Daftar 8 Negara Anggota SAARC (Asosiasi Kerja Sama Asia Selatan)

Daftar 8 Negara Anggota SAARC (Asosiasi Kerja Sama Asia Selatan)

Daftar 8 Negara Anggota SAARC – SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) atau dalam bahasa Indonesia berarti Asosiasi Kerja Sama Regional Asia Selatan adalah organisasi antar pemerintah regional dan persatuan geopolitik negara-negara di wilayah Asia Selatan. Jumlah negara anggota SAARC adalah 8 negara. SAARC dibentuk dan didirikan berdasarkan usul dari Ziaur Rahman, Presiden Bangladesh saat itu.

SAARC sendiri dibentuk di Dhaka pada 8 Desember 1985, sedangkan Sekretariatnya berbasis di Kathmandu, Nepal. Luas keseluruhan wilayah dari 8 negara anggota SAARC adalah 5.127.500 km2 dan seperlima dari penduduk dunia. SAARC juga terdiri dari 3% wilayah dunia, 21% populasi dunia dan 3,8% (US $ 2,9 triliun) ekonomi global pada tahun 2015.

negara anggota saarc

Organisasi SAARC ini mempromosikan pengembangan integrasi ekonomi dan regional. Meluncurkan Kawasan Perdagangan Bebas Asia Selatan pada tahun 2006. SAARC juga mempertahankan hubungan diplomatik tetap di Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai pengamat dan telah mengembangkan hubungan dengan entitas multilateral, termasuk Uni Eropa.

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 8 negara anggota SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) lengkap beserta nama ibukotanya. Disertakan pula nama nama sekjen (sekretaris jenderal) SAARC dari tahun ke tahun.

Negara-Negara Anggota SAARC Beserta Ibukotanya

No Nama Negara Ibukota
1  Afghanistan Kabul
2  Bangladesh Dhaka
3  Bhutan Thimpu
4  India New Delhi
5  Maladewa Male
6  Nepal Kathmandu
7  Pakistan Islamabad
8  Sri Lanka Kolombo, Sri Jayawardenapura Kotte

Nama Sekretaris Jenderal SAARC

No Nama Sekjen Negara
1 Abul Ahsan  Bangladesh
2 Kant Kishore Bhargava  India
3 Ibrahim Hussein Zaki  Maldives
4 Yadav Kant Silwal    Nepal
5 Naeem U. Hasan  Pakistan
6 Nihal Rodrigo  Sri Lanka
7 Q. A. M. A. Rahim  Bangladesh
8 Chenkyab Dorji  Bhutan
9 Sheel Kant Sharma  India
10 Fathimath Dhiyana Saeed  Maldives
11 Ahmed Saleem  Maldives
12 Arjun Bahadur Thapa    Nepal
13 Amjad Hussain B Sial  Pakistan

Demikianlah daftar 8 negara anggota SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) lengkap beserta nama ibukota dan nama sekjennya. Semoga informasi tentang negara-negara Asosiasi Kerja Sama Regional Asia Selatan diatas bermanfaat.

Tinggalkan komentar