12+ Macam-Macam Kamera Beserta Jenis dan Kelebihannya [Terbaru]

12+ Macam-Macam Kamera Beserta Jenis dan Kelebihannya [Terbaru]

Macam-macam kamera terbaru – Kamera adalah alat potret yang digunakan untuk mengambil gambar atau video. Kamera sangat penting untuk aktivitas fotografi, bisa untuk memotret potret diri atau foto pemandangan. Ada banyak jenis-jenis kamera berdasarkan fungsi, bentuk, harga, lensa hingga fitur dan spesifikasi tiap jenis kamera.

Kamera tentu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Maraknya teknologi dan sosial media membuat fungsi kamera menjadi penting, apalagi saat kita liburan atau travelling, maka wajib hukumnya membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen penting.

Faktanya ada banyak jenis kamera, misalnya seperti kamera digital, kamera saku, kamera DSLR dan lain-lain. Tiap jenis kamera memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda termasuk dari segi bentuk, ukuran dan desain.

(baca juga merk power bank terbaik)

Jenis-Jenis Kamera

Berikut merupakan macam-macam kamera yang ada berdasarkan bentuk, fungsi, fitur, spesifikasi dan jenis-jenisnya yang dijual di pasaran beserta penjelasannya.

Basic Digital Camera

Jenis-jenis kamera digital yang pertama adalah basic digital kamera atau kamera digital basic. Biasanya jenis kamera ini berukuran kecil dan mudah dibawah kemana-mana. Fitur kamera digital basic memang cukup standar dan terbatas, biasanya memiliki resolusi rendah dan jumlah piksel terbatas.

Compact Digital Camera

Compact digital kamera biasa dikenal dengan sebutan kamera saku. Sesuai namanya, jenis kamera ini memang mudah dibawa kemanapun bahkan disimpan di dalam saku. Kelebihan kamera saku ini adalah jenis lensa zoom yang terpasang dengan variasi yang bermaca-macam. Selain itu juga banyak variasi jumlah piksel dan resolusi, meski tentu fitur-fiturnya masih cukup terbatas.

Rugged Camera

Rugged camera bisa disebut sebagai kamera saku digital. Jenis kamera ini dikenal awet dan tahan terhadap guncangan atau tekanan, bahkan tahan air dan tahan panas sekalipun. Meski begitu fitur rugged camera secara teknis masih kurang, bahkan kalah dibanding kamera saku biasa. Sementara keunggulan rugged camera adalah adanya stabilisator gambar, lampu flash hingga adanya fitur video yang merekam suara.

Prosumer Camera

macam-macam kamera prosumer camera

Kamera prosumer menjadi salah satu macam kamera yang dijual di pasaran. Nama prosumer didapat dari kata professional dan consumer. Kamera ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti pengaturan exposure dan iso serta ukuran lingkaran lensa yang lebih kecil.

Bridge Camera

Bridge camera juga dikenal dengan istilah super zoom camera dan advanced compact camera. Jenis kamera ini merupakan upgrade basic compact camera biasa. Banyak fitur pada bridge camera seperti fokus manual serta sensor kecil untuk super zoom lebih jelas ditambah juga fitur stabilisator gambar untuk exposure lebih lama.

DSLR Camera

jenis-jenis kamera dslr camera

Jenis kamera ini tentu sudah tidak asing, yakni kamera DSLR. Istilah DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflex Camera. Kamera DSLR banyak dijual di pasaran dengan ukuran lebih lebar. Fitur-fitur pada kamera DSLR antara lain adalah bvariasi mode pengambilan gambar, cermin reflex, kontrol lebih baik, pengaturan exposure, sensor gambar lebih lebar, variasi fitur zoom hingga kualitas gambar yang sangat bagus dan jernih.

DSLT Camera

DSLT camera mirip dengan DSLR camera, namun memiliki perbedaan pada jenis cermin yang digunakan. Pada kamera DSLT, cermin translucent yang digunakan atau semi transparan. Istilah DSLT sendiri merupakan singkatan dari Digital Single Lens Translucent.

Action Camera

Macam-macam kamera berikutnya adalah action kamera. Jenis kamera ini sedang menjadi tren terutama di kalangan traveller. Berbagai merk kamera populer seperti GoPro merupakan contoh action kamera. Bentuknya kecil dan mudah dipasang di helm, lengan atau sepeda sehingga bisa merekam aksi kita saat liburan atau aktivitas lain. Belum lagi adanya aksesoris hingga fitur tahan air yang kebanyakan ada di jenis kamera aksi ini.

360-degree Digital Camera

Sesuai namanya, jenis 360-degree digital kamera dapat mengambil foto dengan 360 derajat. Fiturnya menggunakan 2 lensa back-to-back dan menggambil gambar di saat bersamaan. Jenis kamera banyak digunakan untuk live streaming atau dalam aktivitas di luar ruangan.

Compact System Camera

Compact system camera dikenal juga dengan istilah mirrorless interchangeable lens camera. Kamera jenis ini menggunakan mode manual penuh, otomatis atau semi-otomatis dan sangat mirip dengan kamera DSLR. Fitur-fitur pada compact system camera di antaranya ukuran kecil, lensa kamera dapat diganti hingga layar LCD untuk preview foto.

Boutique Camera

jenis-jenis kamera boutique camera

Boutique camera atau kamera butik dikenal sebagai kamera yang stylish namun memiliki harga cukup mahal. Ciri-cirinya adalah kebanyakan sensor fullframe dengan kualitas gambar yang sangat bagus dan terjamin. Meski begitu harga kamera butik dikenal sangat mahal sekali, bisa mencapai puluhan juta.

Digital Rangefinder Camera

Macam-macam kamera digital berikutnya adalah digital rangefinder camera. Jenis kamera ini menyerupai kamera pengintai dari jarak jauh. Fungsinya untuk mengukur jarak subyek dengan menyesuaikan fokus lensa obyektif kamera berdasarkan open-loop controller.

Nah demikian pembahasan jenis-jenis kamera terbaru berdasarkan harga, fungsi, bentuk, desain, lensa dan fitur-fiturnya dari mulai kamera saku hingga kamera DSLR. Menurutmu, kamera manakah yang layak untuk dibeli? Tentu harus menyesuaikan subyek dan kebutuhan terkait masing-masing.

Tinggalkan komentar