Daftar 16 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Daftar 16 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Daftar 16 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain – Jika kita berbicara mengenai penjajahan, tentunya kita mengingat sejarah kelam bangsa Indonesia yang pernah dijajah selama ratusan tahun. Namun meski begitu, perjuangan dari para pahlawan dan rakyat Indonesia yang tak kenal lelah, akhirnya berbuah manis dengan sebuah kemerdekaan. Indonesia pun resmi menjadi negara merdeka yang berdaulat hingga sekarang ini.

Daftar 16 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Kolonialisme atau Penjajahan sendiri adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal, istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan. Kolonialisme juga bisa diartikan sebagai “kebijakan dan praktik kekuatan dalam memperluas kontrol atas masyarakat lemah atau daerah.

Pada beberapa abad yang lalu, penjajahan adalah hal yang umum terjadi, bangsa atau negara yang memiliki banyak jajahan misalnya adalah Inggris, bahkan negara adidaya seperti Amerika pun pernah terjajah. Jadi bisa dikatakan hampir sebagian besar negara di dunia ini pernah merasakan pedih dan pahitnya penjajahan.

Penjajahan ini terjadi di berbagai benua baik itu benua Eropa, benua Asia khususnya Asia Tenggara (ASEAN), benua Afrika, benua Amerika dan lain sebagainya. Hanya sedikit saja yang bergelar negara yang tidak pernah terjajah oleh bangsa lain sama sekali.

Negara yang Tidak Pernah Dijajah

Lalu apa saja negara negara di dunia yang tidak pernah dijajah sama sekali? Simak berikut ini daftar 16 negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain beserta alasan singkatnya.

1 . Arab Saudi

Negara yang terkenal sebagai tempat kelahirannya Nabi Muhammad ini ber-ibu kota di Riyadh. Arab Saudi merupakan pusat awal perkembangan Islam di dunia. Negara Arab Saudi menerapkan sistem Kerajaan dalam pemerintahannya. Saudi Arabia merupakan negara yang sangat kaya dengan sumber minyaknya. Sepanjang sejarahnya Negara yang paling banyak dikunjungi umat islam untuk menunaikan ibadah haji ini tidak pernah sekalipun dijajah oleh negara manapun di dunia.

2. Thailand

Thailand merupakan negara satu-satunya di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuatan barat. Hal itu dikarenakan pemerintah Thailand sudah membuka diri terhadap negara-negara asing. Di sisi lain, negara ini memiliki tanah yang tidak subur, sehingga negara penjajah tidak tertarik dengan negara ini.

3. Denmark

Denmark merupakan negara yang tidak pernah dijajah selanjutnya. Ibukotanya adalah Kopenhagen. System pemerintahan yang dimanfaatkan Negara Denmark ialah Monarki Konstitusional dan Parlementer. Denmark adalah negara pendiri dari OECD dan Nato dan saat ini negara ini jadi anggota dari OSCE. Siapa yang menyangka Negara yang amat kecil dan terpencil seperti Denmark ini nyatanya belum sekalipun terjajah oleh bangsa lain.

4. Yunani

Negara ini terkenal dengan dewa-dewa dan tokoh dunianya. Negara dengan ibu kota di Athena itu juga termasuk ke dalam negara yang tidak rernah dijajah oleh negara lain. Walau demikian dalam sejarahnya, Negara Dewa-Dewi ini juga pernah masuk ke dalam kawasan Turki Usmani.

5. Liberia

Negara yang tidak pernah dijajah selanjutnya adalah Liberia. Republik Liberia adalah sebuah negara di pesisir barat Afrika yang berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Baru-baru ini Liberia dilanda dua perang saudara (1989–1996 dan 1999–2003) yang mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi sekaligus menghancurkan ekonomi Liberia.

6. Jepang

Hanya Jepang satu-satunya negara di kawasan Asia yang mampu lolos dari penjajahan negara-negara Barat. Malahan negeri matahari terbit itu berani menyerang kekuatan barat pada era Perang Dunia II. Karena hal itulah Jepang tidak pernah dijajah oleh negara lain.

7. Bhutan

Bhutan adalah sebuah negara kecil di Asia Selatan yang termasuk dalam negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Negaranya berbentuk Kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan Republik Rakyat Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya “Negara Naga”. Gambar naga pun didapati di benderanya dan lambang negaranya.

8. Iran

Iran adalah sebuah negara Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Meski negara ini telah dikenal penduduk lokal sebagai Iran sejak zaman kuno, hingga tahun 1935 Iran masih disebut Persia di dunia Barat. Pada tahun 1959, Mohammad Reza Shah Pahlavi mengumumkan bahwa kedua istilah tersebut boleh digunakan. Nama Iran adalah sebuah kognat perkataan “Arya” yang berarti “Tanah Bangsa Arya”.

9. China

China juga tidak pernah dijajah oleh negara lain, kecuali Hong Kong dan Makau. Pada abad ke-19, China masuk dalam perjanjian perdagangan dengan negara-negara barat, seperti Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan bahkan Amerika. Mungkin karena aturan-aturan tertentu, China menjadi negara yang tidak pernah dijajah.

10. Nepal

Nepal termasuk salah satu negara Asia yang belum pernah dijajah. Negara yang didirikan pada tanggal 21 Desember 1768 ini berbatasan langsung dengan Cina di utara dan India di timur. Nepal adalah negara yang menerapkan sistem kerajaan di pemerintahannya.

Raja pertamanya adalah Prithvi Narayan Shah. Dalam sebuah laman resmi dikatakan bahwa Nepal yang berada di bawah lindungan Britain tidak pernah dijajah oleh bangsa lain di dunia. Namun dalam beberapa buku sejarah yang tersebar di dunia menyebutkan berbagai macam opini mengenai kepenjajahan di Negeri ini.

11. Etiopia

Etiopia mempunyai salah satu sejarah terlengkap sebagai negara merdeka di benua tersebut. Merupakan negara tertua di dunia, kawasan Etiopia juga merupakan salah satu tempat peradaban yang terawal di dunia. Pemerintahan Ethiopia pertama dibentuk sekitar tahun 980 SM. Negara ini cukup unik jika dibandingkan dengan negara-negara Afrika lainnya karena merupakan negara yang tidak pernah dijajah selama masa Perebutan Afrika dan terus merdeka hingga tahun 1936 saat pasukan Italia menguasai negara tersebut.

Pasukan-pasukan Britania Raya dan Etiopia mengalahkan tentara Italia pada 1941 dan Etiopia memperoleh kembali kedaulatannya setelah menanda tangani Perjanjian Britania-Etiopia pada Desember 1944. Etiopia dulu pernah bernama Abisinia. Kini Etiopia merupakan negara berbentuk republik dan mengambil bagian secara aktif dalam aktivitas-aktivitas kerja sama internasional. Ibukotanya Addis Ababa merupakan pusat administrasi Kesatuan Afrika (AU).

12. Tonga

Tonga menjadi sebuah negara Persemakmuran dari Inggris pada 18 Mei 1900 berdasarkan Traktat Persahabatan. Status ini berakhir pada 4 Juni 1970, ketika Tonga memproklamasikan kemerdekaannya. Komisi Tinggi majapahit di Tonga telah berdiri sejak 1901, dan ditutup pada 2006.

Tonga tidak pernah kehilangan kedaulatannya untuk kekuatan asing. Pada tahun 2010, Tonga mengambil langkah untuk menentukan seseorang menjadi seorang monarki konstitusional berfungsi penuh, setelah reformasi legislatif membuka jalan bagi pemilihan perwakilan sebagian pertama.

13. Islandia

Islandia dulunya adalah negeri yang tidak berpenduduk. Namun pada awal abad ke-9 M datanglah sekumpulan pendeta asal Irlandia yang menempati wilayah tersebut. Disusul kemudian oleh bangsa viking yang turut menempati kawasan Islandia. Baru pada tahun 930-an M, negara ini membuat sebuah konstitusi mereka yang disebut althing, yaitu sebuah parlemen yang berpusat di kota Þingvellir.

14. Norwegia

Norwegia juga termasuk salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain. Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

16. Swedia

Negara Swedia yakni Negara yang memanfaatkan system Kerajaan dalam pemerintahannya. Suatu Negara Nordik di Skandinavia ini ber-ibu kota di Stockholm. Swedia berbatasan dengan Finlandia di timur laut dan Norwegia di barat eropa. Negara Swedia diartikan sebagai tendensi liberal dengan keinginan penyetaraan yang kuat, dan dalam PBB Swedia menempati urutan paling tinggi dalam Indeks Pengembangan Manusia nya. Swedia juga tak sempat terjajah oleh negara lain sepanjang sejarahnya.

Demikianlah informasi mengenai daftar 16 negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lainnnya sama sekali. Semua bangsa diatas adalah negara negara yang belum pernah terjajah sama sekali dengan faktor yang tentu bermacam macam.

Tinggalkan komentar