15+ Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya dan Masyarakat Indonesia

15+ Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya dan Masyarakat Indonesia

Apa saja manfaat koperasI? Pengertian koperasi adalah badan usaha yang memiliki landasan dan asas tertentu sebagai gerakan ekonomi rakyat. Tujuan koperasi adalah untuk menyejahterakan rakyat. Selain itu terdapat beberapa manfaat koperasi yang ada, baik manfaat koperasi bagi masyarakat maupun manfaat koperasi bagi anggotanya. Kami akan jelaskan manfaat koperasi dalam artikel ini.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, pengertian koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi pun penting keberadaanya bagi anggotanya, bagi masyarakat serta bagi ekonomi nasional.

Landasan koperasi adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945). Sedangkan asas koperasi adalah asas asas kekeluargaan. Adapun tujuan koperasi yang paling utama adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur.

Prinsip koperasi adalah bersifat terbuka, demokratis dan mandiri. Fungsi koperasi pun cukup beragam mencakup aspek ekonomi, sosial dan manajemen anggotanya. Jenis usaha koperasi pun bervariasi seperti koperasi sekolah, koperasi simpan pinjam atau koperasi produksi. Koperasi juga memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi anggota dan masyarakat.

manfaat koperasi

Manfaat Koperasi

Selain memiliki tujuan dan fungsi, koperasi juga memiliki banyak manfaat. Manfaat koperasi ini cukup beragam, baik manfaat koperasi bagi anggotanya atau pun manfaat koperasi bagi masyarakat. Berikut ini akan kami jelaskan manfaat koperasi beserta penjelasan lengkapnya.

Menyediakan kebutuhan anggotanya

Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Selain itu manfaat koperasi lainnya adalah menyediakan kebutuhan anggotanya. Tiap anggota koperasi pun memiliki keuntungan karena tersedianya kebutuhan barang yang ada di koperasi.

Meningkatkan penghasilan anggotanya

Tujuan koperasi memang untuk kepentingan masyarakat dan bukan keuntungan pribadi. Meski begitu bukan berarti anggotanya tidak keuntungan berupa pendapatan. Anggota koperasi juga mendapatkan penghasilan dari laba koperasi. Dari laba bersih yang diperoleh koperasi kemudian didistribusikan kembali pada tiap-tiap anggota sesuai dengan jasa masing-masing.

Memperkokoh perkenomian rakyat

Manfaat koperasi bagi masyarakat dapat dilihat dari segi ekonomi. Adanya sebuah koperasi juga berfungsi sebagai dasar untuk memperkokoh perekonomian rakyat. Koperasi menonjolkan sikap kekeluargaan dan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menawarkan barang dengan harga lebih murah

Salah satu manfaat koperasi di bidang ekonomi adalah tersedianya barang di koperasi dengan harga terjangkau. Bahkan harga yang disediakan di koperasi jauh lebih murah dibanding harga yang dipasang di toko-toko lainnya. Barang dan jasa yang ada di koperasi pun bisa dibeli oleh anggota koperasi yang kurang mampu dengan tarif harga yang lebih murah.

Menciptakan kehidupan masyarakat damai dan tenteram

Peran koperasi yang utama adalah untuk memajukan kehidupan masyarakat. Koperasi juga berfungsi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai dan tenteram. Anggota koperasi akan merasakan asas kekeluargan yang begitu harmonis dan damai tanpa adanya perpecahan di dalam koperasi.

Menumbuhkan semangat usaha

Koperasi memiliki manfaat lain di bidang usaha. Dengan menjadi anggota koperasi tentu diharapkan akan menumbuhkan semangat usaha atau berwirausaha. Tiap anggota pun memilki bekal berupa skill dan pengalaman sebagai anggota koperasi untuk membuka usaha.

Mempermudah anggota memperoleh modal usaha

Banyak anggota koperasi yang mungkin kurang mampu dan mengalami kesulitan keuangan. Dengan bergabung bersama koperasi tentu akan mempermudah para anggota untuk memperoleh dana pinjaman sebagai modal usaha. Tidak seperti di tempat lain yang memiliki banyak syarat, peminjaman dana modal usaha di koperasi akan jauh lebih mudah dan cepat.

Memajukan usaha anggota koperasi

Anggota koperasi bisa mendapat manfaat untuk masing-masing usahanya. Dengan menjadi anggota koperasi akan bisa memajukan usaha individu. Para anggota bisa meminjam dana atau memenuhi kebutuhan usaha dari koperasi sehingga akan mendatangkan keuntungan dan bisa memajukan usaha.

Meningkatkan sikap jujur dan adil

Manfaat koperasi juga berguna bagi pembentukan moral. Koperasi meningkatan sikap jujur dan adil bagi para anggotanya. Koperasi mengajarkan kepada anggotanya untuk selalu bersikap jujur dalam melakukan usaha. Setiap anggota juga memiliki hak dalam mengurus koperasi dan juga berhak untuk mengetahui laporan keuangan di dalam koperasi.

Melatih sifat mandiri anggota

Selain jujur dan adil, sifat lain yang dilatih bagi para anggota koperasi adalah kemandirian. Anggota koperasi tentu akan jauh lebih mandiri jika bergabung bersama koperasi. Anggota bisa mencari uang sendiri dengan berusaha tanpa harus menggantungkan pendapatan dari orang lain.

Meningkatkan kerjasama kelompok

Koperasi juga berfungsi untuk meningkatkan kerjasama tim. Seperti yang diketahui bahwa koperasi adalah organisasi berkelompok yang terdiri dari banyak anggota. Dalam menjalankan kegiatan operasi koperasi tentu dibutuhkan kordinasi dari banyak anggota pada tiap tiap tugas dan wewenangnya. Hal ini tentu membutuhkan kerjasama kelompok dari para anggotanya.

Menanamkan sifat disiplin dan tanggung jawab

Sifat moral positif lain yang menjadi manfaat koperasi bagi anggotanya adalah sifat disiplin dan tanggungjawab. Tiap anggota tentu memiliki hak dan kewajiban masing-masing dalam organisasi sehingga tiap anggota memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Hal ini nantinya juga akan memupuk rasa disiplin bagi anggotanya serta rasa tanggung jawab pada tiap tugas yang diberikan.

Melatih anggota dalam berorganisasi

Koperasi sebagai organisasi di masyarakat yang sifatnya terbuka untuk siapa saja. Anggotanya pun terdiri dari berbagai kalangan dan beranekaragam latar belakang. Koperasi pun melatih para anggotanya dalam berorganisasi dan menjalin koneksi serta bekerjasama dengan anggota lain dalam koperasi.

Melatih penggunaan dana dengan efektif

Koperasi juga memberi pelajaran dan pelatihan bagi anggotanya di bidang ekonomi. Koperasi akan melatih anggotanya untuk dapat menggunakan pendapatan yang dimilikinya untuk menggunakannya secara efektif. Anggota koperasi dituntut untuk hemat dan menggunakan uang dengan efisien serta hanya menggunakannya saat diperlukan saja.

Menumbuhkan motif usaha yang manusiawi

Koperasi juga menumbuhkan motif usaha yang berperikemanusiaan. Kegiatan koperasi tidak hanya untuk keuntungan tapi dilayani dengan baik tujuan anggotanya. Koperasi tidak hanya mengejar keuntungan finansial, namun juga dari segi peri kemanusiaan.

Nah itulah pembahasan mengenai contoh manfaat koperasi, baik manfaat koperasi bagi masyarakat atau pun manfaat ekonomi bagi anggotanya lengkap terbaru. Selain itu juga dijelaskan penjelasan singkat mengenai pengertian koperasi, landasan koperasi, asas koperasi, tujuan koperasi, prinsip koperasi dan fungsi koperasi. Sekian info manfaat koperasi kali ini.

Tinggalkan komentar