dibaca Sanyata Dharma, yang berarti “kebaktian yang sebenarnya” atau “pelayanan yang nyata”. Kebaktian dan pelayanan itu ditujukan kepada tanah air dan gereja (Pro Patria et Eclessia).

Universitas Sanata Dharma sekarang memiliki 8 Fakultas dengan 25 Program Studi, 3 Program Pasca Sarjana, 1 Program Profesi, dan 3 Program Kursus Bersertifikat. Kampus swasta ini berlokasi di Jalan Mrican Baru, Catur Tunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Universitas ini memilih beberapa fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi, fakultas farmasi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas psikologi, fakultas sains dan teknologi, fakultas sastra, fakultas teologi, dll.

4. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan 

Kampus swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Katolik Parahyangan. Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia yang terletak di kota Bandung. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka dan Jalan Nias. Sebelum memiliki gedung sendiri di Jalan Merdeka, juga pernah menggunakan gedung “Panti Budaya” , (sekarang menjadi Gedung Bank Indonesia yang baru) untuk kegiatan kuliahnya.

Unpar memiliki semboyan Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti yang berarti “Berdasarkan Ke Tuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat”. Alamatnya ada di Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung 40141. Univeristas Katolik Parahyangan menyediakan fakultas ekonomi, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas teknologi informasi dan sains, fakultas teknik, fakultas filsafat, dan fakultas teknik industri.

5. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah sebuah universitas swasta tertua dan salah satu yang terbaik di Indonesia, terletak di Salatiga, Jawa Tengah. Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia pada 30 November 1956 dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH.

Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana, kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana. Perguruan tinggi swasta ini beralamat di Jl. Diponegoro No. 52-60 Sidorejo, Salatiga Jawa Tengah.

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang

Perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi “A” dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih

UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi

Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.

Pada Universitas Muhammadiyah Malang menyediakan 10 fakultas, 1 program pascasarjana, dan doktoral. Universitas Muhammadiayal Malang menjalin kerjasama internasional dengan Erasmus Mundus, American Corner, The Oslo Coalition, AMINIEF, Saudi Corner, The Asia Foundation, ACICIS, BYU LAW, dan bipa UMM.

7. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M. Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kampus Terpadu terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Kabupaten Sleman, dekat daerah wisata Kaliurang dan berjarak 20 KM dari puncak Gunung Merapi.

Kampus Fakultas Ekonomi terletak di Jalan Ringroad Utara, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Kampus Fakultas Hukum di Jalan Tamansiswa, Kota Yogyakarta dan Kampus lainnya di Jalan Cik Dik Tiro, Kota Yogyakarta dan Demangan Baru, Kabupaten Sleman. Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun Webometrics pada Januari 2012 menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional.

Selain itu, pada tahun 2009 UII terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Pada tahun 2013, berdasarkan SK BAN-PT No. 065/SK/BAN-PT/AK-IV/PT/II/2013 UII berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai ‘A’, tertinggi di antara PTS seluruh Indonesia.

Ada 3 program pendidikan yang terdiri dari program sarjana, program profesi, dan program pascasarjana. Untuk fakultasnya sendiri terdiri dari fakultas agama islam, fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas sastra, fakultas perikanan dan ilmu kelautan, fakultas pertanian, dll.

8. Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang, disingkat Unmer Malang, adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Malang di bawah pengelolaan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang (YPTM) yang saat ini diketuai Kolonel Purn. H. Toegino Sokarno, SE, yang berdiri pada tahun 1964.

Rektor saat ini adalah Prof. Dr. H. Anwar Sanusi, SE., M.Si. Kampus ini terletak di Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64 Kota Malang. Unmer Malang memiliki slogan The Quality University yang bertujuan mencetak SDM yang handal dan mumpuni dalam berbagai bidang.

9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta 

Urutan Universitas swasta terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Lima orang pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah Prof. R.A. Soehardi,S.H., Drs. A.J. Liem Sioe Siet, A., Sutijoso, S.H., Prof. Drs. Oey Liang Lee dan Dr. Leo Sukoto, S.J.

Awalnya sebagai cabang Universitas Atma Jaya Jakarta, kemudian memisahkan dan menjadi independen di bawah Yayasan Slamet Rijadi pada tanggal 31 Agustus 1973. Dimulai dengan meminjam ruang kelas di IKIP Sanata Dharma, kini Universitas Sanata Dharma, pembangunan gedung kampus sendiri selesai pada tahun 1980 yang berlokasi di Jalan Demangan Baru 28, berseberangan dengan Universitas Sanata Dharma.

Dengan semakin berkembangnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1990 bertepatan dengan pesta peraknya, rektorat dan Fakultas Teknik menempati gedung baru di Jalan Babarsari. Pada tahun 1995, Fakultas Ekonomi dan Program Magister juga menempati gedung baru, di seberang gedung rektorat, juga di Jalan Babarsari Yogyakarta.

10. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara juga dikenal dengan Binus University adalah salah satu universitas swasta Indonesia yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara memiliki 3 jenis program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara daring.

Alamatnya ada di Alamat: Jl. Green Boulevard No. 1, Kota Araya-Malang (Depan Plaza Araya), Purwodadi, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126.

Demikianlah informasi tentang daftar 10 universitas swasta terbaik di Indonesia versi kemenristekdikti update terbaru tahun 2018. Semoga bermanfaat dan bisa berguna dalam menentukan mana kampus/perguruan tinggi swasta yang terbaik untuk menempuh pendidikan kuliah.

Tinggalkan komentar